Mengawal Toleransi Kota Seluruh Indonesia
Sunday October 24, 2021

tata kelola kota toleran

Indonesia memiliki banyak kota yang bisa menjadi percontohan kehidupan bertoleransi yang baik.

belajar toleransi di kota kota indonesia

Toleransi menjadi salah satu indikator penting untuk mengukur kemajuan dan perkembangan kehidupan sosial budaya di sebuah negara. Sikap toleransi dan kerukunan masyarakat dinilai diperlukan dalam mendukung proses pembangunan.

Indeks Kota Toleran (IKT) 2020 yang dipublikasikan Setara Institute mengukur indeks toleransi di 94 kota di Indonesia. Dari hasil laporan diketahui, ada beberapa kota di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai contoh kehidupan bertoleransi.

Terdapat sejumlah variabel dalam pengukuran toleransi kota, seperti kebijakan pemerintah kota, tindakan aparatur pemerintah kota, perilaku antar entitas di kota –warga dengan warga, pemerintah dengan warga, serta hubungan dalam keberagaman demografi warga perkotaan.

Laporan IKT 2020 mengadopsi kerangka Brian J. Grim dan Roger Finke yang mengukur tingkat kebebasan beragama atau derajat toleransi sebuah negara yang juga diadopsi oleh Bappenas dan banyak lembaga studi lain.

Berdasarkan kerangka tersebut, maka terdapat empat pilar dan delapan tolak ukur untuk mengentahui sejauh mana toleransi dipraktikkan, yaitu :

1. Regulasi Pemerintah Kota

Indikator Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota menguji sejauh mana prinsip inklusivitas diterapkan, misalnya visi toleransi agama, kesetaraan gender, kebijakan kerukunan, dan keadilan alokasi anggaran.

Selanjutnya, indikator kebijakan diskriminatif yang menilai kebijakan pemerintah kota yang secara nyata maupun berpotensi diskriminatif terhadap kelompok agama tertentu.

2. Tindakan Pemerintah

Pilar ini mengukur pernyataan pejabat kunci tentang peristiwa intoleransi dengan menilai pernyataan resmi pejabat kunci pemerintah kota baik positif maupun negatif.

Tolak ukur selanjutnya adalah tindakan nyata terkait peristiwa intoleransi yang menilai tindakan nyata Pemerintah Kota baik positif dan negatif yang terjadi di kota tersebut.

3. Regulasi sosial

Pilar ini menilai ada atau tidaknya peristiwa intoleran dan pelanggaran Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (KBB) yang terjadi pada rentang waktu penilaian di kota tersebut.

Selanjutnya, pengukuran dinamika masyarakat sipil terkait peristiwa intoleransi dan bagaimana masyarakat sipil terlibat dalam praktik dan pemajuan toleransi.

4. Demografi sosial-agama

Tolak ukur pertama untuk pilar ini adalah keberagaman agama dan keyakinan yang dipeluk oleh masyarakat sekitar. Tak hanya itu, tolak ukur ini juga menilai bagaimana kehidupan saling menghargai antar agama.
Terakhir, tolak ukur keterbukaan sosial keagamaan yang menilai bagaimana warga kota mengekspresikan sikap terhadap kelompok minoritas baik terkait masalah keagamaan maupun non keagamaan.

Dengan indikator dan pilar-pilar tersebut, setiap kota dapat saling belajar dan menjalankan tata kelola menuju kota yang toleran.

kota toleran

APEKSI DIGITAL LIBRARY


apeksiwebinar





BUKU DELAPAN LANGKAH TRANSFER INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Buku Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik dapat diunduh/download di Library.


MENGAWAL TOLERANSI KOTA SELURUH INDONESIA

Indonesia memiliki keanekaragaman masyarakat dengan berbagai latar budaya serta agama. Toleransi menjadi faktor penting guna menjaga kehidupan masyarakat tetap harmonis.

Tentang Tata Kelola Kota Toleran

Toleransi dan kebersamaan di kota kita harus terjaga. Kerukunan dan segala kemajuan kota dapat hancur seketika, jika kita tidak ada konsistensi dan keseriusan mengawalnya. Inilah tugas besar generasi masa kini: mewariskan toleransi dan saling menghormati dalam keharmonisan kehidupan seluruh kota di Indonesia.

Didukung oleh: 

logo taf

menjaga kerukunan dan memperkuat toleransi kota tn

Menjaga Kerukunan Dan Memperkuat Toleransi Kota

Ada sejumlah kunci atau cara-cara yang bisa diterapkan dalam menjaga toleransi di Indonesia dan kota khususnya, baik dalam hal perbaikan kebijakan, tata kelola toleransi.

belajar toleransi di kota kota indonesia tn

Belajar Toleransi di Kota-Kota Indonesia

Indonesia memiliki banyak kota yang bisa menjadi percontohan kehidupan bertoleransi yang baik.

potret keberagaman dan toleransi di indonesia tn

Potret Keberagaman dan Toleransi di Indonesia

Toleransi menjadi modal penting dalam mewujudkan pertumbuhan pembangunan dalam negeri.

 21APEKSInergi

25 MEI 2000 - 25 MEI 2021

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kami bekerja di rumah/work from home dalam rangka penerapan PPKM Jawa - Bali dan kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | We are work from home due the implementation of Java - Bali large-scale social restrictions and we can be contacted by email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

#StayHome #StaySafe 


 
personil apeksi juli 2021
 

 
apeksipeta

Flag Counter




profil 2021

Buku Profil APEKSI dapat diunduh/download melalui APEKSI Digital Library.

apeksikegiatan

Indo Smart City - 13-15 Oktober 2021

indosmartcity2021

 

Smart City Expo World Congress - 16-18 November 2021 

SCEWC21

tomorrowcity

 

 

ABOUT TOMORROW.CITY

A PLATFORM TO ACCELERATE SUSTAINABLE AND INCLUSIVE CITIES

Tomorrow.City is a digital content platform that combines knowledge, business and awareness to accelerate sustainable and inclusive cities for all.

A global hub to help advance the smart city industry by connecting cities with companies, driving talent development and building momentum for sustainable and inclusive urban projects all around the world.

Mitra | Partners

kppodbnnbpomposindonesiagizicleiicmaueuclg-ascpagcomiucunescounisdrworldbankicldu pertaminaiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxtafpusad paramadinaliputan6katadataiap2idcartenz groupcaasystemiqkinaryahukumonlinedotcomjustikagmt garindo

blue shapes

 

© 2000-2021 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities