PROFESSIONAL FELLOWS
Saturday September 25, 2021

APEKSI bekerjasama dengan ICMA (Internasional City/County Management Association) kembali menyelenggarakan Program YSEALI Professional Fellows Bidang Lingkungan Bekelanjutan (Environment Sustainability) pada 12 Oktober - 20 November 2020 di Amerika Serikat. 

Peserta: Usia 25-35 tahun dan mengisi aplikasi online. Selanjutnya seleksi sampai tahap interview dilakukan oleh ICMA dan APEKSI, hasilnya 3 (empat) orang akan dipilih.

Biaya selama proses seleksi ditanggung oleh masing-masing Pemerintah Kota, proses perjalanan dan biaya hidup menjalani Program Fellows selama 5 1/2 minggu ditanggung oleh ICMA dan APEKSI.

Dateline/batas akhir pengisian aplikasi tanggal 8 April 2020 pukul 12.00 WIB dan aplikasi dapat langsung diisi melalui http://link.apeksi.id/fellowsfall2020.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdri. Heffy Octaviani di nomor +62 818-798-037.

 

APEKSI bekerjasama dengan Internasional City/County Management Association (ICMA) kembali menyelenggarakan Program Professional Fellows Bidang Lingkungan Berkelanjutan (Environment Sustainability Professional Fellows) di Amerika Serikat.

APEKSI bekerjasama dengan ICMA (Internasional City/County Management Association) ke-8 kalinya menyelenggarakan Program Professional Fellows Bidang Lingkungan Bekelanjutan (Environment Sustainability Professional Fellows) di Amerika Serikat. 

Peserta: Usia 25-35 tahun dan mengisi aplikasi online. Selanjutnya seleksi sampai tahap interview dilakukan oleh ICMA dan APEKSI, hasilnya 4 (empat) orang akan dipilih.

Biaya selama proses seleksi ditanggung oleh masing-masing Pemerintah Kota, proses perjalanan dan biaya hidup menjalani Program Fellows selama 5 1/2 minggu ditanggung oleh ICMA dan APEKSI.

Dateline/batas akhir pengisian aplikasi tanggal 1 Mei 2019. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdri. Heffy Octaviani di nomor +62 818-798-037.

apeksi professionalfellows

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdri. Heffy Octaviani di nomor +62 818-798-037.

Peserta magang Gelombang 1 tahun 2018, pada tanggal 16 Februari hingga 4 Maret 2018 adalah Sarah LaValley (City of Northampton, Massachusetts).

Selama 2 minggu berada di Indonesia, 3 hari melakukan kunjungan diskusi ke beberapa lembaga nasional di Jakarta, kunjungan magang selama lebih kurang 10 hari di Kota Samarinda dan diakhiri dengan melaksanakan talkshow di @america (Pusat Budaya Amerika Serikat) di Jakarta pada hari terakhir di Indonesia.

APEKSI menjadi pendamping/host atas kunjungan US Fellows dari Program Kerjasama APEKSI-ICMA Professional Fellows Exchange Program.

Akhir bulan Juli sampai Agustus kunjungan Wally Wernimont - Assistant Planner, City of Dubuque, Iowa. Agenda pertemuan dengan: Bappenas, Wicaksono Sarosa, Bappeda DKI Jakarta, Urban and Regional Development Institute (URDI), US Embassy Jakarta lalu kunjungan ke Kapuas Hulu, Kalimantan.

wally bappeda dki 2017

Bulan Agustus kunjungan Stephanie Scafa - Waste Prevention and Green Building Program Manager for City of Eugene, Oregon. Agenda pertemuan dengan: KLHK, Bappenas, KemenPUPERA, US Embassy Jakarta, Indonesia Solid Waste Association (InSWA) lalu kunjungan ke Surabaya, Jawa Timur. Setelah kembali Jakarta dilanjutkan pertemuan dengan: Oswar Mungkasa, Deputi Tata Ruang dan LH DKI Jakarta, LIPI, Green Building Council Indonesia, Pemerintah Kota Depok dan Pemerintah Kota Bogor.

stephanie depok 2017

Di bulan Agustus juga ada kunjungan Laurel Delmonico - A Contract Manager of City and County of Denver with Department of Envirenmental Health. Agenda pertemuan dengan: Kemenkes, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), Bappenas, Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP), US Embassy Jakarta, Puskesmas Kembangan Jakarta Barat dan kunjungan ke Pemerintah Kota Kupang.

laurel kupang 2017

Selama kunjungan di dalam maupun luar Jakarta, host/pendamping selain staf APEKSI adalah peserta dari Indonesia yang sebelumnya mengikuti kegiatan Professional Fellows Exchange Program di Amerika Serikat. 

Dateline pengisian aplikasi Environment Sustainability Professional Fellows (Lingkungan Berkelanjutan) tanggal 6 November 2017 dan aplikasi program dapat langsung diisi melalui link YSEALI Professional Fellows Program.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdri. Heffy Octaviani di nomor +62 818-798-037.

APEKSI bekerjasama dengan ICMA (Internasional City/County Management Association) menyelenggarakan kembali Program Professional Fellows Bidang Lingkungan Bekelanjutan (Environment Sustainability Professional Fellows) di Amerika Serikat. 

Peserta: Usia 25-35 tahun dan mengisi aplikasi online. Selanjutnya seleksi sampai tahap interview dilakukan oleh APEKSI dan ICMA, hasilnya 4 (empat) orang akan dipilih.

Biaya selama proses seleksi ditanggung oleh masing-masing Pemerintah Kota, proses perjalanan dan biaya hidup menjalani Program Fellows selama 5 1/2 minggu ditanggung oleh ICMA.

Dateline pengisian aplikasi tanggal 6 November 2017 dan aplikasi program dapat langsung diisi melalui link https://goo.gl/bEHorv.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdri. Heffy Octaviani di nomor +62 818-798-037.

fellows 2014 2017 1

fellows 2014 2017 2

fellows 2014 2017 3

 

 

Program yang dibangun oleh International City/County Management Association (ICMA) ini mulai dikerjasamakan dengan APEKSI sejak tahun 2011, kemudian pada tahun 2015 memiliki sedikit perubahan tema yaitu program Young South East Asia Leadership Initiative (YSEALI), dimana ditujukan bagi peserta muda dari Asia Tenggara dalam upaya meningkatkan kapasitas dan pengalaman para pemimpin muda.Peserta program ini terbuka untuk seluruh kalangan namun dengan batas usia 25-35 tahun.

Seperti Prpfessional Fellows Exchange Program tahun-tahun sebelumnya yang selalu dilaksanakan 2 gelombang dalam satu tahun, maka pada tahun 2016 gelombang kedua dilaksanakan pada awal bulan Oktober – pertengahan bulan November 2016 dan pada gelombang pertama untuk tahun 2017 pada akhir bulan April – awal Juni 2017.

Dan masih seperti tahun-tahun sebelumnya, kembali mengirimkan sejumlah peserta fellowship yang terbagi menjadi 2 jenis yaitu Legislative Governance Fellows dan Environment Sustainable Fellows dalam Professional Fellows Exchange Program.

Berikut nama-bama yang terpilih sebagai:

Legislative Governance Fellows untuk Fall Cohort 2017:
1. AviniaI Ismiyati
2. Idfi Septiani
3. Nofriana Djami
4. Dimas Harjoko
5. Samuel Tabuni

Alternates:
1. Putra Budiman
2. Satriawan Suwito

Environment Sustainable Fellows Fall Cohort 2017:
1. Pradnya Rahmani
2. Niken Prawestiti

Alternate:
1. Achmad Solichin

kota toleran

APEKSI DIGITAL LIBRARY


apeksiwebinar





BUKU DELAPAN LANGKAH TRANSFER INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Buku Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik dapat diunduh/download di Library.


MENGAWAL TOLERANSI KOTA SELURUH INDONESIA

Indonesia memiliki keanekaragaman masyarakat dengan berbagai latar budaya serta agama. Toleransi menjadi faktor penting guna menjaga kehidupan masyarakat tetap harmonis.

Tentang Tata Kelola Kota Toleran

Toleransi dan kebersamaan di kota kita harus terjaga. Kerukunan dan segala kemajuan kota dapat hancur seketika, jika kita tidak ada konsistensi dan keseriusan mengawalnya. Inilah tugas besar generasi masa kini: mewariskan toleransi dan saling menghormati dalam keharmonisan kehidupan seluruh kota di Indonesia.

Didukung oleh: 

logo taf

menjaga kerukunan dan memperkuat toleransi kota tn

Menjaga Kerukunan Dan Memperkuat Toleransi Kota

Ada sejumlah kunci atau cara-cara yang bisa diterapkan dalam menjaga toleransi di Indonesia dan kota khususnya, baik dalam hal perbaikan kebijakan, tata kelola toleransi.

belajar toleransi di kota kota indonesia tn

Belajar Toleransi di Kota-Kota Indonesia

Indonesia memiliki banyak kota yang bisa menjadi percontohan kehidupan bertoleransi yang baik.

potret keberagaman dan toleransi di indonesia tn

Potret Keberagaman dan Toleransi di Indonesia

Toleransi menjadi modal penting dalam mewujudkan pertumbuhan pembangunan dalam negeri.

 21APEKSInergi

25 MEI 2000 - 25 MEI 2021

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kami bekerja di rumah/work from home dalam rangka penerapan PPKM Jawa - Bali dan kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | We are work from home due the implementation of Java - Bali large-scale social restrictions and we can be contacted by email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

#StayHome #StaySafe 


 
personil apeksi juli 2021
 

 
apeksipeta

Flag Counter




profil 2021

Buku Profil APEKSI dapat diunduh/download melalui APEKSI Digital Library.

Kegiatan | Events

Indo Smart City - 13-15 Oktober 2021

indosmartcity2021

Smart City Expo World Congress - 16-18 November 2021 

SCEWC21

tomorrowcity

ABOUT TOMORROW.CITY

A PLATFORM TO ACCELERATE SUSTAINABLE AND INCLUSIVE CITIES

Tomorrow.City is a digital content platform that combines knowledge, business and awareness to accelerate sustainable and inclusive cities for all.

A global hub to help advance the smart city industry by connecting cities with companies, driving talent development and building momentum for sustainable and inclusive urban projects all around the world.

Mitra | Partners

kppodbnnbpomposindonesiagizicleiicmaueuclg-ascpagcomiucunescounisdrworldbankicldu pertaminaiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxtafpusad paramadinaliputan6katadataiap2idcartenz groupcaasystemiqkinaryahukumonlinedotcomjustikagmt garindo

blue shapes

 

© 2000-2021 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities