ISC 2022 Hari-2: Forum Kepala Bappeda & Forum III

 
Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menggelar forum yang dihadiri oleh para kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan jajaran dari Kota Anggota Apeksi pada Kamis (13/10/2022). Menggiring topik “Mengawal Keberlanjutan Perencanaan Pembangunan Daerah 2020-2024”, forum ini menggaet narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Supriyadi S.Si, M.T selaku Perencana Ahli Utama Kedeputian Regional Kementerian PPN/BAPPENAS, Teguh Setyabudi selaku Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, dan Khasan Bisri selaku Koordinator Pengawasan Akuntabilitas Pemda Wilayah I BPKP Provinsi Jawa Tengah.
 
Bima Arya, Ketua Dewan Pengurus Apeksi, mengatakan “Pejabat negara harus baik dalam menjaga komunikasi dan hubungan dengan berbagai pihak sehingga perencanaan dapat bersifat inklusif,”. Jika tidak, tentu pada hal ini akan terdapat persoalan di tingkat daerah hingga kota. “Selain itu, penting bagi kita menekankan isu pembangunan berkelanjutan karena visi tanpa transisi yang presisi hanya akan menjadi mimpi,” lanjutnya.
 
“Di dalam perencanaan yang efisien terdapat dua akuntabilitas, yaitu akuntabilitas pembangunan dan akuntabilitas keuangan,” ujar Khasan Bisri. Perencanaan yang dulu hanya mengarah pada kepatuhan pertanggungjawaban keuangan, kini harus dirancang bukan pada hasil namun juga kinerja dan ukuran keberhasilan. Menurut Teguh Setyabudi, Konsep ini mengacu pada smart city dengan bagaimana mengutamakan pelayanan dasar dan prinsip pembangunan berkelanjutan. Ia juga mengajak untuk bersama-sama saling berkomitmen terkait perencanaan pembangunan berkelanjutan.
 
Diikuti oleh sesi tanya-jawab diakhir forum, para penanya sangat antusias bertanya dan pertanyaan tersebut langsung direspon oleh para narasumber. Forum kemudian diakhiri dengan kata-kata penutup oleh Alwis Rustam selaku Direktur Eksekutif Apeksi, “Bagaimana pembangunan kita bisa membumi, ini tanggung jawab kita saat ini. Media lokal perlu memberikan kesempatan terhadap pemerintah daerah untuk menyampaikan informasi dan usulannya. Harapannya seluruh kementerian/lembaga/dinas bisa terkendali dengan baik”.
 
Artikel oleh: Leonard Alfaro Agustian Setia #APEKSInternship