LOCALISE SDGs
Friday June 18, 2021

LOCALISE SDGs

Leadership Ownership and Capabilities for Agenda 2030 Local Implementation and Stakeholder Empowerment

Pemerintah Daerah adalah pemain kunci dalam pencapaian Agenda 2030 atau disebut juga Sustainable Development Goals (SDGs) / Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Pelibatan Pemerintahan Daerah dalam pelaksanaan TPB adalah aktivitas advokasi yang sedang dilakukan oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan United Cities and Local Government Asia Pasific (UCLG ASPAC) dengan penekanan pada pentingnya melokalkan TPB sebagai proses dari pemberdayaan Pemerintah Daerah.

Kerjasama APEKSI dan UCLG ASPAC dengan dukungan pendanaan Uni Eropa, menjalankan perannnya sebagai bagian SDGs Global Task Force melalui pembentukan program melokalkan SDGs di Indonesia. Program LOCALISE – Leadership, Ownership, Capacity for Agenda 2030 Local Implementation and Stakeholders Empowerment menjadikan Peraturan Presiden No. 59 Tahun 2018 tentang pelaksanaan TPB sebagai payung hukum di tataran nasional.

Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan (the 2030 Agenda for Sustainable Development atau SDGs) adalah kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan yang berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. SDGs/TPB diberlakukan dengan prinsip-prinsip universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan bahwa tidak akan ada seorang pun yang terlewatkan atau “No-one Left Behind”. SDGs terdiri dari 17 Tujuan dan 169 target dalam rangka melanjutkan upaya dan pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) yang berakhir akhir pada tahun 2015 lalu.

Tautan situs/website resmi LOCALISE SDGs www.localisesdgs-indonesia.org dan Youtube Channel.

Tentang UCLG ASPAC
UCLG merupakan asosiasi kota dan pemda tingkat dunia yang didirikan pada tanggal 1 Januari 2004, berkantor di Barcelona, Spanyol. UCLG adalah satu-satunya organisasi pemerintah daerah yang diakui oleh PBB. UCLG merupakan gabungan atas IULA, UTO (United Towns Organisation/Serikat Organisasi Perkotaan), serta METROPOLIS (World Association of the Major Metropolises atau Asosiasi Dunia Ibukota). UCLG mempunyai jaringan lebih dari 250,000 kota dan daerah.
UCLG ASPAC merupakan divisi regional dari UCLG untuk kawasan Asia Pasifik. Bermarkas di Jakarta, UCLG ASPAC menjadi bagian wilayah UCLG terbesar dengan jaringan melebihi 7000 pemerintahan daerah, mewakili sekitar 4,5 miliar penduduk – lebih dari separuh populasi dunia – dan menyatukan negara-negara dengan perkembangan yang sangat pesat, seperti Cina, India, dan Indonesia.
www.uclg-aspac.org

Tentang APEKSI
APEKSI adalah asosiasi yang beranggotakan 98 pemerintah kota yang bertujuan membantu anggotanya dalam melaksanakan otonomi daerah dan menciptakan iklim yang kondusif bagi pembentukan kerjasama antar pemerintah daerah. Sejalan dengan semangat desentralisasi dan demokrasi, APEKSI telah membantu anggotanya untuk mencapai kesejahteraan sosial yang lebih baik melalui demokrasi, partisipasi masyarakat, keadilan dan akses yang sama untuk keragaman dan potensi setempat.
www.apeksi.id

Tentang UNI EROPA
Uni Eropa (atau EU) adala organisasi antar pemerintahan yang beranggotakan negara-negara Eropa. Sejak 1 Juli 2013 telah memiliki 28 negara anggota. Persatuan ini didirikan atas nama tersebut di bawah Perjanjian Uni Eropa (yang lebih dikenal dengan Perjanjian Maastricht) pada 1992. Namun, banyak aspek dari EU timbul sebelum tanggal tersebut melalui organisasi sebelumnya, kembali ke tahun 1950- an. Jakarta adalah kantor Duta Besar EU untuk wilayah Indonesia dan Brunei Darussalam dengan misi utamanya adalah mempromosikan kepentingan EU dan mempererat kerjasama antara EU dan Indonesia, serta EU dan Brunei.
www.eeas.europa.eu/delegations/indonesia/679/about-eu-delegation-indonesia-and-brunei_en

Dokumentasi berupa Newsletter, Materi Kegiatan dan Foto-foto dapat diakses/unduh/download di APEKSI Digital Library atau link.apeksi.id/localisesdgs.

 


 

citydiplomacy 30032021

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) bersama UCLG ASPAC menggelar Pelatihan Nasional Kerja Sama Pemerintah Daerah untuk Pembangunan Berkelanjutan II secara virtual zoom, Senin (29/3/2021).

Acara yang diikuti puluhan peserta ini dibuka langsung Wali Kota Bogor Bima Arya selaku Ketua Dewan Apeksi.

Bima Arya mengatakan, perubahan itu ada di tangan kepala daerah, tapi dengan banyak catatannya, yakni memaksimalkan beberapa hal yang menjadi kunci.

Dalam konteks ini kerja sama itu penting, bagian kerja sama itu selalu ada di pemerintah kota dan daerah tapi tidak semua bagian kerja sama ini maksimal alias masih banyak sekali kendala.

"Bagian kerja sama ini aktor kunci untuk akselerasi perubahan menjadikan Wali Kota, Bupati, Gubernur sebagai aktor perubahan. Saya garis bawahi ada lima poin kenapa kerja sama internasional itu penting," katanya.

Poin pertama dalam tataran filosofis, ini membukakan perspektif semua yang mengemban amanah di daerah tentang ideologi pembangunan. Pasalnya, tidak mungkin kepala daerah bicara teknis tentang turunan dari tujuan pembangunan berkelanjutan dan kerja sama internasional tanpa punya pemahaman yang lebih general tentang ideologi pembangunan.

"Filosofis dan posisi kita ada dimana, apakah pertumbuhan ekonomi, pembangunan berkelanjutan, atau isu-isu lainnya. Kalau ini tidak selesai tidak mungkin bisa diturunkan ke RPJMD," tegasnya.

Poin kedua, lanjut Bima, yakni sinkronisasi dan akselerasi. Ada rencana global, ada rencana nasional, ada rencana provinsi dan ada RPJMD di tingkat daerah. Ini harus diselaraskan ketika menjalin kerja sama. Kerja sama internasional membuat Pemkot terlatih untuk menyatukan pembangunan lokal, nasional dan global.

"Poin ketiga kita dilatih untuk selalu update dan tahu berita terkini, kalau hanya fokus di tingkat lokal kita akan kudet (kurang update), tapi saat kita menjalin kerja sama kita dipaksa untuk kekinian, melakukan benchmarking dan mengupdate hal-hal baik," imbuhnya.

Poin empat sifatnya lebih teknis yakni capacity building, ini mulai dari hal yang sifatnya teori sampai implementasi dan poin kelima pentingnya kerja sama ini membangun jejaring yang saling menguatkan, memperluas support sistem, membuka ruang-ruang tidak saja untuk funding tapi ruang-ruang lain untuk menyempurnakan skenario perencanaan.

"Networking ini yang membuat banyak kota tidak tergantung pada APBD, Provinsi, DAU. Bisa berselancar luas dan networking ini jangan dipersempit untuk funding saja, banyak kerja sama kolaborasi yang sifatnya bisa diukur dalam jangka panjang menyebarkan semangat kolaborasi dan sinergi membangun kerja sama yang berkelanjutan, baik itu secara nasional maupun organisasi lainnya," katanya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) United Cities and Local Government Asia-Pasific (UCLG ASPAC) Bernadia Irawati Tjandradewi mengatakan, pelatihan kerja sama ini bagian dari program LOCALISE SDGs yang didanai Uni Eropa. UCLG ASPAC bekerjasama dengan APEKSI dengan melibatkan hampir lebih 40 Pemerintah Daerah dan 16 Pemerintah Provinsi di Indonesia.

"Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas Pemda, karena hampir 70 persen Pemda dan Pemkot mempunyai kerja sama luar negeri baik sister city dan lainnya," ujar Bernadia.

tpb ekspos2

UCLG ASPAC dan APEKSI dengan Program LOCALISE SDGs menyelenggarakan Diskusi Daring #11 Ekspos Hasil Penelitian Localise SDGs dengan tema “Penguatan Pemerintah Daerah dalam Menangani Dampak Sosial pada Masa Pandemi COVID-19 melalui Sinkronisasi Data” pada:

Hari/tanggal: Rabu, 23 Desember 2020
Waktu: 13.00-15.00 WIB
Tempat: Zoom Cloud Meeting dan Youtube
Registrasi:bit.ly/DiskusiDaringTPBke-11

tpb ekspos1

UCLG ASPAC dan APEKSI melalui Program LOCALISE SDGs menyelenggarakan diskusi dengan tema "Ekspos Hasil Penelitian LOCALISE SDGs #1 : Penguatan Pemerintah Daerah dalam Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Kesadaran Masyarakat pada Masa Pandemi COVID-19” pada:

Tempat/tanggal: Jumat, 11 Desember 2020
Waktu: 09.00-11.00 WIB
Tempat: Zoom Cloud Meeting & video.com
Registrasi: bit.ly/DiskusiDaringTPBke-10

WhatsApp Image 2020 12 08 at 10.30.25 AM

UCLG ASPAC dan APEKSI dengan Program LOCALISE SDGs menyelenggarakan Diskusi: Peningkatan Kesadaran Masyarakat untuk Membangun Ketahanan Nasional terhadap Pandemi COVID-19 dan Mitigasi Pencapaian Tujuan SDG pada:

Bersama Walikota Gorontalo, Kementerian PPN/Bappenas, Sekjen UCLG ASPAC dan Direktur Eksekutif APEKSI

tpb 9

UCLG ASPAC dan APEKSI dengan Program LOCALISE SDGs menyelenggarakan Diskusi Daring #9 dengan tema “Penyesuaian Strategi dan Kebijakan Pelaksanaan Pencapaian TPB/SDGs Dalam Upaya Akselerasi Pencapaian TPB/SDGs di Daerah Pada Masa Pandemi COVID-19” pada:

Hari/tanggal: Kamis, 26 November 2020
Waktu: 09.30-12.00 WIB
Tempat: Live on Zoom Cloud Meeting & Youtube
Registrasi: bit.ly/DiskusiDaringTPBke9

tpb8

Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #8: “Upaya Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan Berbasis Gender yang Efektif di Masa Pandemi COVID-19”

Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #8 diselenggarakan pada:

  • Hari/Tanggal: Kamis, 12 November 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB 14.00-16.00 WITA 15.00-17.00 WIT
  • Tempat: via zoom cloud meeting
  • Registrasi: https://bit.ly/DiskusiDaringTPB8

tpb7

UCLG ASPAC bersama APEKSI dan melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, sebagai bagian dari kegiatan LOCALISE SDGs menyelenggarakan Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #7: “Mendorong Pengelolaan Limbah Medis dari Penanganan COVID-19 yang Efektif di Masa Pandemi COVID-19”. 

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

  • Hari/tanggal: Selasa, 27 Oktober 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB | 14.00-16.00 WITA | 15.00-17.00 WIT
  • Tempat: via zoom cloud meeting
  • Registrasi: http://bit.ly/DiskusiDaringTPB-7

localise sdgs tpb6

UCLG ASPAC bersama APEKSI dan melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, sebagai bagian dari kegiatan LOCALISE SDGs menyelenggarakan Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #6 : "Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #6:“Peningkatan Kualitas dan Sinkronisasi Data yang Efektif untuk Mewujudkan JaringPengaman Sosial yang Tepat Sasaran serta Berkeadilan”. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

  • Hari/tanggal: Kamis, 15 Oktober 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB | 14.00-16.00 WITA | 15.00-17.00 WIT
  • Tempat: Zoom meeting
  • Registrasi:https://bit.ly/DiskusiDaringTPB6

Info lebih lanjut dapat menghubungi Sdr. Teguh Ardhiwiratno di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., atau Sdri. Vidya di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

localise sdgs 5

UCLG ASPAC bersama APEKSI dan melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, sebagai bagian dari kegiatan LOCALISE SDGs menyelenggarakan Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #5 "Aksi Menuju Pembangunan Berkelanjutan Dalam Masa Pandemi Menjaga Ketahanan Pangan di Masa Pandemi COVID-19".

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

  • Hari/tanggal: Kamis, 1 Oktober 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB 14.00-16.00 WITA 15.00-17.00 WIT
  • Tempat: Zoom cloud meeting
  • Registrasi: http://bit.ly/DiskusiDaringTPB5

localisesdgs tpb1

APEKSI dan UCLG ASPAC melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, sebagai bagian dari kegiatan LOCALISE SDGs yang didukung oleh bantuan hibah dari Uni Eropa menyelenggarakan Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #1 “Strategi dan Upaya Pemerintah Daerah dalam Pemulihan Industri Pariwisata Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru selama Masa Pandemi COVID-19” pada:

  • Hari/tanggal: Kamis, 6 Agustus 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB
  • Tempat: Live Zoom Cloud Meeting
  • Registrasi: bit.ly/DiskusiDaringTPB1

Narasumber:

  • Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  • Gubernur Nusa Tenggara Barat
  • Walikota Sawahlunto
  • Gabungan Industri Pariwisata Indonesia
  • Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia
  • UCLG ASPAC

Moderator: Direktur Eksekutif APEKSI

blue shapes

Mitra | Partners

kppodbnnbpomposindonesiagizicleiicmaueuclg-ascpagcomiucunescounisdrworldbankicldu pertaminaiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxtafpusad paramadinaliputan6katadataiap2idcartenz groupcaasystemiqkinaryahukumonlinedotcomjustika

blue shapes

21APEKSInergi

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kantor buka 4 hari dalam seminggu Senin - Kamis dengan berganti personil dalam rangka penerapan PSBB/PPKM DKI Jakarta dan kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | The office open 4 days a week Monday - Thursday with personnel shift due the implementation of Jakarta Province's large-scale social restrictions and we can be contacted by email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
personil apeksi
 

 
apeksipeta

Flag Counter




PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil 2021

Buku Profil APEKSI dapat diunduh/download melalui APEKSI Digital Library.

Proposal


igef2021

INDONESIA GENUINE FESTIVAL (IGEF) akan dilaksanakan pada 3 - 5 September 2021 di Kota Manchester, Inggris. 

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui IGEF 2021.

blue shapes

 

© 2000-2021 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities