Rapat Kerja Dewan Pengurus | Board Meeting
Tuesday August 03, 2021

Rapat Dewan Pengurus dilaksanakan setiap tahun, dihadiri oleh Dewan Pengurus dan Komisariat Wilayah (Komwil) I - VI. 

Board Meetings held every year, attended by the Board and the Regional Commissioner I - VI.

rdp 10072021

Setelah rapat virtual bersama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dengan topik Penanganan Pandemi Covid-19, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menggelar Rapat Dewan Pengurus yang membahas Kendala Percepatan Vaksinasi di Daerah, Senin (19/7/2021).

Rapat dipimpin Ketua Dewan Pengurus yang juga Wali Kota Bogor di Balai Kota Bogor secara virtual dan dipandu oleh Sekretaris Dewan Pengurus/Direktur Eksekutif untuk menerima masukan dari anggota. Kemudian hasilnya akan disampaikan Ketua Dewan Pengurus kepada Menteri Keuangan (Menkeu) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Hadir Ketua Dewan Pengawas/Wali Kota Jambi beserta Wakil Wali Kota Jambi, Wakil Ketua Dewan Pengurus/Wali Kota Banda Aceh dan Wali Kota Kediri, Bendahara Dewan Pengurus/Wali Kota Batu dan Ketua Komisariat Wilayah IV/Wali Kota Kupang serta yang mewakili.

Sejumlah kendala dan rekomendasi terkait pelaksanaan vaksinasi disampaikan para anggota, pengurus dan dewan pengawas APEKSI) dalam rapat.

Beberapa persoalan di antaranya vaksinasi bagi para lansia, ketersediaan vaksin berbanding terbalik dengan antusiasme masyarakat yang ingin divaksin, informasi yang beredar, sosialisasi dan edukasi bagi orang tua terkait vaksinasi bagi pelajar, hingga ketersediaan tenaga kesehatan yang bertindak sebagai vaksinator dan lainnya.

Selain persoalan di lapangan yang menjadi kendala dalam vaksinasi, para anggota APEKSI juga menyampaikan data dan capaian target masing-masing daerahnya.

Kolaborasi pemerintah dengan aparat TNI / Polri serta pihak lain yang turut mendukung percepatan capaian target vaksinasi menjadi salah satu kunci yang di jelaskan.

Disamping itu, ada juga pemerintah kota yang menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi yang memiliki institusi kesehatan untuk mengakselerasi percepatan capaian vaksinasi. Koordinasi juga disebutkan menjadi hal yang perlu ditekankan semua peserta rapat.

Merespon masukan dan persoalan yang dihadapi pemerintah kota, Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya mencatat ada empat poin yang menjadi kendala, seperti pencairan insentif bagi tenaga kesehatan (nakes), distribusi vaksin, kepastian ketersediaan vaksin dan pendaftaran warga yang ingin di vaksin.

Untuk itu, Wali Kota Bogor ini akan segera menyampaikan semua masukan dan persoalan kepada pemerintah pusat.

"Saya akan sampaikan semuanya kepada pemerintah pusat. Dan ke depan akan dilaksanakan kembali rakor untuk mengetahui kondisi terbaru dari masing-masing kota," katanya.

rdp 06032021

BOGOR. Sebanyak 13 Wali Kota dari berbagai daerah dijadwalkan menggelar pertemuan di Kota Bogor, Sabtu (6/3/2021). Kedatangan mereka di kota hujan untuk mengikuti serangkaian kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), termasuk di dalamnya akan membahas isu-isu terkini.

Selain tuan rumah Wali Kota Bogor Bima Arya, pertemuan juga ini akan dihadiri Marten Taha (Wali Kota Gorontalo), Aminullah Usman (Wali Kota Banda Aceh), Hendrar Prihadi (Wali Kota Semarang), Abdullah Abu bakar (Wali Kota Kediri), Maulan Aklil (Wali Kota Pangkalpinang), Dewanti Rumpoko (Wali Kota Batu).

Selain itu, ada SN Prana Putra Sohe (Wali Kota Lubuklinggau), Jefirstson R Riwu Kore (Wali Kota Kupang), Khairul (Wali Kota Tarakan) dan Richard Louhenapessy (Wali Kota Ambon). Secara daring akan diikuti oleh Firdaus (Wali Kota Pekanbaru) dan Dedy Yon Supriyono (Wali Kota Tegal).

Bima Arya yang juga Ketua Apeksi menjelaskan, para kepala daerah yang hadir tersebut merupakan Dewan Pengurus dan para Ketua Komisariat Wilayah Apeksi periode 2021-2024 yang belum lama ini dikukuhkan Mendagri Tito Karnavian dalam Musyawarah Nasional VI Apeksi yang digelar di Jakarta, Kamis (11/2/2021) lalu.

“Ini rapat pertama Apeksi dengan jajaran Dewan Pengurus dan Ketua Komisariat Wilayah yang baru. Kami akan membahas berbagai hal, termasuk menyikapi isu-isu terkini,” ungkap Bima Arya.

Selain itu, Bima menambahkan, semangat Apeksi adalah semangat kebersamaan. Sehingga pada pertemuan tersebut akan dilakukan berbagai kegiatan kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Forum Rektor Indonesia (FRI).

“Kita perkuat sinergi melalui kerjasama antar daerah dan berbagai pihak lainnya. Karena memang semangat dari Apeksi ini adalah semangat kebersamaan. Makanya kami akan membuat kesepakatan bersama juga dengan Forum Rektor Indonesia yang berkaitan dengan sinergitas kota dengan kampus,” jelasnya.

Selain agenda rapat, Pengurus menerima audiensi dari para mitra, antara lain:

  • UCLG ASPAC 
  • PT Bije - Mobil PCR
  • KATADATA
  • PT Systemiq Lestari Indonesia
  • Universitas Pertamina

rdp 18122020

JAKARTA. APEKSI menyelenggarakan Rapat Dewan Pengurus pada 18 Desember 2020 di Grand Hyatt. Agenda membahas rapat membahas penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) VI, kegiatan Munas rencana akan dilaksanakan pada 27 Januari 2021 dan sebelumnya diselenggarakan Rapat Pra Munas.  

Kegiatan dihadiri Dewan Pengawas, Walikota Gorontalo dan yang mewakili pengurus lainnya.

rdp 16102020

APEKSI menyelenggarakan Rapat Dewan Pengurus membahas Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja pada 16 Oktober 2020 secara hibrid (Pertemuan langsung dengan melaksanakan protokol kesehatan dan daring).

RUU Cipta Kerja dipahami bertujuan mempercepat, memangkas dan membangun perizinan satu sistem secara nasional serta memangkas upaya korupsi, sehingga ada beberapa kewenangan daerah yang ditarik ke Pemerintah Pusat.

Namun seyogyanya perlu dibangun juga proses evaluasi atas pelaksanaan desentralisasi yang melibatkan berbagai pihak terutama pemerintah daerah, karena pemerintah daerah adalah instansi negara yang paling dekat dengan masyarakat agar pelayanan publik terasa lebih efektif, efisien, cepat dan terjangkau.

Sejumlah kebijakan dalam RUU Cipta Kerja yang perlu di perhatikan dalam urusan kewenangan pemerintahan daerah serta sejumlah RPP dan RPerpres yang diamanatkan dalam RUU, antara lain:

  • Pemanfaatan ruang
  • Persetujuan lingkungan
  • Persetujuan bangunan gedung dan Sertifikasi laik fungsi
  • Perkebunan
  • Sistem budidaya pertanian berkelanjutan
  • Hortikultura
  • Perindustrian
  • Perdagangan, Metrologi legal, Jaminan produk halal, dan Standarisasi
  • Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
  • Transportasi
  • Pendidikan dan Kebudayaan
  • Kawasan ekonomi
  • Kebijakan fiskal
  • Administrasi pemerintahan
  • Peraturan daerah

rdp 28092020

Rapat Dewan Pengurus dilaksanakan pada 28 September 2020 dengan agenda membahas Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja serta rencana pelaksanaan Munas VI.

Rapat memutuskan APEKSI akan mempelajari RUU Cipta Kerja dengan meminta masukan dari para anggota. Munas VI APEKSI akan dilaksanakan pada minggu ketiga Januari 2020 dengan dihadiri oleh para Walikota/Wakil Walikota atau yang mewakili dari setiap kota. Munas VI hanya akan menyelenggarakan sidang Munas dan tidak diikuti kegiatan lainnya seperti Indonesia City Expo, pawai budaya, ladies program dan penanaman pohon

TANGERANG SELATAN. Rapat Dewan Pengurus diselenggarakan pada tanggal 19 Februari 2020 di Hotel Santika Bintaro, Tangerang Selatan.

Agenda rapat, antara lain: Pencapaian Program Kerja dan Keuangan 2019 dan Rencana Program Kerja dan Keuangan 2020, Penyelenggaraan Munas VI pada tanggal 31 Juni - 3 Juli 2020 dengan tema, "Profesionalisme Aparatur Slipil Negara" dan Omnibus Law.

 

 

JAKARTA. Rapat Dewan Pengurus yang dilaksanakan tanggal 5 November 2018 dipimpim Walikota Medan selaku Wakil Ketua Bidang Pemerintahan dan Ekonomi, dilanjutkan paparan Walikota Semarang mengenai kesiapan Kota Semarang untuk menjadi Tuan Rumah Rakernas Tahun 2018.

Dalam rapat ini, diputuskan Kota Semarang sebagai Tuan Rumah Rakernas XIV APEKSI Tahun 2019 dan Pengisian Pengawas.

Hadir dalam rapat, antara lain: Walikota Tangerang Selatan selaku Ketua, Walikota Ambon selaku Ketua Komwil VI dan yang mewakili Pengurus dan Komwil.

JAKARTA. Rapat Dewan Pengurus dilaksanakan Kamis, 18 Januari 2018 dipimpin Walikota Sukabumi - Wakil Ketua Bidang Informasi, Advokasi dan Hukum dengan Agenda:

  1. Laporan Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran 2017 & Rencana Program Kerja dan Anggaran Pendapatan dan Belanja 2018 disampaikan Plt. Direktur Eksekutif serta Pengesahannya;
  2. Laporan Perkembangan Rakernas XIII dan Indonesia City Expo (ICE) 2018 disampaikan Direktur Eksekutif dan Paparan ‎Persiapan Rakernas XIII dan ICE 2018 disampaikan Walikota Tarakan;

Hadir dalam kegiatan ini, Pengawas; Walikota Bogor, Walikota Parepare. Komwil; Walikota Batu dan perwakilan pengurus lainnya.

rdp kpk

Siangnya Pengurus APEKSI menggelar pertemuan dengan KPK dan kedua pihak sepakat memperkuat pencegahan korupsi di Kantor KPK.

Pertemuan digelar dalam rangka silaturahmi sekaligus melakukan audiensi terkait pencegahan tindak pidana korupsi di pemerintahan kota masing-masing dan inti dari pertemuan lebih kepada bagaimana membuat kota yang cerdas dan bebas dari praktik korupsi serta fokus kepada penguatan APIP.

JAKARTA. Selasa,10 Oktober 2017 diselenggarakan Rapat Dewan Pegurus APEKSI dengan agenda, antara lain: Pengisian Pengurus, Rencana Kegiatan dan Menerima Audiensi.

rdp 10102017 1

Rapat dipimpin Ketua Dewan Pengurus, Walikota Tangerang Selatan dan dihadiri Wakil Ketua: Walikota Medan, Walikota Balikpapan, Walikota Jambi dan Walikota Sukabumi, Pengawas: Walikota Bogor, Walikota Binjai dan Walikota Malang serta Sekda Kota Tarakan untuk melaporkan kesiapan Kota Tarakan dalam penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional dan Indonesia City Expo 2018.

rdp 10102017 2

APEKSI menyelenggarakan Rapat Dewan Pengurus yang dipimpin oleh Wakil Ketua Dewan Pengurus, Airin Rachmi Diany, Walikota Tangerang Selatan untuk membahas dan menetapkan Program Kerja, Anggaran Pendapatan dan Belanja APEKSI Tahun 2016.

rapatdewanpengurus2016

Rapat dihadiri para Ketua atau yang mewakili Komisariat Wilayah (Komwil) I - VI. Walikota yang hadir dalam rapat ini, antara lain Mahyeldi Ansharullah, Walikota Padang - Ketua Komwil I dan Marten Taha, Walikota Gorontalo - Ketua Komwil VI.

 

HUT RI 76

kmf2020web

blue shapes

Mitra | Partners

kppodbnnbpomposindonesiagizicleiicmaueuclg-ascpagcomiucunescounisdrworldbankicldu pertaminaiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxtafpusad paramadinaliputan6katadataiap2idcartenz groupcaasystemiqkinaryahukumonlinedotcomjustika

blue shapes

HUT RI 76


21APEKSInergi

25 MEI 2000 - 25 MEI 2021

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kami bekerja di rumah/work from home dalam rangka penerapan PPKM Jawa - Bali dan kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | We are work from home due the implementation of Java - Bali large-scale social restrictions and we can be contacted by email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

#StayHome #StaySafe 


 
personil apeksi juli 2021
 

 
apeksipeta

Flag Counter




PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil 2021

Buku Profil APEKSI dapat diunduh/download melalui APEKSI Digital Library.

Proposal


igef2021

INDONESIA GENUINE FESTIVAL (IGEF) akan dilaksanakan pada 3 - 5 September 2021 di Kota Manchester, Inggris. 

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui IGEF 2021.

blue shapes

 

© 2000-2021 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities