BERANDA|HOME
Friday June 18, 2021
Vinaora Nivo Slider 3.x

INFO APEKSI

muskomwil vi 2021

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Bima Arya menghadiri Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) VI di Kota Gorontalo 9-11 April 2021, yang dihadiri pemerintah kota se-Sulawesi-Maluku-Papua.

Bima Arya mengatakan, Komwil VI ini adalah lumbung kekayaan laut nasional. Dari 17 kota-kota anggota APEKSI di Komwil ini, 14 kota diantaranya merupakan kota pinggir pantai/laut yang menyimpan potensi kelautan Indonesia. Yakni, Ambon, Ternate, Tidore, Tual, Bitung, Manado, Parepare, Makassar, Sorong, Palu, Jayapura, Gorontalo, Baubau dan Kendari.

"Kita bicara bukan hanya potensi dan kekayaan sektor pertambangan, perikanan dan kekayaan serta budidaya laut lainnya, tapi juga beberapa destinasi wisata terindah tingkat dunia yang ada di wilayah ini,” ungkap Bima Arya.

“Bukan hanya kekayaan yang sudah terkenal, maupun berbagai potensi yang terpendam dan belum dikelola maksimal, serta perlu pengembangan ekosistem untuk kegiatan ekonomi secara lebih serius lagi,” tambahnya.

Menurut Bima, APEKSI menampung aspirasi para anggotanya di wilayah ini yang hampir semuanya karakter kota pantai/laut. Karena untuk pengembangan, perlu rantai koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah.

“Misalnya beberapa masukan menyuarakan pentingnya rantai koordinasi yang jelas dalam implementasi kebijakan illegal fishing serta perizinan penangkapan ikan di wilayah ini,” kata Bima.

Salah satu agenda dalam Muskomwil VI ini adalah memilih Ketua Komwil VI APEKSI. Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim terpilih secara aklamasi memimpin Komwil VI menggantikan ketua sebelumnya, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya berharap semangat baru Ketua dan Pengurus Komwil VI dapat meningkatkan keaktifan seluruh anggota APEKSI di wilayah ini, untuk sinergi dan kolaborasi untuk kemajuan kota-kota di seluruh Indonesia.

Sebelum pelaksanaan Muskomwil, digelar pula sesi khusus berbagi pengalaman mengembangkan inovasi dalam penanganan pandemi. Wali Kota Bogor yang juga Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor Bima Arya menjadi pembicara utama dalam sesi ini.

Bukan hanya berdampak ke aspek kesehatan, tapi juga menjalankan aneka strategi demi pemulihan ekonomi. Kedua hal ini yang juga menjadi fokus dan prioritas semua pemerintah daerah di masa pandemi.

“Inovasi dalam pelayanan publik di masa pandemi Covid-19 perlu dilakukan dengan segala penyesuaian. Seluruh anggota APEKSI untuk proaktif dalam berinovasi untuk melayani masyarakat. APEKSI akan lebih meningkatkan peranannya menjadi referensi kebijakan daerah karena Wali Kota dan Pemerintah Kota yang lebih paham kondisi di wilayahnya masing-masing,” pungkasnya.
Muskomwil VI di Gorontalo juga diisi penanaman pohon sebagai wujud kepedulian APEKSI terhadap lingkungan.(*)

kolaborasi 9 walikota kalimantan

Ada pemandangan menarik dari suasana Rapat Kerja Komisariat Wilayah (Raker Komwil) V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Pontianak, Kalimantan Barat, 24-25 Maret 2021.  

Dari pantauan, suasana kekeluargaan dan jauh dari kesan formal terlihat di wajah-wajah “Sembilan Wali” (9 orang wali kota) se-Kalimantan. Pada setiap kesempatan di sela-sela rapat kerja tersebut, para wali kota terlihat kompak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain membahas topik serius terkait persoalan SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah) dan isu strategis terkait implementasi kebijakan penyederhanaan birokrasi di daerah, pada Raker di Kota Khatulistiwa ini jadi ajang untuk saling belajar dan bertukar pikiran antar sesama kepala daerah, terutama dalam menghadapi pandemi dan upaya membangkitkan ekonomi serta penanganan Covid-19 di kota masing-masing.

Dalam sambutan Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya (Wali Kota Bogor) di hadapan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dan seluruh peserta menyatakan hasratnya untuk belajar dan mampir ke Kota Singkawang selepas Raker di Pontianak melalui jalur darat. 

Alasan Ketua APEKSI menyempatkan diri melakukan lawatan singkat ke Singkawang memang sangat beralasan. Kota tersebut memang sudah sangat dikenal sebagai salah satu kota paling rukun dan toleran di Indonesia, dan banyak potensi pariwisata kultural di sana. 

Sementara sebaliknya, Kota Singkawang juga dapat belajar dengan Kota Bogor yang telah dijadikan referensi kota lain dalam mencapai target pembangunan dan diganjar dengan aneka penghargaan setiap tahunnya.

Kedua kota ini, Bogor dan Singkawang memiliki kesamaan dari segi kekuatan kultural masyarakatnya. Selain sama-sama mewarisi warisan budaya sebagai “Kota Pusaka Indonesia”, kedua kota ini memiliki event besar tahunan yang sama, yakni Festival Cap Go Meh yang menjadi salah satu kalender pariwisata nasional Visit Indonesia. 

Setiap tahun pesta rakyat di kedua kota tersebut sangat meriah dan dihadiri masyarakat luas, serta para tokoh dan pejabat publik. Hanya saja, seperti berbagai kegiatan besar lainnya, kemeriahan Festival Cap Go Meh tahun ini, baik di Kota Singkawang ataupun di Kota Bogor harus dibatalkan karena situasi pandemi.

“Saya belajar banyak dari Wali Kota Bogor Bapak Bima Arya, tentang berbagai hal. Sesama wali kota kami juga sama-sama mengurus warga yang beragam dan pengalaman dalam menjaga kerukunan dan melayani warga di kota masing-masing,” ujar Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie.

Di tempat yang sama, Ketua APEKSI Bima Arya juga menyatakan, suasana belajar dalam keakraban persahabatan sesama anggota APEKSI ini yang sangat dijaga. 

“Ibu Wali Kota Singkawang sangat open minded dan terbuka untuk berbagi pengalaman. Saya sempatkan berkunjung ke sini, melihat dan bertemu aparat pemerintahan, pelaku ekonomi dan warga di Singkawang. Saya banyak belajar dari upaya-upaya beliau menjaga keberagaman yang merupakan modal utama kemajuan di Singkawang,” kata Bima. 

Lebih jauh Ketua APEKSI mengatakan, “Kota-kota di Indonesia memiliki dinamika yang berbeda-beda. Sementara setiap anggota APEKSI harus dapat merawat keragaman kota dan dinamika warganya yang juga berbeda-beda, demi mewujudkan kemajuan bersama. Kita tidak hanya fokus dengan pembangunan fisik saja. Namun pembangunan manusia dan karakter bangsa, juga merupakan misi utama APEKSI”, tegasnya.

“Jika kita dapat merawat kekayaan dari keragaman kita, maka kolaborasi sesama walikota adalah kata kunci bagi kemajuan bersama dan kesejahteraan kota-kota di seluruh Indonesia. Sehingga, kompetisi kita menjadi lebih luas, dan dapat bersaing dengan kota-kota di dunia”, pungkas Bima. (*)

muskomwiliv batu

BATU. Komwil IV menggelar Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) IV pada 4 Februari 2021 yang dihadiri Ketua - Walikota Tangerang Selatan, Wakil Ketua - Walikota Jambi dan Pengawas, Walikota Binjai.

Muskomwil menghasilkan Program Kerja dan Rekomendasi untuk dimasukan dalam Munas VI APEKSI 2021 pada 11 Februari 2021.

Pengurus Komwil IV untuk periode 2021-2024, Ketua: Walikota Kupang, Wakil Ketua I: Walikota Mojokerto dan Wakil Ketua II: Walikota Kediri

Kegiatan dilaksanakan secara langsung dan daring, yang dihadiri seluruh anggota Komwil IV.

muskomwili yogya

YOGYAKARTA. Komwil III APEKSI menggelar Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) III pada 1 Februari 2021 dihadiri oleh Ketua, Walikota Tangerang Selatan.

Muskomwil membahas antara lain, dana kelurahan, dana bagi hasil, pajak kendaraan bermotor dan penanganan COVID-19 serta pemulihan ekonomi, agar aktivitas masyarakat kembali normal.

Dalam kegiatan ini, dilaksanakan pemilihan Pengurus Komwil III untuk periode 2021-2024, Walikota Tegal terpilih menjadi Ketua Komwil III.

Hadir para Walikota Komwil III secara langsung 

pramuskomwili bandaaceh

BANDA ACEH. Komwil I menyelenggarakan Rapat Pra Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) I pada 31 Januari 2021 di Pendopo Walikota, yang dihadiri oleh Ketua, Walikota Tangerang Selatan dan Wakil Ketua, Walikota Jambi. 

Dalam rapat, Walikota Banda Aceh mengatakan Kota Banda Aceh siap menggelar Muskomwil I dan menyampaikan bahwa Banda Aceh aman dan siap dikunjungi serta mengungkapkan tingkat kesembuhan kasus COVID-19 sangat tinggi mencapai 96%.

Hadir juga Walikota Sibolga, Wakil Walikota Pekanbaru dan sejumlah perwakilan Pengurus Komwil I. 

raker komwil v 2020 balikpapan

BALIKPAPAN. Komwil V pada tanggal 3 Desember 2020 di Kota Balikpapan mengelar Raker dengan tema “Menjaga Stabilitas Politik Menuju Pemilu Damai dan Bermatabat".

Raker Komwil yang dilaksanakan secara kombinasi, yaitu tatap muka dan daring menghasilkan sejumlah rencana kegiatan dan rekomendasi yang dibawa dalam Munas VI yang diselenggarakan di bulan Januari 2021. 

Komisariat Wilayah IV menyelenggarakan kegiatan Lokakarya dan Pra Muskomwil VI pada 14 Juli 2020 secara daring.

Tema lokakarya: Strategi Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Covid-19, kegiatan diawali dengan laporan Manajer Sekretariat Komwil VI terkait penyelenggaraan lokakarya dan rapat kerja Pra Muskomwil, sambutan: Walikota Ambon selaku Ketua Komwil VI dan Ketua Dewan Pengurus sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini.

lokakarya pra muskomwil

Lokakarya ini menghadirkan narasumber, antara lain:

  • Plh. Dirjen Bangda Kemendagri
  • Wakil Walikota Magelang

Setelah istirahat acara dilanjutkan dengan rapat kerja Pra Muskomwil IV.

rakerwil 1 pariaman

Kominfo Kota Pariaman --- Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2020 di Kota Pariaman, sukses menghasilkan beberapa draft usulan Program Kerja, untuk disampaikan dalam pertemuan Munas (Musyawarah Nasional) VI APEKSI Tahun 2020 mendatang, yang akan digelar pada 30 Juni sampai 3 Juli 2020 di Tangerang Selatan, bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (18/3/2020).

Dalam Rakerwil I APEKSI Tahun 2020, seluruh anggota yang beranggotakan 24 Walikota atau yang mewakili, menyepakati beberapa program kerja yang telah dirundingkan dalam sidang pleno, yang diketuai oleh Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk, dan Wakil Walikota Padang, Hendri Septa sebagai anggota.

Rapat pleno ini, adalah rapat penyusunan program kerja APEKSI, dimana disepekati secara bersama oleh seluruh anggota untuk penentuan Kota Banda Aceh sebagai tuan rumah Rakerwil berikutnya di tahun 2021, serta merekomendasikan calon ketua APEKSI umum pusat kedepan.

“Dengan mempertimbangkan masa tugas yang masih panjang, maka dipilih secara Aklamasi Walikota Banda Aceh sebagai calon Ketua umum pusat APEKSI, yang diusung oleh Korwil I, serta usulan dari Kota Pariaman tentang rekomendasi bagaimana daerah dalam penanganan virus Covid-19, sehingga tidak terlalu menunggu lama untuk mendapat instruksi dan arahan yang saat ini berada di pusat,” ungkap Syarfi Hutauruk.

“Kita memaklumi apa yang menjadi usulan dari Kota Pariaman, dimana saat ini situasi yang sedang melanda Indonesia adalah tentang penyebaran virus corona, dan bagaimana Korwil I APEKSI ini, membahas tentang hal tersebut, dan kita telah sepakati hal itu, dan akan kita rekomendasikan pada Munas VI di Tangerang Selatan mendatang,” ucapnya lebih lanjut.

Adapun beberapa draft Program Kerja yang disepakati adalah pertama dalam Bidang Kerjasama Daerah, kedua tentang Bidang Peningkatan Kapasitas Pemerintah Kota, ketiga Bidang Advokasi dan Regulasi, keempat Bidang Informasi dan Komunikasi, kelima Bidang Infrastruktur dan lingkungan hidup dan keenam Bidang Kependudukan.

“Kita berharap Draft Program Kerja ini nantinya dapat kita laksanakan untuk masing-masing daerah, sehingga sinergitas antara Kota di Korwil I APEKSI ini, dapat terjalin dengan baik dan saling bekerjasama dan bantu membantu untuk saling mensejajarkan Kota yang masih tertinggal, agar bisa sama dengan Kota yang lebih dulu sukses dan berhasil,” tutur Walikota Sibolga ini.

“Kita juga mengucapkan selamat kepada Walikota Banda Aceh, dimana mendapat mandate dari kami semua di Korwil I APEKSI, untuk menjadikan beliau sebagai Ketua Umum pusat APEKSI, dan juga sebagai tuan rumah untuk digelarnya Rakerwil I APEKSI Tahun 2021 di Kota Banda Aceh,” tutupnya.

Setelah disepakati, draft Program Kerja Korwil I APEKSI ini diserahkan kepada Ketua Korwil I yang juga Walikota Pekanbaru Firdaus didampingi oleh Walikota Pariaman Genius Umar selaku tuan rumah. (J)

Sumber: pariamankota.go.id

Kominfo Kota Pariaman --- Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2020 di Kota Pariaman, sukses menghasilkan beberapa draft usulan Program Kerja, untuk disampaikan dalam pertemuan Munas (Musyawarah Nasional) VI APEKSI Tahun 2020 mendatang, yang akan digelar pada 30 Juni sampai 3 Juli 2020 di Tangerang Selatan, bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (18/3/2020).

Dalam Rakerwil I APEKSI Tahun 2020, seluruh anggota yang beranggotakan 24 Walikota atau yang mewakili, menyepakati beberapa program kerja yang telah dirundingkan dalam sidang pleno, yang diketuai oleh Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk, dan Wakil Walikota Padang, Hendri Septa sebagai anggota.

Rapat pleno ini, adalah rapat penyusunan program kerja APEKSI, dimana disepekati secara bersama oleh seluruh anggota untuk penentuan Kota Banda Aceh sebagai tuan rumah Rakerwil berikutnya di tahun 2021, serta merekomendasikan calon ketua APEKSI umum pusat kedepan.

“Dengan mempertimbangkan masa tugas yang masih panjang, maka dipilih secara Aklamasi Walikota Banda Aceh sebagai calon Ketua umum pusat APEKSI, yang diusung oleh Korwil I, serta usulan dari Kota Pariaman tentang rekomendasi bagaimana daerah dalam penanganan virus Covid-19, sehingga tidak terlalu menunggu lama untuk mendapat instruksi dan arahan yang saat ini berada di pusat,” ungkap Syarfi Hutauruk.

“Kita memaklumi apa yang menjadi usulan dari Kota Pariaman, dimana saat ini situasi yang sedang melanda Indonesia adalah tentang penyebaran virus corona, dan bagaimana Korwil I APEKSI ini, membahas tentang hal tersebut, dan kita telah sepakati hal itu, dan akan kita rekomendasikan pada Munas VI di Tangerang Selatan mendatang,” ucapnya lebih lanjut.

Adapun beberapa draft Program Kerja yang disepakati adalah pertama dalam Bidang Kerjasama Daerah, kedua tentang Bidang Peningkatan Kapasitas Pemerintah Kota, ketiga Bidang Advokasi dan Regulasi, keempat Bidang Informasi dan Komunikasi, kelima Bidang Infrastruktur dan lingkungan hidup dan keenam Bidang Kependudukan.

“Kita berharap Draft Program Kerja ini nantinya dapat kita laksanakan untuk masing-masing daerah, sehingga sinergitas antara Kota di Korwil I APEKSI ini, dapat terjalin dengan baik dan saling bekerjasama dan bantu membantu untuk saling mensejajarkan Kota yang masih tertinggal, agar bisa sama dengan Kota yang lebih dulu sukses dan berhasil,” tutur Walikota Sibolga ini.

“Kita juga mengucapkan selamat kepada Walikota Banda Aceh, dimana mendapat mandate dari kami semua di Korwil I APEKSI, untuk menjadikan beliau sebagai Ketua Umum pusat APEKSI, dan juga sebagai tuan rumah untuk digelarnya Rakerwil I APEKSI Tahun 2021 di Kota Banda Aceh,” tutupnya.

Setelah disepakati, draft Program Kerja Korwil I APEKSI ini diserahkan kepada Ketua Korwil I yang juga Walikota Pekanbaru Firdaus didampingi oleh Walikota Pariaman Genius Umar selaku tuan rumah. (J)

muskomwil v 2019

BANJARMASIN. Komwil V melaksanakan Muskomwil di Kota Banjarmasin pada tanggal 25–27 November 2019  dengan tema “Dampak Pemindahan Ibu Kota Negara Terhadap Kota-Kota di Kalimantan dari Segi Infrastruktur, Sosial dan Lingkungan”.

Agenda utama Muskomwil ini adalah laporan pertanggungjawaban Pengurus Komwil V periode 2016–2019 yang diketuai Walikota Banjarmasin, pemilihan Pengurus Komwil V periode 2019–2022 dan penyusunan program kerja Komwil V 2019-2022. Dari hasil musyawarah dan mufakat di antara Walikota Komwil V yang berjumlah 9 orang.

Pengurus Komwil V Periode 2019-2022:

  • Ketua: Walikota Tarakan
  • Wakil Ketua I: Walikota Bontang
  • Wakil Ketua II: Walikota Pontianak
  • Sekretaris: Asisten Pemerintahan Kota Tarakan
  • Bendahara: Kepala DPKAD Kota Tarakan

Hari Jadi APEKSI ke-21 #APEKSInergi - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Memberi Ucapan Selamat Ulang Tahun APEKSI ke-21, the Highlight dan Datakota

blue shapes

sm ig  sm twitter  sm fb  sm in  sm youtube

blue shapes

Padang Tuan Rumah Rakernas 2022

Infografis Pedoman Manajemen Penanganan Covid-19 dan Dampaknya Bagi Pemerintah Daerah

manajemen covid19

pusdatin sipd

Manual Book SIPD | PUSDATIN - Petunjuk Input Usulan Nasyarakat dan Desa-Kelurahan serta Panduan lainnya dapat diakses melalui APEKSI Library atau go.apeksi.id/manualsipd.

APEKSI x BINA KEUDA KEMENDAGRI FAQ SIPD

Buku Frequesntly Asked Questions (FAQ) Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dapat diunduh/download di Library.

Buku Pedoman Umum Menghadapi PANDEMI COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah (Edisi Revisi) dari Kementerian Dalam Negeri dapat diunduh/download di Library.

pedoman manajemen covid19

Buku Pedoman Manajemen Bagi Pemerintah Daerah dalam Penangan Covid-19 dan Dampaknya dapat diunduh/download di Library.

blue shapes

Mitra | Partners

kppodbnnbpomposindonesiagizicleiicmaueuclg-ascpagcomiucunescounisdrworldbankicldu pertaminaiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxtafpusad paramadinaliputan6katadataiap2idcartenz groupcaasystemiqkinaryahukumonlinedotcomjustika

blue shapes

21APEKSInergi

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kantor buka 4 hari dalam seminggu Senin - Kamis dengan berganti personil dalam rangka penerapan PSBB/PPKM DKI Jakarta dan kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | The office open 4 days a week Monday - Thursday with personnel shift due the implementation of Jakarta Province's large-scale social restrictions and we can be contacted by email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
personil apeksi
 

 
apeksipeta

Flag Counter




PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil 2021

Buku Profil APEKSI dapat diunduh/download melalui APEKSI Digital Library.

Proposal


igef2021

INDONESIA GENUINE FESTIVAL (IGEF) akan dilaksanakan pada 3 - 5 September 2021 di Kota Manchester, Inggris. 

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui IGEF 2021.

blue shapes

 

© 2000-2021 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities