Pengelolaan Persampahan
Tuesday January 18, 2022

outlook kolaborasi mandiri fyron

blud 0

Dalam rangka Implementasi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah khususnya penerapan BLUD pada pengelolaan sampah di Pemerintah Daerah, Kementerian Dalam Negeri Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah bekerjasama dengan Apkasi, Apeksi, Systemiq, Inswa, LPP UI dan didukung Kedutaan Norwegia untuk Indonesia melakukan launching sekaligus Sosialisasi Pedoman Penyusunan Dokumen Administratif Penerapan Badan Layanan Uumum Daerah (BLUD) Pengelolaan Sampah yang dilakukan secara hybrid dari Hotel Borobudur Jakarta dan Live Zoom, Jumat, (17/20/2021).

kajian kebijakan persampahan

SYSTEMIQ - APEKSI - APKASI menyelenggarakan Launching "Laporan Kajian Pengelolaan Sampah" pada 30 November 2021 secara daring.

Acara launching ini didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dan Kedutaan Besar Norway Untuk Indonesia Jakarta.

Launching didampingi kegiatan paralel panel diskusi yang terbagi menjadi 3 (tiga) topik, antara lain: Tata Kelola Persampahan - BLUD; Pendanaan Persampahan - Retribusi Sampah; dan Pendanaan Persampahan – Pendanaan Pelengkap dari Pihak Swasta.

Materi kegiatan dapat diakses melalui link https://go.apeksi.id/kajiankebijakanpersampahan.

sosialisasipermendagfri72021

APEKSI bersama APKASi dan SYSTEMIQ menyelenggarakan webinar: Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2021: Pengenaan restribusi Persampajan Kabupaten dan Kota untuk Mendukung Tata Kelola Pendanaan Pengelolaan Persampahan Kabupaten dan Kota pada:

Bersama Ketua Dewan Pengurus APEKSI dan Ketua Umum APKASI serta para pembicara:

  • Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan
  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
  • Kementerian Dalam Negeri
  • Bupati Sleman
  • Walikota Batam
  • InSWA
  • SYSTEMIQ

 

Seminar Nasional Sosialisasi Kajian Kebijakan

APEKSI bersama Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, APKASI dan SYSTEMIQ menyelenggarakan Seminar Nasional Sosialisasi Kajian Kebijakan - Mencapai 80% Tingkat Pengumpulan Sampah di Indonesia dengan Tata Kelola yang Stabil dan Kuat serta Pendanaan yang Memadai dan Stabil pada:

  • Hari/tanggal: Selasa, 22 Juni 2021
  • Waktu: 08.15 - 12:40 WIB
  • Platform: Zoom Meeting
  • Registrasi: https://go.apeksi.id/kajianpersampahan atau Zoom Meeting ID: 880 3479 1518 dan Passcode: Systemiq22

Bersama:

  • Keynote: Duta Besar Norwegian Untuk Indonesia, Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Ketua Umum APKASI, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves
  • Tim Kajian Systemiq
  • Penanggap: Kemendagri, KemenLHK, KemenPPN/Bappenas, KemenPUPR, BLUD Intan Hijau, DLH Kabupaten Malang, Ketua Umum InSWA dan Pengamat/Konsultan BUMD dan BLUD

 

bsf maggot

Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah pusat terkait pengelolaan sampah organik dalam upaya peningkatan potensi ekonomi serta upaya untuk mensejahterakan rakyat terkait dengan pengelolaan, pengurangan dan penanganan sampah, dirasa perlu untuk meningkatkan peluang kerjasama pendanaan dan kelembagaan di tingkat Kabupaten dan Kota Di Indonesia.
.
APEKSI dan APKASI bersama SYSTEMIQ menyelenggarakan Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah pusat terkait pengelolaan sampah organik dalam upaya peningkatan potensi ekonomi serta upaya untuk mensejahterakan rakyat terkait dengan pengelolaan, pengurangan dan penanganan sampah, dirasa perlu untuk meningkatkan peluang kerjasama pendanaan dan kelembagaan di tingkat Kabupaten dan Kota Di Indonesia.
.
APEKSI & APKASI bersama SYSTEMIQ menyelenggarakan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Organik melalui Black Soldier Flies (BSF)/Maggot: Peluang Kerjasama Pendanaan dan Kelembagaan untuk Kabupaten dan Kota di Indonesia.

Kegiatan diselenggarakan pada:

Hari/tanggal: Selasa, 9 Maret 2021
Waktu: 13.00 - 16.00 WIB
Materi: https://go.apeksi.id/materibsf
Youtube: https://link.apeksi.id/sosialisasibsf

Keynote Speaker: Dr. Ir. Novrizal Tahar, IPM (Direktur Pengelolaan Sampah, Ditjen PSLB3 – KLHK)

Pemateri:

  1. drh. Makmun, M.Sc. (Direktur Pakan, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian)
  2. Muhammad Hatta S., STP., MM. (Direktur Pupuk dan Pestisida, Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian)
  3. Dr. Bima Arya Sugiarto (Walikota Bogor / Ketua Dewan Pengurus APEKSI)
  4. Markus Susanto, SE., MH., ICC. (Direktur Utama, PT. Maggot Indonesia Lestari)
  5. Novel Abdul Gofur, MDM. (Waste Management Policy Expert - SYSTEMIQ)

Moderator: Budi Chairuddin (Professional Facilitator)

Pengumpulan sampah dari Rumah Tangga (RT) sampai ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) di Indonesia hanya 39 % (sampai di TPA), dan tingkat prosentase kegiatan 3 R (Reduce, Reuse dan Recycle) di Indonesia tidak sampai 15 %. Hal ini telah menjadi perhatian semua bahwa Pemerintah Kabupaten / Kota di Indonesia kewalahan dalam penyelenggaraan pelayanan publik di bidang persampahan. Perlu upaya nyata untuk hal ini, peraturan kelembagaan serta bantuan keuangan langsung yang mendukung untuk kelembagaan tersebut, serta dibantunya lembaga community based of waste management yang sudah banyak di Indonesia menjadi salah duanya.

Kebutuhan pelayanan publik untuk persampahan menurut Undang-Undang / UU yang berlaku (UU Pemerintahan Daerah, UU Desa dan UU Persampahan, serta turunan Peraturan Pemerintahan (PP) nya) mensyaratkan dua (2) pengelolaannya (secara legalitas dan prakteknya), yaitu: pada level Kabupaten dan Kota (saya sebut dengan Institutionalized Based of Waste Management/IBWM) serta pada Desa (Kelurahan - hanya secara prakteknya), saya sebut dengan Community Based of Waste Management/CBWM.

Dokumen lengkap dapat diunduh/download di APEKSI Digital Library.


Novel Abdul Gofur
Waste Management Policy Expert, SYSTEMIQ

APEKSI DIGITAL LIBRARY


apeksiwebinar


best practice




BUKU DELAPAN LANGKAH TRANSFER INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Buku Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik dapat diunduh/download di Library.


MENGAWAL TOLERANSI KOTA SELURUH INDONESIA

Indonesia memiliki keanekaragaman masyarakat dengan berbagai latar budaya serta agama. Toleransi menjadi faktor penting guna menjaga kehidupan masyarakat tetap harmonis.

Tentang Tata Kelola Kota Toleran

Toleransi dan kebersamaan di kota kita harus terjaga. Kerukunan dan segala kemajuan kota dapat hancur seketika, jika kita tidak ada konsistensi dan keseriusan mengawalnya. Inilah tugas besar generasi masa kini: mewariskan toleransi dan saling menghormati dalam keharmonisan kehidupan seluruh kota di Indonesia.

Didukung oleh: 

logo taf

menjaga kerukunan dan memperkuat toleransi kota tn

Menjaga Kerukunan Dan Memperkuat Toleransi Kota

Ada sejumlah kunci atau cara-cara yang bisa diterapkan dalam menjaga toleransi di Indonesia dan kota khususnya, baik dalam hal perbaikan kebijakan, tata kelola toleransi.

belajar toleransi di kota kota indonesia tn

Belajar Toleransi di Kota-Kota Indonesia

Indonesia memiliki banyak kota yang bisa menjadi percontohan kehidupan bertoleransi yang baik.

potret keberagaman dan toleransi di indonesia tn

Potret Keberagaman dan Toleransi di Indonesia

Toleransi menjadi modal penting dalam mewujudkan pertumbuhan pembangunan dalam negeri.

 21APEKSInergi

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat | Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
 
personil apeksi juli 2021
 

 
apeksipeta

Flag Counter




profil 2021

Buku Profil APEKSI dapat diunduh/download melalui APEKSI Digital Library.

apeksikegiatan


kalender outlook

 

Mitra | Partners

kppodbnnbpomposindonesiagizicleiicmaueuclg-ascpagcomiucunescounisdrworldbankicldu pertaminaiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxtafpusad paramadinaliputan6katadataiap2idcartenz groupcaasystemiqkinaryahukumonlinedotcomjustikagmt garindonapindokreenid

blue shapes

 

© 2000-2021 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities