SEKILAS YOUTH CITY CHANGERS

Forum Youth City Changers (YCC) adalah inisiasi APEKSI untuk jejaring dan kolaborasi komunitas muda kota. Inisiasi pembentukan YCC adalah seiring dengan berkembangnya ide-ide baru di kalangan anak muda inovatif yang dapat diimplementasikan di masyarakat, sehingga dapat mendukung tercapainya sinergi antarkota dan menjadi wadah munculnya usaha-usaha baru berbasis teknologi dan inovasi, tanpa lepas dari keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing kota. YCC yang akan meliputi para pemuda kreatif dan inovatif dari seluruh Indonesia, yang diharapkan dapat menghasilkan isu dan solusi pembangunan kota melalui pemikiran-pemikiran kreatif pemuda.

 

YCC akan diluncurkan pertama kali sebagai special event pada rangkaian kegiatan RAKERNAS XV APEKSI di Kota Padang pada tanggal 7-10 Agustus 2022.

BENTUK KEGIATAN

Kegiatan YCC akan menjadi special event dalam rangkaian kegiatan RAKERNAS XV APEKSI 2022, dengan kegiatan utama:

  1. Inspirational Talks Leadership, Youth, Creativity, and Innovation
  2. Workshop Pemuda Kota: Solusi Kreatif dan Inovatif untuk Kota
  3. Hiburan atraktif: pertunjukan musik dan stand-up comedy
  4. Kampanye publik: Bersih-Bersih Pantai – Beach Clean Up

 

Tema. Kegiatan-kegiatan tersebut akan dibalut dalam tema kegiatan:

  1. Sustainability. Keberlanjutan pembangunan kota perlu didasarkan atas 3 pilar, yaitu keberlanjutan lingkungan, ekonomi, dan sosial. YCC akan mengelaborasi pemikiran kreatif dan inovatif para pemuda, mengenai bagaimana membangun kota yang didasarkan atas pilar-pilar keberlanjutan tersebut.
  2. Empowerment. YCC akan fokus pada pemberdayaan para pemuda agar dapat menelurkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk pembangunan kota. Pemberdayaan dari para mentor diharapkan dapat memancing pemikiran kreatif dari para pemuda.
  3. Digital. Dunia yang telah memasuki era disrupsi dijital memaksa kota-kota untuk mampu beradaptasi dengan kemajuan dunia dijital tersebut. Pemikiran kreatif dan inovatif para pemuda diharapkan mampu menghasilkan solusi-solusi baru terkait pemanfaatan teknologi dijital untuk pembangunan kota.

 

Selain ketiga tema besar tersebut, kegiatan YCC juga akan menjadi kampanye besar penggunaan produk-produk lokal (local product) karya anak bangsa. Seluruh peserta YCC akan menggunakan produk lokal dari kotanya masing-masing.

Inspirational Talks. Kegiatan Inspirational Talks akan mengangkat topik utama kepemimpinan dan peran pemuda kreatif untuk pembangunan dan kemajuan kota dan bangsa. Kegiatan talkshow akan menghadirkan para tokoh pemuda:

  1. H. Erick Thohir, BA, MBA (Menteri Badan Usaha Milik Negara)
  2. Dr. H Mochamad Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat)
  3. Dr. Bima Arya Sugiarto (Ketua Dewan Pengurus APEKSI / Wali Kota Bogor)
  4. Najwa Shihab, SH, L.LM (Jurnalis, Pengusaha, dan Aktivis Sosial Media)

 

Workshop. Kegiatan workshop para pemuda akan berupa design thinking workshop untuk melahirkan pemikiran-pemikiran kreatif para pemuda untuk solusi pembangunan kota di Indonesia. Pemikiran kreatif yang dilahirkan pada workshop ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pembangunan kota-kota anggota APEKSI, yang kemudian dapat diarusutamakan ke dalam program-program pembangunan masing-masing Pemerintah Kota.

 

Hiburan. Kegiatan Hiburan adalah berupa pertunjukan musik dan stand-up comedy, menghadirkan:

  1. Kunto Aji (Musisi)
  2. Dickie Diffy (Komika)

 

Indikasi waktu kegiatan. Kegiatan YCC akan berlangsung pada Minggu, 7 Agustus 2022 dan Selasa, 9 Agustus 2022 di dalam rangkaian kegiatan Rakernas XV APEKSI, dengan indikasi waktu pelaksanaan sebagai berikut:

 

 

DUKUNGAN KEIKUTSERTAAN ANGGOTA APEKSI DALAM YCC

APEKSI mengundang para pemuda/pemudi terbaik dari 98 kota untuk mewakili kotanya dalam forum YCC. Anggota APEKSI diharapkan dapat melakukan seleksi di kotanya masing-masing untuk dapat mengirimkan 3 (tiga) orang perwakilannya ke event YCC, sehingga akan terdapat ±300 pemuda dari seluruh Indonesia yang akan berkontribusi melahirkan solusi-solusi kreatif dan inovatif untuk kemajuan kota-kota di Indonesia.

 

Adapun perwakilan pemuda dari setiap kota setidaknya perlu memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut, namun tidak terbatas pada:

  1. Sedikitnya 1 orang Pemuda/Pemudi yang berkiprah di dunia industri/ekonomi kreatif di kotanya. Adapun kriteria industri/ekonomi kreatif adalah sebagaimana ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (meliputi Pengembang Permainan, Arsitektur, Desain Interior, Musik, Seni Rupa, Desain Produk, Fesyen, Kuliner, Film Animasi dan Video, Fotografi, Desain Komunikasi Visual, Televisi dan Radio, Kriya, Periklanan, Seni Pertunjukan, Penerbitan, dan Aplikasi). Saat ini, telah terdapat jejaring bagi pengembangan kota kreatif di Indonesia, yang diwadahi di dalam Indonesia Creative City Network (ICCN). Pemerintah Kota anggota APEKSI dapat berkolaborasi dengan ICCN untuk melakukan seleksi perwakilannya di forum YCC.
  2. Sedikitnya 1 orang Pemuda/Pemudi yang berkiprah di negara maju di luar negeri, dapat merupakan seorang diaspora, atau berkiprah di Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di luar negeri, sehingga diharapkan mampu menghasilkan solusi kreatif pembangunan kota dari kacamata preseden di negara maju.
  3. Sedikitnya 1 orang Pemuda/Pemudi yang berkiprah di industri Start-up Digital, sehingga diharapkan mampu menyumbangkan pemikiran kreatif dan inovatifnya untuk pembangunan kota di era disrupsi dijital serta pemanfaatan teknologi dijital untuk solusi-solusi pembangunan kota.
KELUARAN YANG DIHARAPKAN

Forum YCC diharapkan dapat mengasilkan:

  1. Jejaring pemuda kreatif kota seluruh Indonesia yang akan terus terpelihara secara berkelanjutan. Forum YCC direncanakan akan diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya, sehingga diharapkan jejaring pemuda kreatif kota akan terus meluas.
  2. Solusi kreatif dan inovatif untuk kota-kota anggota APEKSI, yang kemudian perlu diarusutamakan oleh Pemerintah Kota ke dalam program-program pembangunan kota.
  3. Deklarasi YCC, yang akan berisi komunike para pemuda untuk pembangunan kota masa depan di Indonesia.
INFO NARAHUBUNG

Muti’ah Murni | Associate Manager APEKSI | Whatsapp

 

 

#APEKSInergi In Colloaboration: