Perubahan Iklim | Climate Change
Saturday September 25, 2021

Knowledge Management Forum 2020 kedua dilaksanakan APEKSI sendiri dengan tema, “Menuju Pemerintah Kota yang Berketahanan Iklim dan Rendah Karbon” pada tanggal 23 - 26 November 2020. Rangkaian kegiatan KMF kedua ini terdiri dari sesi sharing kota menampilkan kota-kota anggota Pokja Perubahan Iklim APEKSI serta kota dampingan mitra, sejumlah lembaga seperti ADUPI (Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia), Rumah Energi, SMASH.id (lembaga yang bekerja pada pengelolaan sampah), Kemitraan dan ICCTF (Indonesia Climate Change Trust Fund).

kmf2020 november2020

Serta dialog dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian PPN/Bappenas dan Kementerian Dalam Negeri. Salah satu agenda penting KMF ini adalah pergantian pengurus Pokja Perubahan Iklim APEKSI, yaitu terpilih Pengurus Pokja Perubahan Iklim APEKSI periode 2020 - 2022.

Pengurus Pokja Perubahan Iklim APEKSI periode 2020 - 2022

  • Ketua : Drs. Adil Budiman, M.Si. - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi
  • Wakil Ketua : Ahmat Wahyudi, ST. - Kasie Penegakan Hukum, Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung
  • Sekretaris : Muhamad Nazaruddin Fikri, S.Sos., M.Si., MRP. - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram

kmf2020web

APEKSI kembali menyelenggarakan Knowledge management Forum (KMF) 2020 dengan tema Menuju Pemerintah Kota yang Berketahanan Iklim dan Rendah Karbon secara daring pada Senin - Kamis, 23 - 26 November 2020 diikuti oleh anggota Pokja Perubahan Iklim APEKSI serta pemerintah kota yang belum menjadi anggota Pokja, namun terlibat dalam proyek-proyek perubahan iklim dampingan mitra APEKSI, seperti ICLEI, IUC dan UCLG ASPAC untuk proyek CRIC.

Setiap pemerintah kota akan menyampaikan program/aksi mitigasi atau adaptasi perubahan iklim yang telah dilakukan. KMF juga akan menghadirkan narasumber dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Dalam Negeri, Bappenas, kelompok sipil masyarakat, swasta dan media.

Pemerintah Kota Anggota Kelompok Kerja Perubahan Iklim APEKSI yang diundang untuk berpartisipasi secara aktif di dalam Knowledge Management Forum (KMF) Tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual ini, adalah: Balikpapan, Cirebon, Pekalongan, Sukabumi, Palembang, Bandar Lampung, Bekasi, Probolinggo, Semarang, Bogor, Madiun, Salatiga, Tarakan, Cimahi, Surabaya, Makassar, Denpasar, Blitar, Banjarmasin, Mataram.

Di samping Kota Anggota Pokja Perubahan Iklim APEKSI, beberapa kota dampingan mitra juga diundang untuk dapat memberikan sharing pengalaman dan pengetahuan terkait dengan aksi-aksi adaptasi dan mitigasi yang telah dilakukan di kotanya masing-masing. Kota-kota dampingan mitra tersebut, antara lain: Tangerang Selatan, Tangerang, Depok, Malang, Bontang dan Tanjungpinang.

Rekaman Penyampaian Rekomendasi dan Update Pemerintah melalui Youtube di link https://go.apeksi.id/kmf2020rekom

Materi KMF 2020: APEKSI Digital Library atau https://go.apeksi.id/kmf2020materi

peer2peer airquality

Pandemi COVID-19 telah berdampak sangat signifikan terhadap kegiatan ekonomi di seluruh dunia karena protokol karantina yang diberlakukan untuk mengendalikan penyebaran virus. Hanya beberapa sektor tertentu yang tetap berjalan karena fungsinya yang sangat vital termasuk transportasi publik, industri vital maupun kegiatan lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut juga menunjukkan pengurangan emisi yang dihasilkan sehingga mampu memperbaiki kualitas udara di perkotaan.

Oleh karena itu APEKSI bekerja sama dengan 3M dan Clean Air Asia menyelenggarakan Peer to Peer Learning Session on Air Quality During and Beyond the COVID-19 Pandemic. Forum ini penting untuk berbagi pengalaman baik kota-kota di Asia dalam mengatasi pencemaran udara saat mereka menerapkan program dan langkah-langkah kebijakan untuk mengurangi emisi dan memperkuat kapasitas manajemen kualitas udara mereka. Forum pembelajaran ini juga akan memfasilitasi diskusi untuk menyusun strategi bagaimana menjaga keberlangsungan kualitas udara yang lebih baik khususnya selama pandemi COVID-19 dan membangun 'kondisi normal yang lebih baik” dengan pembangunan berkelanjutan sebagai intinya.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, peer to peer learning session yang akan diselenggarakan pada:

  • Hari/tanggal: Selasa, 11 Agustus 2020
  • Waktu: 14.00 – 17.00 WIB
  • Tempat: Zoom Cloud Meeting
  • Materi: go.apeksi.id/airquality

 Narasumber:

  • Wakil Walikota Jambi
  • Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Pemerintah kota Balikpapan
  • Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Pemerintah kota Bogor
  • Kepada Divisi Pelayanan Publik Kota Manila, Filipina
  • Institut Teknologi India, Kota New Dehli, India

 

kmfwebminar3

APEKSI bersama ICLEI Indonesia, Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia menyelenggarakan Knowledge Management Forum Webinar #3 yang merupakan seri akhir dari 2 webinar sebelumnya dengan tema Urgensi dan Sinergi Peran Daerah dalam Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim, subtema Potensi Daerah dalam Inventarisasi GRK dan Pelaporan Aksi Iklim di Daerah pada tanggal 13 Mei 2020.

Acara dipandu oleh ICLEI Indonesia dengan narasumber antara lain: Bappenas, KLHK, ICLEI Indonesia, Pemerintah Kota Bogor, Bontang dan Jambi. 

Materi webminar dapat diunduh/download di APEKSI Digital Lbrary.

kmf webinar 2

APEKSI bersama WWF Indonesia, ICLEI Indonesia, Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia  menyelenggarakan Knowledge Management Forum Webinar #2 yang merupakan lanjutan atau serial dengan tema Urgensi dan Sinergi Peran Daerah dalam Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim, subtema Potensi Daerah dalam Memgoptimalkan Pengembangan Energi Terbarukan dan Konservasi Energi pada tanggal 6 Mei 2020.

Acara dipandu oleh WWF Indonesia dengan narasumber antara lain: Pemerintah Provinsi Bali, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Bappeda Pemerintah Kota Mataram. 

Materi webminar dapat diunduh/download di APEKSI Digital Library.

 

kmf webinar 1

APEKSI bersama WWF Indonesia, ICLEI Indonesia, Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia  menyelenggarakan Knowledge Management Forum Webminar bertemakan Urgensi dan Sinergi Peran Daerah dalam Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim pada tanggal 29 April 2020.

Acara dipandu oleh Country Manager ICLEI Indonesia dengan narasumber antara lain: Walikota Balikpapan, Bappeda Pemerintah Kota Banda Aceh dan Bappeda Pemerintah Kota Tual. 

Materi webminar dapat diunduh/download di APEKSI Digital Library.

TANGERANG. Knowledge Management Forum (KMF) 2019 diselenggarakan tanggal 16-17 September 2019 di Kota Tangerang atas kolaborasi APEKSI dengan IUC, Sekretariat IUC Asia Tenggara, UCLG ASPAC dan Pemerintah Kota Tanggerang yang difasilitasi oleh Joint Research Centre (JRC) Uni Eropa serta mitra GCoM (ICLEI Indonesia, UCLG ASPAC, IUC Asia).

KMF adalah wadah tahunan bagi kota-kota di seluruh Indonesia untuk berbagi pengetahuan dan belajar serta berdialog dengan lembaga-lembaga yang befokus pada tema tertentu. Tema yang diangkat adalah Tindakan Mitigasi dan Adaptasi Menuju Pengembangan Ketahanan Iklim untuk Kota Berkelanjutan dan diharapkan dapat memfasilitasi pemerintah kota yang berpartisipasi untuk belajar dari pengalaman kota-kota lainnya dan meniru praktik terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

 

JAKARTA. ICLEI Indonesia yang didukung oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK dan APEKSI menyelenggarakan Pelatihan Sistem Inventarisasi Gas Rumah Kaca - Sederhana, Mudah, Akurat, Ringkas dan Transparan (SIGN SMART) Bagi Pemerintah Kota/Kabupaten dalam Mendukung Peningkatan Aksi Iklim Daerah di Indonesia tanggal 10-13 April 2019 di Jakarta.

Pelatihan ini merupakan bagian dari akselerasi aksi iklim melalui promosi proyek Accelerating Climate Action Through The Promotion of Urban Low Emission Eevelopment Strategies (Urban-LEDS II) yang didanai oleh European Commission dan diimplementasikan bersama oleh ICLEI dan UN-Habitat. Dengan menggunakan pendekatan multilevel governance, proyek ini mendukung pemerintah daerah di kota-kota terpilih untuk menciptakan strategi pembangunan rendah emisi yang terintegrasi dengan strategi adaptasi perubahan iklim. Hal ini akan mendukung Nationally Determined Contribution (NDCs) dan Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim (RAN API) yang berlangsung dari April 2017 hingga Maret 2021.

Rangkaian kegiatan pelatihan ini akan dilanjutkan dengan kegiatan Mobile Workshop untuk mengunjungi dua lokasi best practices pembangunan rendah emisi dan adaptif terhadap dampak perubahan iklim di perkotaan. Pertama, berkeliling Jakarta dengan menggunakan transportasi publik Mass Rapid Transit (MRT) dan Bus Rapid Transit (BRT). Kedua, berkunjung ke kampung kota inspiratif di Sunter Jaya Jakarta Utara.

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan informasi terkini terkait dengan kebijakan-kebijakan perubahan iklim pada tingkat daerah, nasional dan Internasional kepada pemerintah daerah dan lembaga akademik;
  2. Meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dan lembaga akademik tentang cara menghitung emisi GRK menggunakan SIGN SMART;
  3. Membantu untuk memfasilitasi kepatuhan pemerintah daerah terhadap Peraturan Presiden No. 71 tahun 2011 dalam menyusun inventarisasi GRK daerah sebagaimana diatur oleh Kementerian terkait;
  4. Memfasilitasi pelaporan pada SIGN SMART oleh pemerintah daerah;
  5. Membangun pembelajaran bersama dan pengalaman antar kota dalam mendorong pembangunan rendah emisi dan adaptif terhadap dampak perubahan iklim.

Peserta pelatihan, antara lain dari Kota: Balikpapan, Bogor, Bontang, Tangerang, Tangerang Selatan, Tarakan, Tanjung Pinang, Jambi dan Yogyakarta serta dari Provinsi, Kabupaten dan akademisi.

KLHK - Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan - Direktorat Pengendalian Pencemaran Udara. Sehubungan telah dilaksanakannya Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) secara mandiri oleh 21 kota pada tahun 2018, bersama ini disampaikan hasil evaluasi kota-kota tersebut setelah dibahas bersama-sama dengan pakar transportasi darat dan lingkungan ITB. 

Surat dari Direktur Pengendalaian Pencemaran Udara KLHK terkait informasi ini dapat diunduh/download di Library.

Akhir kegiatan KMF 2018 adalah Kunjungan Lapangan di 3 lokasi. 

Lokasi pertama: Jalan lingkungan adaptif terhadap dampak perubahan iklim, Kel. Sindangrasa (ACCCRN initiative);

Lokasi kedua: Pengelolaan gas metana di toilet umum, Kel. Sindangrasa;

Lokasi ketiga: Bank sampah dan pertanian perkotaan, Kel. Ranggamekar. 

Materi KMF 2018 dapat diunduh/download di APEKSI Library

kota toleran

APEKSI DIGITAL LIBRARY


apeksiwebinar





BUKU DELAPAN LANGKAH TRANSFER INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Buku Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik dapat diunduh/download di Library.


MENGAWAL TOLERANSI KOTA SELURUH INDONESIA

Indonesia memiliki keanekaragaman masyarakat dengan berbagai latar budaya serta agama. Toleransi menjadi faktor penting guna menjaga kehidupan masyarakat tetap harmonis.

Tentang Tata Kelola Kota Toleran

Toleransi dan kebersamaan di kota kita harus terjaga. Kerukunan dan segala kemajuan kota dapat hancur seketika, jika kita tidak ada konsistensi dan keseriusan mengawalnya. Inilah tugas besar generasi masa kini: mewariskan toleransi dan saling menghormati dalam keharmonisan kehidupan seluruh kota di Indonesia.

Didukung oleh: 

logo taf

menjaga kerukunan dan memperkuat toleransi kota tn

Menjaga Kerukunan Dan Memperkuat Toleransi Kota

Ada sejumlah kunci atau cara-cara yang bisa diterapkan dalam menjaga toleransi di Indonesia dan kota khususnya, baik dalam hal perbaikan kebijakan, tata kelola toleransi.

belajar toleransi di kota kota indonesia tn

Belajar Toleransi di Kota-Kota Indonesia

Indonesia memiliki banyak kota yang bisa menjadi percontohan kehidupan bertoleransi yang baik.

potret keberagaman dan toleransi di indonesia tn

Potret Keberagaman dan Toleransi di Indonesia

Toleransi menjadi modal penting dalam mewujudkan pertumbuhan pembangunan dalam negeri.

 21APEKSInergi

25 MEI 2000 - 25 MEI 2021

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kami bekerja di rumah/work from home dalam rangka penerapan PPKM Jawa - Bali dan kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | We are work from home due the implementation of Java - Bali large-scale social restrictions and we can be contacted by email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

#StayHome #StaySafe 


 
personil apeksi juli 2021
 

 
apeksipeta

Flag Counter




profil 2021

Buku Profil APEKSI dapat diunduh/download melalui APEKSI Digital Library.

Kegiatan | Events

Indo Smart City - 13-15 Oktober 2021

indosmartcity2021

Smart City Expo World Congress - 16-18 November 2021 

SCEWC21

tomorrowcity

ABOUT TOMORROW.CITY

A PLATFORM TO ACCELERATE SUSTAINABLE AND INCLUSIVE CITIES

Tomorrow.City is a digital content platform that combines knowledge, business and awareness to accelerate sustainable and inclusive cities for all.

A global hub to help advance the smart city industry by connecting cities with companies, driving talent development and building momentum for sustainable and inclusive urban projects all around the world.

Mitra | Partners

kppodbnnbpomposindonesiagizicleiicmaueuclg-ascpagcomiucunescounisdrworldbankicldu pertaminaiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxtafpusad paramadinaliputan6katadataiap2idcartenz groupcaasystemiqkinaryahukumonlinedotcomjustikagmt garindo

blue shapes

 

© 2000-2021 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities