LocaliseSDGs
Thursday May 28, 2020

Leadership Ownership and Capabilities for Agenda 2030 Local Implementation and Stakeholder Empowerment

Pemerintah Daerah adalah pemain kunci dalam pencapaian Agenda 2030 atau disebut juga Sustainable Development Goals (SDGs) / Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Pelibatan Pemerintahan Daerah dalam pelaksanaan TPB adalah aktivitas advokasi yang sedang dilakukan oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan United Cities and Local Government Asia Pasific (UCLG ASPAC) dengan penekanan pada pentingnya melokalkan TPB sebagai proses dari pemberdayaan Pemerintah Daerah.

Kerjasama APEKSI dan UCLG ASPAC dengan dukungan pendanaan Uni Eropa, menjalankan perannnya sebagai bagian SDGs Global Task Force melalui pembentukan program melokalkan SDGs di Indonesia. Program LOCALISE – Leadership, Ownership, Capacity for Agenda 2030 Local Implementation and Stakeholders Empowerment menjadikan Peraturan Presiden No. 59 Tahun 2018 tentang pelaksanaan TPB sebagai payung hukum di tataran nasional.

Dokumentasi berupa Newsletter, Materi Kegiatan dan Foto-foto dapat diakses/unduh/download di Library atau link.apeksi.id/localisesdgs.


 

JAKARTA. Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan Forum Kemitraan Multi-Pihak (MSP Day) dengan mengambil tema “Berbagi Praktik Inovasi Kemitraan Multi-Pihak dalam Pembangunan untuk Pencapaian Agenda 2030”. Forum ini terselenggara atas kerjasama dengan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi, United Cities and Local Government Asia Pacific (UCLG ASPAC), dan International Association for Public Participation (IAP2) Indonesia. 

MSP Day yang dilaksanakan pada tanggal 20 November 2019 di Auditoriun Bina Karna Bidakara tersebut, merupakan forum antar pemangku kepentingan sebagai sarana untuk menginstitusionalisasikan pelaksanaan Kemitraan Multi-Pihak (KMP) pertukaran pengetahuan, inovasi, dan praktik baik dalam mendukung pencapaian TPB/SDGs di Indonesia. KMP menjadi salah satu instrumen yang penting dalam rangka pelaksanaan TPB/SDGs yang inklusif di Indonesia.

sdgs kemitraan multi phak

JAKARTA. Pelatihan ini mengambil tema: “Memikirkan kembali strategi kemitraan multi-pihak untuk Pencapaian SDGs dan New Urban Agenda”. Pelatihan diselenggarakan pada tanggal 19 November 2019 di Hotel Aston Rasuna Jakarta ini bertujuan untuk mendiskusikan tata kelola membangun kemitraan multi-pemangku internasional untuk pemerintah daerah dan bentuk kerjasama yang efektif antara pemerintah daerah untuk implementasi SDGs dan the New Urban Agenda.

Acara tersebut menghadirkan sejumlah narasumber antara lain Pusat Fasilitasi Kerjasama, Kementerian Dalam Negeri dan perwakilan dari Ditjen Hukum dan Perjanjian Internasional dan Kementerian Luar Negeri. Pelatihan diikuti oleh perwakilan pemerintah kota dari kota-kota dampingan SDGs.

JAKARTA. APEKSI berkolaborasi dengan UCLG-ASPAC dengan dukungan dari Uni Eropa beserta Tanoto Foundation, Bappenas, KPPOD, IAP2, PT Sarana Multi Infrastruktur dan Filantropi Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Nasional II dengan tema, "Penguatan Peran Pemerintah Daerah pada Implementasi TPB" tanggal 24-25 Juli 2019 di Hotel Ashey Jakarta.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan-sambutan, antara lain: Direktur Eksekutif APEKSi, Tanoto Foundation, Bappenas dan Uni Eropa.

Tujuan kegiatan pelatihan yang diselenggarakan dua hari ini, antara lain untuk peningkatan kapasitas bagi Pemerintah Daerah, berbagi pengetahuan, diskusi dan inovasi. 

IMG 20181219 174945

Kegiatan Pelatihan Diplomasi Kota hari ke 2 diawali dengan narasumber seorang diplomat senior, Boer Mauna yang pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk negara Mesir dan Maroko serta di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Sesi Coaching Clinic mengenai kerjasama luar negeri, dengan coach dari: DKI Jakarta, Surabaya dan Bogor. Potensi Daerah dalam kerjasama luar negeri disampaikan narasumber dari Kemenlu.

Dilanjutkan dengan show case dimana para peserta membuat poster yang 'menjual' dengan bekal dari narasumber-narasumber sebelumnya. Sesi Networking, menampilkan ADB Indonesia, GCOM dan Kedutaan Kerajaan Belanda sebagai narasumber.

Dokumen terkait kegiatan ini dapat diunduh/download di website LOCALISE SDGs atau Library.

IMG 20181219 070520

JAKARTA. APEKSI dan UCLG ASPAC menyelenggarakan Pelatihan Diplomasi Kota tanggal 18-19 Desember 2018 di Hotel Aryaduta Jakarta merupakan rangkaian dari Program LOCALISE SDGs yang didanai oleh Uni Eropa. 

Kegiatan hari pertama ini, diawali dengan sambutan dan dibuka oleh Sekretaris Jenderal UCLG ASPAC serta sambutan dari Representatif Uni Eropa di Indonesia, dilanjutkan dengan agenda: panel, tanya jawab dan dIskusi kelompok. Narasumber, antara lain dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Badan Perencana Pembangunan Nasional, APEKSI dan Citiasia Inc.

Tujuan pelatihan, antara lain:

  • Untuk meningkatkan kerjasama antar pemerintah daerah secara internasional yang efektif dan terencana
  • Membantu pelaksanaan kerjasama antar pemerintah daerah secara internasional yang dapat terukur
  • Meningkatkan pemahaman pemerintah daerah mengenai kebijakan luar negeri dan diplomasi secara internasional
  • Mendorong keterlibatan pemerintah daerah di arena internasional

JAKARTA. Hari ini APEKSI berkolaborasi dengan UCLG-ASPAC menyelenggarakan Pelatihan Nasional, "Melokalkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan: Membangun Kesadaran TPB di Daerah" hingga 29 Agustus 2018 di The Aryaduta Hotel - Jakarta.

Kegiatan dibuka oleh Sekjen UCLG-ASPAC dan dilanjutkan perkenalan suluruh peserta pelatihan nasional serta pengkayaan wacana oleh United Nations Development Programme (UNDP) dan Center for Indonesia's Strategic Development Initiatives (CISDI).

Pelatihan selama dua hari ini mencakup Isu: (1) Latar Belakang Agenda Global dan Peran Pemerintah Lokal; (2) Sustainable Development Goals/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di Indonesia: Definisi, Rencana, dan Program; (3) Perencanaan Kebijakan Terpadu untuk TPB; (4) Membangun lingkungan yang mendukung untuk TPB; (5) Kemitraan multipihak untuk TPB.

JAKARTA. APEKSI berkolaborasi dengan UCLG ASPAC yang didukung oleh UNI EROPA menyelenggarakan Kick Off Workshop LOCALISE SDGs, dengan tema "Melokalkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Melalui Inovasi Daerah di Indonesia" di Hotel JW Luwansa Jakarta.

Kegiatan diawali menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, antara lain: Sekretaris Jenderal UCLG ASCPAC, Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Kepala Delegasi UNI EROPA untuk Indonesia & Brunei, Staf Ahli Menteri Dalam Negeri sekaligus membuka workshop ini.

Sesi Panel: Sesi I  - Inovasi Daerah Dalam Pencapaian TPB Indonesia, Sesi II - LOCALISE SDGs Project dan Sesi III - Peran Penting Inovasi Daerah dalam Perencanaan Pembangunan Nasional dan Daerah untuk Pencapaian TPB.

pedoman manajemen covid19

Buku Pedoman Manajemen Bagi Pemerintah Daerah dalam Penangan Covid-19 dan Dampaknya dapat diunduh/download di Library.

Buku Pedoman Umum Menghadapi PANDEMI COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah (Edisi Revisi) dari Kementerian Dalam Negeri dapat diunduh/download di Library.

black shapes

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil apeksi 2018

Profil dalam Bahasa Indonesia - Profile in English | Presentasi dalam Bahasa Indonesia - Presentation in English

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan - Setiabudi
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kantor tutup sementara dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, kami dapat dihubungi di email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | Our office temporarily closed in an effort to prevent the spread of Covid-19, we can reach on email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
 

  
 
apeksipeta

Proposal

Indonesia City Expo XVIII tanggal 30 Juni - 3 Juli 2020 di Lapangan BBF Bintaro, Tangerang Selatan  Launching Indonesia City Expo XVIII tanggal 19 Februari 2020 di Hotel Santika Premiere Bintaro, Tangerang Selatan

Dokumen ICE 2020 berupa proposal dapat diunduh/download di Library. Dokumen untuk Proposal Pemerintah Kota dan dokumen untuk Proposal Mitra, Swasta dan Bisnis.

INDONESIA GENUINE FESTIVAL (IGEF) akan dilaksanakan pada 31 Juli - 2 Agustus 2020 di Liverpool, Inggris. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui link IGEF.

Mitra | Partners

yipdbnnbpomposindonesiacimgizicleiicmamercycorps indonesiauclg-ascpaunescounisdrworldbanku pertaminatauiktiiantheusinmarkcommcitiasia

 

© 2000-2020 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities