HUT 21 APEKSI
Monday December 06, 2021

outlook kolaborasi mandiri fyron

syukuran hut 21

“98 wali kota yang tergabung dalam APEKSI memiliki peranan besar dalam mengatasi penanganan COVID-19 di Tanah Air dan juga memulihkan perekonomian nasional,” kata Jokowi saat memberikan ucapan selamat HUT ke-21 APEKSI secara virtual, Selasa (25/5) malam.

Untuk itu, Jokowi menekankan sinergi APEKSI dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat sangatlah penting dalam menekan penyebaran COVID-19.
Dalam kesempatan itu, kepala negara juga meminta kepada 98 wali kota yang tergabung di APEKSI mengoptimalkan dana APBD untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Dana APBD harus dioptimalkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemiskinan di daerah,” tegasnya.

Memasuki usia yang ke-21, APEKSI diminta Jokowi mampu melakukan lompatan-lompatan kemajuan dan membuat terobosan-terobosan dalam pelayanan publik, sehingga memiliki birokrasi dengan cara-cara kerja bersama yang efektif agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sementara itu secara virtual, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut, selama dua dekade terakhir APEKSI telah berhasil meningkatkan pelayanan kepada para anggotanya agar lebih profesional sebagai pelayan masyarakat di wilayah masing-masing.

Menurut Airlangga, APEKSI juga telah mampu memperluas dan meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak dengan kemajuan pemerintah daerah yang mampu meningkatkan perekonomian lokal dan menyejahterakan masyarakat.

Sejumlah pejabat hingga stakeholder tak ketinggalan memberikan ucapan dan doanya, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Jaksa Agung, Ketua DPD RI Puan Maharani, Acting Executive Director KPPOD dan sejumlah wali kota di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus APEKSI yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya mengungkapkan di hari jadi ke-21, APEKSI mengusung semangat sinergi dengan berbagai pihak.

"Kita fokus membangun kolaborasi dan sinergi, baik antar pemerintah kota, pusat maupun dengan mitra lain. Termasuk dengan APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia. Saya hari ini berbesar hati karena Ketua APKASI (Bupati Dharmasraya) berkenan untuk hadir juga bersama-sama kita. Jadi, kita akan membangun kolaborasi dengan semua," ungkap Bima Arya.

Pada kesempatan tersebut, APEKSI meluncurkan program Datakota untuk membantu dalam mengambil keputusan atau kebijakan melalui data dan informasi yang berkualitas.
"Kita malam ini luncurkan Datakota. Jadi data ini yang sangat diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Ada data investasi, data potensi daerah, UMKM dan lain-lain," ujarnya.

"Ini kita akan bangun dan targetnya data ini akan bisa digunakan tidak saja untuk peluang investasi tapi juga untuk perencanaan pembangunan dan lain sebagainya. Sehingga targetnya bisa menyumbang pada peningkatan PAD. Karena APEKSI ini merepresentasikan 70 juta penduduk di Indonesia dan 200 triliun APBD," jelas Bima.

Bima menargetkan, Datakota ini akan rampung dalam tiga tahun. "Secara bertahap Datakota ini akan kita bangun, sehingga pada nantinya betul-betul menjadi referensi kebijakan. APEKSI ini kita harap tidak hanya menjadi target sosialisasi dan juga tidak hanya menjadi sarana untuk berbagi pengalaman saja tetapi juga menjadi referensi kebijakan dari pemerintah pusat," pungkasnya.

Pada momen ini juga turut dihadirkan peluang sinergi dan kerja sama dengan Bakrie Autoparts, OVO, Shopee, Bank BJB, Bank Mandiri, POS Indonesia, DANA, Telkom dan Bank Syariah Indonesia.

Syukuran21apeksi

APEKSI menyelenggarakan Syukuran Ulang Tahun APEKSI ke-21 pada:

  • Hari/tanggal: Selasa, 25 Mei 2021
  • Waktu: 19:00 - 21:00 WIB
  • Platform: Zoom Meeting, Live Stream Youtube Katadata Indonesia dan APEKSI Official serta Instagram Live @APEKSIid

Agenda Syukuran:

  • Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Lagu Mars APEKSI
  • Pemutaran Video Perjalanan APEKSI Menuju 21 Tahun APEKSI 
  • Kata Sambutan Ketua Umum APEKSI
  • Prosesi Peringatan Hari Jadi APEKSI & Pemutaran video ucapan dari berbagai Tokoh 
  • Launching Dashboard DATAKOTA
  • Harapan dari Mitra Kerjasama APEKSI
  • Pesan dan Harapan untuk Kolaborasi APEKSI dan Kementerian
  • Pemutaran Video Mayor in Action

Rekaman dapat diakses melalui Youtube APEKSI Official.

webinar apeksinergi

Pemulihan ekonomi di masa pandemi bisa dilakukan dengan membangun sinergitas berbagai pihak sebagai bagian dari Pentahelix Collaboration. Pentahelix dengan lima pilar utama: pemerintah, akademisi, pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media harus bersatu padu berkoordinasi serta berkolaborasi untuk membantu pemulihan ekonomi.

Pada hari jadi @APEKSIid ke-21, dengan tema utama #APEKSInergi, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia menggelar webinar dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten.

Simak diskusi lengkapnya dalam webinar "Pentahelix dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Kota di Indonesia", pada:

Hari/tanggal: Selasa, 25 Mei 2021
Waktu: 13:00 - 14:30 WIB
Platform: Zoom Meeting, Live Stream Youtube Katadata Indonesia dan APEKSI Official serta Instagram Live @APEKSIid

Rekaman dapat diakses melalui Youtube APEKSI Official.

kota toleran

APEKSI DIGITAL LIBRARY


apeksiwebinar





BUKU DELAPAN LANGKAH TRANSFER INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Buku Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik dapat diunduh/download di Library.


MENGAWAL TOLERANSI KOTA SELURUH INDONESIA

Indonesia memiliki keanekaragaman masyarakat dengan berbagai latar budaya serta agama. Toleransi menjadi faktor penting guna menjaga kehidupan masyarakat tetap harmonis.

Tentang Tata Kelola Kota Toleran

Toleransi dan kebersamaan di kota kita harus terjaga. Kerukunan dan segala kemajuan kota dapat hancur seketika, jika kita tidak ada konsistensi dan keseriusan mengawalnya. Inilah tugas besar generasi masa kini: mewariskan toleransi dan saling menghormati dalam keharmonisan kehidupan seluruh kota di Indonesia.

Didukung oleh: 

logo taf

menjaga kerukunan dan memperkuat toleransi kota tn

Menjaga Kerukunan Dan Memperkuat Toleransi Kota

Ada sejumlah kunci atau cara-cara yang bisa diterapkan dalam menjaga toleransi di Indonesia dan kota khususnya, baik dalam hal perbaikan kebijakan, tata kelola toleransi.

belajar toleransi di kota kota indonesia tn

Belajar Toleransi di Kota-Kota Indonesia

Indonesia memiliki banyak kota yang bisa menjadi percontohan kehidupan bertoleransi yang baik.

potret keberagaman dan toleransi di indonesia tn

Potret Keberagaman dan Toleransi di Indonesia

Toleransi menjadi modal penting dalam mewujudkan pertumbuhan pembangunan dalam negeri.

 21APEKSInergi

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kami bekerja di rumah/work from home dalam rangka penerapan PPKM Jawa - Bali dan kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | We are work from home due the implementation of Java - Bali large-scale social restrictions and we can be contacted by email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

#StayHome #StaySafe 


 
personil apeksi juli 2021
 

 
apeksipeta

Flag Counter




profil 2021

Buku Profil APEKSI dapat diunduh/download melalui APEKSI Digital Library.

apeksikegiatan


kalender outlook

 

Mitra | Partners

kppodbnnbpomposindonesiagizicleiicmaueuclg-ascpagcomiucunescounisdrworldbankicldu pertaminaiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxtafpusad paramadinaliputan6katadataiap2idcartenz groupcaasystemiqkinaryahukumonlinedotcomjustikagmt garindonapindokreenid

blue shapes

 

© 2000-2021 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities