Komwil | Region V
Friday January 22, 2021

komwil 5

Komisariat Wilayah V terdiri dari 9 Pemerintah Kota | Regional Commissariat V consists of 9 Municipal Governments

raker komwil v 2020 balikpapan

BALIKPAPAN. Komwil V pada tanggal 3 Desember 2020 di Kota Balikpapan mengelar Raker dengan tema “Menjaga Stabilitas Politik Menuju Pemilu Damai dan Bermatabat".

Raker Komwil yang dilaksanakan secara kombinasi, yaitu tatap muka dan daring menghasilkan sejumlah rencana kegiatan dan rekomendasi yang dibawa dalam Munas VI yang diselenggarakan di bulan Januari 2021. 

muskomwil v 2019

BANJARMASIN. Komwil V melaksanakan Muskomwil di Kota Banjarmasin pada tanggal 25–27 November 2019  dengan tema “Dampak Pemindahan Ibu Kota Negara Terhadap Kota-Kota di Kalimantan dari Segi Infrastruktur, Sosial dan Lingkungan”.

Agenda utama Muskomwil ini adalah laporan pertanggungjawaban Pengurus Komwil V periode 2016–2019 yang diketuai Walikota Banjarmasin, pemilihan Pengurus Komwil V periode 2019–2022 dan penyusunan program kerja Komwil V 2019-2022. Dari hasil musyawarah dan mufakat di antara Walikota Komwil V yang berjumlah 9 orang.

Pengurus Komwil V Periode 2019-2022:

  • Ketua: Walikota Tarakan
  • Wakil Ketua I: Walikota Bontang
  • Wakil Ketua II: Walikota Pontianak
  • Sekretaris: Asisten Pemerintahan Kota Tarakan
  • Bendahara: Kepala DPKAD Kota Tarakan

BANJARBARU. Pemerintah Kota Banjarbaru menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Rapat Kerja Komisariat Wilayah V tanggal 20-22 Maret 2019 dengan tema "Menjaga Stabilitas Politik Menuju Pemilu Damai dan Bermartabat".

Kegiatan dihadiri Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik mewakili Gubernur Kalsel dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri menjadi narasumber untuk menyampaikan tahapan persiapan pemilu dan mengungkapkan Kalimantan Selatan masuk dalam peta hijau. Sehingga, potensi terjadinya konflik tidak begitu besar, tapi kita tetap harus mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi agar pemilu dapat berjalan lancar.

Selain membahas tentang pemilu. Dalam Raker ini mengumpulkan sejumlah rekomendasi untuk di sampaikan ke Rakernas XIV APEKSI 2019 yang akan diselenggarakan di Kota Semarang.

Palangka Raya – Rapat Kerja Daerah Komisariat Wilayah V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan diadakan di Hotel Aquarius, Kota Palangka Raya, Rabu (10/10/2018).

Rakerwil ke-9 ini mengambil tema Strategi Peningkatan Investasi di Provinsi Kalimantan Tengah Berdasarkan Potensi Daerah. Rakerwil ini diikuti oleh sembilan walikota yakni dari Kota Palangka Raya dan Kota Banjarmasin.

Kemudian Kota Banjarbaru, Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kota Bontang, Kota Tarakan, Kota Pontianak, dan Kota Singkawang. Dari 9 kota ini hanya dari Banjarmasin dan Samarinda yang dihadiri oleh walikota, sedangkan lainnya diwakilkan.

Pembahasan strategi peningkatan investasi ini juga dihadiri Manajer Kerjasama Antar Daerah Apeksi, Sukarno mewakili Ketua Apeksi. Dalam sambutannya Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan tema Apeksi tersebut merupakan salah satu isu strategis yang sedang berkembang saat ini.

Sebab investasi merupakan komponen penting dalam pembangunan ekonomi. Untuk itu dibutuhkan strategi peningkatan, sehingga diharapkan bisa meningkatkan daya tarik investasi daerah, terutama basis antarkota di Kalimantan, sehingga tercapai keserasian dan kolaborasi investasi, sinergi potensi antar daerah atau dengan pihak ketiga.

Fairid mengharapkan melalui strategi tersebut diharapkan bisa mengurangi kesenjangan dalam investasi, sehingga Kalimantan bisa maju secara bersama-sama seperti daerah lainnya. 

Sumber: palangkaraya.go.id

munasvi2021 colorful

APEKSI DIGITAL LIBRARY


apeksiwebinar





BUKU DELAPAN LANGKAH TRANSFER INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Buku Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik dapat diunduh/download di Library.

black shapes

Mitra | Partners

yipdkppodbnnbpomposindonesiacimgizicleiicmamercycorps indonesiauclg-ascpaunescounisdrworldbanku pertaminatauiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxkatadataiap2idcartenz groupsystemiqkinarya

black shapes

apeksi with members small

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kantor buka 2 hari dalam seminggu dalam rangka penerapan PSBB DKI Jakarta dan kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | The office open 2 day a week due the implementation of Jakarta Province's large-scale social restrictions and we can be contacted by email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
75ri personil
 

 
apeksipeta

Flag Counter




PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil apeksi

Profil dalam Bahasa Indonesia | Profile in English 

Proposal

igef2021

INDONESIA GENUINE FESTIVAL (IGEF) akan dilaksanakan pada 3 - 5 September 2021 di Kota Manchester, Inggris. 

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui IGEF 2021 atau klik pada poster. 

 

© 2000-2020 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities