LocaliseSDGs
Friday November 27, 2020

LOCALISE SDGs

Leadership Ownership and Capabilities for Agenda 2030 Local Implementation and Stakeholder Empowerment

Pemerintah Daerah adalah pemain kunci dalam pencapaian Agenda 2030 atau disebut juga Sustainable Development Goals (SDGs) / Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Pelibatan Pemerintahan Daerah dalam pelaksanaan TPB adalah aktivitas advokasi yang sedang dilakukan oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan United Cities and Local Government Asia Pasific (UCLG ASPAC) dengan penekanan pada pentingnya melokalkan TPB sebagai proses dari pemberdayaan Pemerintah Daerah.

Kerjasama APEKSI dan UCLG ASPAC dengan dukungan pendanaan Uni Eropa, menjalankan perannnya sebagai bagian SDGs Global Task Force melalui pembentukan program melokalkan SDGs di Indonesia. Program LOCALISE – Leadership, Ownership, Capacity for Agenda 2030 Local Implementation and Stakeholders Empowerment menjadikan Peraturan Presiden No. 59 Tahun 2018 tentang pelaksanaan TPB sebagai payung hukum di tataran nasional.

Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan (the 2030 Agenda for Sustainable Development atau SDGs) adalah kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan yang berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. SDGs/TPB diberlakukan dengan prinsip-prinsip universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan bahwa tidak akan ada seorang pun yang terlewatkan atau “No-one Left Behind”. SDGs terdiri dari 17 Tujuan dan 169 target dalam rangka melanjutkan upaya dan pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) yang berakhir akhir pada tahun 2015 lalu.

Tautan situs/website resmi LOCALISE SDGs www.localisesdgs-indonesia.org dan Youtube Channel.

Tentang UCLG ASPAC
UCLG merupakan asosiasi kota dan pemda tingkat dunia yang didirikan pada tanggal 1 Januari 2004, berkantor di Barcelona, Spanyol. UCLG adalah satu-satunya organisasi pemerintah daerah yang diakui oleh PBB. UCLG merupakan gabungan atas IULA, UTO (United Towns Organisation/Serikat Organisasi Perkotaan), serta METROPOLIS (World Association of the Major Metropolises atau Asosiasi Dunia Ibukota). UCLG mempunyai jaringan lebih dari 250,000 kota dan daerah.
UCLG ASPAC merupakan divisi regional dari UCLG untuk kawasan Asia Pasifik. Bermarkas di Jakarta, UCLG ASPAC menjadi bagian wilayah UCLG terbesar dengan jaringan melebihi 7000 pemerintahan daerah, mewakili sekitar 4,5 miliar penduduk – lebih dari separuh populasi dunia – dan menyatukan negara-negara dengan perkembangan yang sangat pesat, seperti Cina, India, dan Indonesia.
www.uclg-aspac.org

Tentang APEKSI
APEKSI adalah asosiasi yang beranggotakan 98 pemerintah kota yang bertujuan membantu anggotanya dalam melaksanakan otonomi daerah dan menciptakan iklim yang kondusif bagi pembentukan kerjasama antar pemerintah daerah. Sejalan dengan semangat desentralisasi dan demokrasi, APEKSI telah membantu anggotanya untuk mencapai kesejahteraan sosial yang lebih baik melalui demokrasi, partisipasi masyarakat, keadilan dan akses yang sama untuk keragaman dan potensi setempat.
www.apeksi.id

Tentang UNI EROPA
Uni Eropa (atau EU) adala organisasi antar pemerintahan yang beranggotakan negara-negara Eropa. Sejak 1 Juli 2013 telah memiliki 28 negara anggota. Persatuan ini didirikan atas nama tersebut di bawah Perjanjian Uni Eropa (yang lebih dikenal dengan Perjanjian Maastricht) pada 1992. Namun, banyak aspek dari EU timbul sebelum tanggal tersebut melalui organisasi sebelumnya, kembali ke tahun 1950- an. Jakarta adalah kantor Duta Besar EU untuk wilayah Indonesia dan Brunei Darussalam dengan misi utamanya adalah mempromosikan kepentingan EU dan mempererat kerjasama antara EU dan Indonesia, serta EU dan Brunei.
www.eeas.europa.eu/delegations/indonesia/679/about-eu-delegation-indonesia-and-brunei_en

Dokumentasi berupa Newsletter, Materi Kegiatan dan Foto-foto dapat diakses/unduh/download di APEKSI Digital Library atau link.apeksi.id/localisesdgs.

 


 

tpb7

UCLG ASPAC bersama APEKSI dan melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, sebagai bagian dari kegiatan LOCALISE SDGs menyelenggarakan Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #7: “Mendorong Pengelolaan Limbah Medis dari Penanganan COVID-19 yang Efektif di Masa Pandemi COVID-19”. 

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

  • Hari/tanggal: Selasa, 27 Oktober 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB | 14.00-16.00 WITA | 15.00-17.00 WIT
  • Tempat: via zoom cloud meeting
  • Registrasi: http://bit.ly/DiskusiDaringTPB-7

localise sdgs tpb6

UCLG ASPAC bersama APEKSI dan melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, sebagai bagian dari kegiatan LOCALISE SDGs menyelenggarakan Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #6 : "Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #6:“Peningkatan Kualitas dan Sinkronisasi Data yang Efektif untuk Mewujudkan JaringPengaman Sosial yang Tepat Sasaran serta Berkeadilan”. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

  • Hari/tanggal: Kamis, 15 Oktober 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB | 14.00-16.00 WITA | 15.00-17.00 WIT
  • Tempat: Zoom meeting
  • Registrasi:https://bit.ly/DiskusiDaringTPB6

Info lebih lanjut dapat menghubungi Sdr. Teguh Ardhiwiratno di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., atau Sdri. Vidya di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

localise sdgs 5

UCLG ASPAC bersama APEKSI dan melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, sebagai bagian dari kegiatan LOCALISE SDGs menyelenggarakan Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #5 "Aksi Menuju Pembangunan Berkelanjutan Dalam Masa Pandemi Menjaga Ketahanan Pangan di Masa Pandemi COVID-19".

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

  • Hari/tanggal: Kamis, 1 Oktober 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB 14.00-16.00 WITA 15.00-17.00 WIT
  • Tempat: Zoom cloud meeting
  • Registrasi: http://bit.ly/DiskusiDaringTPB5

localisesdgs tpb1

APEKSI dan UCLG ASPAC melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, sebagai bagian dari kegiatan LOCALISE SDGs yang didukung oleh bantuan hibah dari Uni Eropa menyelenggarakan Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #1 “Strategi dan Upaya Pemerintah Daerah dalam Pemulihan Industri Pariwisata Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru selama Masa Pandemi COVID-19” pada:

  • Hari/tanggal: Kamis, 6 Agustus 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB
  • Tempat: Live Zoom Cloud Meeting
  • Registrasi: bit.ly/DiskusiDaringTPB1

Narasumber:

  • Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  • Gubernur Nusa Tenggara Barat
  • Walikota Sawahlunto
  • Gabungan Industri Pariwisata Indonesia
  • Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia
  • UCLG ASPAC

Moderator: Direktur Eksekutif APEKSI

JAKARTA – Pemerintah Daerah mengalami tantangan berat pada masa pandemi COVID-19 terutama dalam mengatasi keterbatasan anggaran yang muncul akibat kelesuan perekonomian. Terbatasnya anggaran untuk pembiayaan pembangunan berdampak pada pelaksanaan pencapaian Tujuan pembangunan Berkelanjutan (TPB). Meski demikian, Pemerintah Daerah masih memiliki ruang untuk mendapatkan pembiayaan alternatif agar dapat melakukan inovasi dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di tengah pandemi ini. Sumber pembiayaan alternatif dapat berasal dari pinjaman ataupun kerjasama dengan badan usaha yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2018 tentang Pinjaman Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerjasama Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2015 tentang kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha. Pemerintah Pusat melalui Kementrian Dalam Negeri telah mengindentifikasi target-target TPB yang harus dilaksanakan dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Sebanyak 52 target jangka pendek harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah pada Rencana Kerja Pemerintah daerah (RKPD) tahun 2021 sesuai Permendagri Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan RKPD 2021. Untuk mendukung pelaksanaan dan percepatan target-target dalam RKPD 2021, Pemerintah Daerah dituntut memiliki inovasi dalam mencari sumber pembiayaan baru yang tidak tergantung pada dana transfer dari Pemerintah Pusat, seperti zakat, CSR, filantropi maupun sumber pendanaan dari lembaga pembiayaan milik negara.

Hal ini terungkap dalam sesi diskusi daring (webshare) ke-15 berjudul “Skema Penganggaran dan Peluang Pembiayaan Alternatif dalam Pencapaian TPB pada Masa Pandemi COVID-19” (seri 2) yang diselenggarakan oleh Program LOCALISE SDGs yang dilaksanakan oleh UCLG ASPAC danAPEKSI dengan dukungan finansial dari Uni Eropa, Kamis(23/7). Diskusi yang dimoderatori Dr. Megandaru W. Kawuryan selaku Direktur Eksekutif Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini, menghadirkan empat pembicara, yaitu Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta Dr. Ir. Nasruddin Djoko Surjono, Sekretaris Jenderal Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI)/Ketua DPRD Kota Mataram - Didi Sumardi, S.H, Team Leader Fiscal Capacity and Project Appraisal Divisi Pembiayaan Publik, PT SMI - Nanang Arifin, dan Direktur Eksekutif Filantropi Indonesia, Hamid Abidin. Diskusi online ini berlangsung selama 2 jam dengan lebih dari 500 orang peserta terdaftar.

webshare15
 
LOCALISE SDGs merupakan program yang dilaksanakan UCLG ASPAC dan APEKSI dan melibatkan APPSI (Asosiasi Provinsi), ADEKSI (Asosiasi Dewan Kota) serta asosiasi pemerintah daerah di Indonesia dengan bantuan finansial dari Uni Eropa mengundang Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, CSO, Organisasi Internasional, akademisi dan pihak lainnya yang berperan aktif dalam pencapaian TPB/SDGs di Indonesia untuk berpartisipasi dalam diskusi online: Web-share #15 ‘’Skema Penganggaran dan Peluang Pembiayaan Alternatif di Daerah dalam Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Masa Pandemi COVID-19” (seri 2) pada:
 
Narasumber:
  • Gubernur Provinsi DKI Jakarta - Anies Baswedan, Ph.D (*dalam konfirmasi)
  • Plt Direktur Utama Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) - Dr. Djoko Hendratto, MBA (*dalam konfirmasi)
  • Team Leader Fiscal Capacity and Project Appraisal, Divisi Pembiayaan Publik, PT Sarana Multi Infrastruktur - Nanang Arifin
  • Direktur Eksekutif Filantropi Indonesia - Hamid Abidin
  • Sekretaris Jenderal ADEKSI/Ketua DPRD Kota Mataram - Didi Sumardi, S.H
  • Sekjen UCLG ASPAC - Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi

Moderator: Dr. Megandaru W. Kawuryan (Direktur Eksekutif APPSI)

 
 

webshare14

APEKSI dan UCLG ASPAC dengan melibatkan Asosiasi pemerintah daerah dan DPRD melalui LOCALISE SDGs, mengundang Pemerintah Daerah, CSO, Organisasi Internasional, akademisi dan pihak lainnya yang berperan aktif dalam pencapaian TPB di Indonesia untuk berpartisipasi dalam diskusi online WebShare #14 "Skema Penganggaran dan Peluang Pembiayaan Alternatif di Daerah dalam Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Masa Pandemi COVID-19” (seri 1) pada:

  • Hari/tanggal: Jumat, 10 Juli 2020
  • Waktu: 14.00 - 16.00 WIB
  • Tempat: Zoom Cloud Meeting
  • Materi: APEKSI Digital Library

Narasumber:

  • Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan, BAZNAS: Dr. Irfan Syauqi Beik
  • Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah: Bahri, S.STP, M.Si
  • Kepala Sekretariat Nasional ADKASI: Syamsu Rizal, SE, M.Si
  • Walikota Batam : H. Muhammad Rudi, S.E., M.M.
  • Sekjen UCLG ASPAC: Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi APEKSI dengan Sdr. Teguh Ardhiwiratno dengan nomor 0818 131 433 atau UCLG ASPAC dengan Sdri. Vidya di nomor 0857 1434 9677.


webshare11

APEKSI bersama UCLG ASPAC dengan melibatkan Asosiasi Pemerintah Daerah dan DPRD melalui Program LOCALISE SDGs menyelenggarakan diskusi online dengan tema "Strategi dan Tantangan Pemerintah Daerah Dalam Pencapaian Sasaran Jangka Pendek dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/TPB di Masa Pandemi COVID-19", pada:

  • Hari/tanggal: Kamis, 25 Juni 2020
  • Waktu: 14.00 - 16.00 WIB
  • Tempat: Live Zoom Cloud Meeting
  • Materi: APEKSI Digital Library

Narasumber:

  • Direktur Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah, Ditjen Bangda-Kemendagri: Budiono Subambang, ST, MPM.
  • Walikota Pariaman: Dr. H. Genius Umar, S.Sos., M.Si.
  • Walikota Pangkalpinang: H. Maulan Aklil, S.Ip., M.Si.
  • Bupati Wakatobi: H. Arhawi (*tbc)
  • Sekjen UCLG ASPAC: Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi
  • Sekjen TPO: Dr. Kim Soo-Il

Moderator:

  • Direktur Eksekutif APPSI: Dr. Megandaru W. Kawuryan

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi APEKSI dengan Sdr. Teguh Ardhiwiratno dengan nomor 0818 131 433 atau UCLG ASPAC dengan Sdri. Vidya di nomor 0857 1434 9677.

APEKSI dan UCLG ASPAC menyelenggarakan WebShare #10 Localise SDGs dengan tema: Komitmen Daerah Dalam Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Pascapandemi COVID-19’, pada:

  • Hari/tanggal: Jumat, 12 Juni 2020
  • Pukul: 14.00 - 16.00 WIB
  • Tempat: Live Zoom Cloud Meeting
  • Materi: APEKSI Digital Library

Dengan para narasumber:

  • Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si. Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (TBC)
  • Marten A Taha, SE, M. Ec. Dev, Walikota Gorontalo
  • H. Helmi Hasan, S.E., Walikota Bengkulu
  • Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi, Secretary General, UCLG ASPAC
  • Amalia Adininggar Widyasanti, Kepala Seknas SDGs
  • Drs. Nyoto Suwignyo, MM, Direktur SUPD 1 - Kementerian Dalam Negeri

JAKARTA. Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan Forum Kemitraan Multi-Pihak (MSP Day) dengan mengambil tema “Berbagi Praktik Inovasi Kemitraan Multi-Pihak dalam Pembangunan untuk Pencapaian Agenda 2030”. Forum ini terselenggara atas kerjasama dengan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi, United Cities and Local Government Asia Pacific (UCLG ASPAC), dan International Association for Public Participation (IAP2) Indonesia. 

MSP Day yang dilaksanakan pada tanggal 20 November 2019 di Auditoriun Bina Karna Bidakara tersebut, merupakan forum antar pemangku kepentingan sebagai sarana untuk menginstitusionalisasikan pelaksanaan Kemitraan Multi-Pihak (KMP) pertukaran pengetahuan, inovasi, dan praktik baik dalam mendukung pencapaian TPB/SDGs di Indonesia. KMP menjadi salah satu instrumen yang penting dalam rangka pelaksanaan TPB/SDGs yang inklusif di Indonesia.

sdgs kemitraan multi phak

JAKARTA. Pelatihan ini mengambil tema: “Memikirkan kembali strategi kemitraan multi-pihak untuk Pencapaian SDGs dan New Urban Agenda”. Pelatihan diselenggarakan pada tanggal 19 November 2019 di Hotel Aston Rasuna Jakarta ini bertujuan untuk mendiskusikan tata kelola membangun kemitraan multi-pemangku internasional untuk pemerintah daerah dan bentuk kerjasama yang efektif antara pemerintah daerah untuk implementasi SDGs dan the New Urban Agenda.

Acara tersebut menghadirkan sejumlah narasumber antara lain Pusat Fasilitasi Kerjasama, Kementerian Dalam Negeri dan perwakilan dari Ditjen Hukum dan Perjanjian Internasional dan Kementerian Luar Negeri. Pelatihan diikuti oleh perwakilan pemerintah kota dari kota-kota dampingan SDGs.

APEKSI DIGITAL LIBRARY


apeksiwebinar





BUKU DELAPAN LANGKAH TRANSFER INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Buku Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik dapat diunduh/download di Library.

black shapes

Mitra | Partners

yipdkppodbnnbpomposindonesiacimgizicleiicmamercycorps indonesiauclg-ascpaunescounisdrworldbanku pertaminatauiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxkatadataiap2id

black shapes

75ri apeksi putihmerah

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil apeksi

Profil dalam Bahasa Indonesia | Profile in English 

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan - Setiabudi
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kantor tutup sesuai penerapan PSBB DKI Jakarta, kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | The office is closed due to the implementation of Jakarta Province's large-scale social restrictions, we can be contacted via email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
75ri personil
 

  
 
apeksipeta

Flag Counter




Proposal

Indonesia City Expo XVIII tanggal 30 Juni - 3 Juli 2020 di Lapangan BBF Bintaro, Tangerang Selatan  Launching Indonesia City Expo XVIII tanggal 19 Februari 2020 di Hotel Santika Premiere Bintaro, Tangerang Selatan

Dokumen ICE 2020 berupa proposal dapat diunduh/download di Library. Dokumen untuk Proposal Pemerintah Kota dan dokumen untuk Proposal Mitra, Swasta dan Bisnis.

INDONESIA GENUINE FESTIVAL (IGEF) akan dilaksanakan pada 31 Juli - 2 Agustus 2020 di Liverpool, Inggris. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui link IGEF.

 

© 2000-2020 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities