Komwil | Region VI
Sunday October 24, 2021

komwil 6

Komisariat Wilayah VI terdiri dari 17 Pemerintah Kota | Regional Commissariat VI consists of 17 Municipal Governments

sek komwil 1

JAKARTA. Rapat Koordinasi (Rakor) Direktorat Eksekutif dan Sekretariat Komwil I-IV diselenggarakan pada Kamis, 22 April 2021 dengan melaksanakan Protokol Kesehatan.

sek komwil 2

Pada rakor ini, Walikota Tidore Kepulauan selaku Ketua Komwil VI yang terpilih pada Muskomwil VI APEKSI 2021 di Gorontalo memperkenalkan diri dan menyampaikan rekomendasi serta masukan, agenda lainnya adalah penyampaian Program dan Kegiatan Direktorat Eksekutif dan Komwil untuk diselaraskan.

sek komwil 3

Hadir dalam rakor para Sekretariat Komwil, antara lain: Pekanbaru - Komwil I, Lubuklinggau - Komwil II, Tegal - Komwil III, Tarakan - Komwil V dan Sekretariat Komwil VI. 

muskomwil vi 2021

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Bima Arya menghadiri Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) VI di Kota Gorontalo 9-11 April 2021, yang dihadiri pemerintah kota se-Sulawesi-Maluku-Papua.

Bima Arya mengatakan, Komwil VI ini adalah lumbung kekayaan laut nasional. Dari 17 kota-kota anggota APEKSI di Komwil ini, 14 kota diantaranya merupakan kota pinggir pantai/laut yang menyimpan potensi kelautan Indonesia. Yakni, Ambon, Ternate, Tidore, Tual, Bitung, Manado, Parepare, Makassar, Sorong, Palu, Jayapura, Gorontalo, Baubau dan Kendari.

"Kita bicara bukan hanya potensi dan kekayaan sektor pertambangan, perikanan dan kekayaan serta budidaya laut lainnya, tapi juga beberapa destinasi wisata terindah tingkat dunia yang ada di wilayah ini,” ungkap Bima Arya.

“Bukan hanya kekayaan yang sudah terkenal, maupun berbagai potensi yang terpendam dan belum dikelola maksimal, serta perlu pengembangan ekosistem untuk kegiatan ekonomi secara lebih serius lagi,” tambahnya.

Menurut Bima, APEKSI menampung aspirasi para anggotanya di wilayah ini yang hampir semuanya karakter kota pantai/laut. Karena untuk pengembangan, perlu rantai koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah.

“Misalnya beberapa masukan menyuarakan pentingnya rantai koordinasi yang jelas dalam implementasi kebijakan illegal fishing serta perizinan penangkapan ikan di wilayah ini,” kata Bima.

Salah satu agenda dalam Muskomwil VI ini adalah memilih Ketua Komwil VI APEKSI. Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim terpilih secara aklamasi memimpin Komwil VI menggantikan ketua sebelumnya, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya berharap semangat baru Ketua dan Pengurus Komwil VI dapat meningkatkan keaktifan seluruh anggota APEKSI di wilayah ini, untuk sinergi dan kolaborasi untuk kemajuan kota-kota di seluruh Indonesia.

Sebelum pelaksanaan Muskomwil, digelar pula sesi khusus berbagi pengalaman mengembangkan inovasi dalam penanganan pandemi. Wali Kota Bogor yang juga Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor Bima Arya menjadi pembicara utama dalam sesi ini.

Bukan hanya berdampak ke aspek kesehatan, tapi juga menjalankan aneka strategi demi pemulihan ekonomi. Kedua hal ini yang juga menjadi fokus dan prioritas semua pemerintah daerah di masa pandemi.

“Inovasi dalam pelayanan publik di masa pandemi Covid-19 perlu dilakukan dengan segala penyesuaian. Seluruh anggota APEKSI untuk proaktif dalam berinovasi untuk melayani masyarakat. APEKSI akan lebih meningkatkan peranannya menjadi referensi kebijakan daerah karena Wali Kota dan Pemerintah Kota yang lebih paham kondisi di wilayahnya masing-masing,” pungkasnya.
Muskomwil VI di Gorontalo juga diisi penanaman pohon sebagai wujud kepedulian APEKSI terhadap lingkungan.(*)

Komisariat Wilayah IV menyelenggarakan kegiatan Lokakarya dan Pra Muskomwil VI pada 14 Juli 2020 secara daring.

Tema lokakarya: Strategi Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Covid-19, kegiatan diawali dengan laporan Manajer Sekretariat Komwil VI terkait penyelenggaraan lokakarya dan rapat kerja Pra Muskomwil, sambutan: Walikota Ambon selaku Ketua Komwil VI dan Ketua Dewan Pengurus sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini.

lokakarya pra muskomwil

Lokakarya ini menghadirkan narasumber, antara lain:

  • Plh. Dirjen Bangda Kemendagri
  • Wakil Walikota Magelang

Setelah istirahat acara dilanjutkan dengan rapat kerja Pra Muskomwil IV.

PALOPO. Rapat Kerja Komisariat Wilayah VI diselenggarakan tanggal 4-5 April 2019 di Kota Palopo dengan tema, "Potret Keberhasilan Kota Dalam Implementasi SDGs".
 
Kegiatan dibuka dalam kegiatan Welcome Dinner oleh Asisten Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan dengan ditandai dengan pemukulan gong disaksikan Walikota Palopo, Walikota Ternate, Walikota Parepare, Walikota Gorontalo dan Perwalilan Pemerintah Kota Ambon.
 
 
Raker resmi dibuka Walikota Palopo dan dilanjutkan dengan sambutan Perwakilan Dewan Pengurus, Walikota Pare pare dan menyampaikan apresiasi atas kehadiran para Walikota peserta Apeksi Komisariat Wilayah VI meskipun sebahagian hanya perwakilan dan raker dapat memberikan kontribusi yang dijadikan bahan pada rapat kerja Nasional pada Juli di Kota Semarang.
 
Rakerwil Apeksi Komwil VI dihadiri 14 perwakilan kota dari 17 peserta, dimana 3 daerah tidak dihadiri walikota maupun perwakilannya yakni Pemerintah Kota: Kotamobagu, Kendari dan Jayapura.

kota toleran

APEKSI DIGITAL LIBRARY


apeksiwebinar





BUKU DELAPAN LANGKAH TRANSFER INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Buku Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik dapat diunduh/download di Library.


MENGAWAL TOLERANSI KOTA SELURUH INDONESIA

Indonesia memiliki keanekaragaman masyarakat dengan berbagai latar budaya serta agama. Toleransi menjadi faktor penting guna menjaga kehidupan masyarakat tetap harmonis.

Tentang Tata Kelola Kota Toleran

Toleransi dan kebersamaan di kota kita harus terjaga. Kerukunan dan segala kemajuan kota dapat hancur seketika, jika kita tidak ada konsistensi dan keseriusan mengawalnya. Inilah tugas besar generasi masa kini: mewariskan toleransi dan saling menghormati dalam keharmonisan kehidupan seluruh kota di Indonesia.

Didukung oleh: 

logo taf

menjaga kerukunan dan memperkuat toleransi kota tn

Menjaga Kerukunan Dan Memperkuat Toleransi Kota

Ada sejumlah kunci atau cara-cara yang bisa diterapkan dalam menjaga toleransi di Indonesia dan kota khususnya, baik dalam hal perbaikan kebijakan, tata kelola toleransi.

belajar toleransi di kota kota indonesia tn

Belajar Toleransi di Kota-Kota Indonesia

Indonesia memiliki banyak kota yang bisa menjadi percontohan kehidupan bertoleransi yang baik.

potret keberagaman dan toleransi di indonesia tn

Potret Keberagaman dan Toleransi di Indonesia

Toleransi menjadi modal penting dalam mewujudkan pertumbuhan pembangunan dalam negeri.

 21APEKSInergi

25 MEI 2000 - 25 MEI 2021

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kami bekerja di rumah/work from home dalam rangka penerapan PPKM Jawa - Bali dan kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | We are work from home due the implementation of Java - Bali large-scale social restrictions and we can be contacted by email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

#StayHome #StaySafe 


 
personil apeksi juli 2021
 

 
apeksipeta

Flag Counter




profil 2021

Buku Profil APEKSI dapat diunduh/download melalui APEKSI Digital Library.

apeksikegiatan

Indo Smart City - 13-15 Oktober 2021

indosmartcity2021

 

Smart City Expo World Congress - 16-18 November 2021 

SCEWC21

tomorrowcity

 

 

ABOUT TOMORROW.CITY

A PLATFORM TO ACCELERATE SUSTAINABLE AND INCLUSIVE CITIES

Tomorrow.City is a digital content platform that combines knowledge, business and awareness to accelerate sustainable and inclusive cities for all.

A global hub to help advance the smart city industry by connecting cities with companies, driving talent development and building momentum for sustainable and inclusive urban projects all around the world.

Mitra | Partners

kppodbnnbpomposindonesiagizicleiicmaueuclg-ascpagcomiucunescounisdrworldbankicldu pertaminaiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxtafpusad paramadinaliputan6katadataiap2idcartenz groupcaasystemiqkinaryahukumonlinedotcomjustikagmt garindo

blue shapes

 

© 2000-2021 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities