Komwil | Region IV
Friday January 22, 2021

komwil 4

 
Komisariat Wilayah IV terdiri dari 13 Pemerintah Kota | Regional Commissariat IV consists of 13 Municipal Governments

SURABAYA. Pemerintah Kota Surabaya menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah IV (Rakorkomwil IV) APEKSI yang diselenggarakan tanggal 22-24 Maret 2019 mengangkat tema, "Penguatan Peran Pemerintah Kota Terhadap Implementasi Kebijakan Pemerintah".

Kegiatan diikuti oleh 13 Pemerintah Kota anggota APEKSI Komisariat wilayah IV yang terdiri dari: Surabaya, Mojokerto, Malang, Kediri, Madiun, Blitar, Batu, Probolinggo, Pasuruan, Bima, Kupang, Mataram dan Denpasar.

Pembukaan Rakor dilaksanakan pada hari Sabtu dibuka oleh Walikota Kupang selaku Pengurus APEKSI dan menhadirkan narasumber dari Kemendagri dan Kemenpan RB.

Agenda Rakorkomwil selain rapat koordinasi, ada beberapa kegiatan lainnya: penanaman pohon di Taman Harmoni, kunjungan ke beberapa titik bagi para pendamping, seminar dan bergabung dengan acara Surabaya Vaganza dalam rangka perayaan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 726.

BATU. Kota Batu menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakor Komwil) IV tanggal 17-19 April 2018.

Kegiatan rakor membahas keberlanjutan program pembangunan daerah dan implementasi Sustainable Development Goals (SDG'S). 

Pemerintah Kota Batu memanfaatkan momen rakor menjadi ajang promosi dari potensi, mulai pariwisata, pertanian dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

muskomwil iv 2017

MATARAM. Komwil III menggelar Muskomwil pada tanggal 16-18 Mei 2017 di Kota Mataram dengan tema “Membangun Kelembagaan Pemerintah Daerah yang Profesional Melalui Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah”.

Selain menghasilkan Program Kerja Komwil IV tahun 2017-2020, juga ditetapkan Pengurus Komwil IV periode 2017–2020, yaitu:

  • Ketua: Walikota Batu
  • Wakil Ketua: Walikota Mataram
  • Sekretaris: Asisten Pemerintahan Kota Batu

SURYA.CO.ID | MALANG - Pelaksanaan Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakorwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke–11 di Kota Malang, dimajukan dari yang sedianya dilaksanakan 28-29 April 2015 menjadi 26-27 April 2015.
Alasan dimajukannya pelaksanaan Rakorwil Apeksi karena para Wali Kota akan mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta, 29 April 2015.
"Dengan dimajukan jadwal rapat koordinasi Apeksi, kami jadi sedikit repot untuk melakukan persiapan. Karena waktunya mepet," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Malang, M Nurwidianto, Rabu (22/5/2015).
Ia menjelaskan, dalam Rakorwil Apeksi ini juga akan diselenggarakan pameran produk unggulan UMKM di halaman luar Stadion Gajayana, Kota Malang. Selain itu, juga akan diadakan Kirab Budaya di Monumen Hamid Rusdi, Jl Simpang Balapan Malang.
Sedangkan peserta Rakorwil IV Apeksi, yakni Kota Mataram, Kota Kupang, Kota Bima, Kota Denpasar, Kota Probolinggo, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Kota Batu dan Kota Malang.
"Narasumbernya dari Kementerian PAN dan RB, KPK, Ombudsman, Dewan Eksekutif Apeksi dan Gubernur Jatim," ujarnya.
Sekretaris Daerah Kota Malang, Cipto Wiyono mengatakan, Rakorwil Apeksi ini akan membahas sinkronisasi pembangunan antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Hasilnya akan disampaikan dalam Rakernas APEKSI yang akan dilaksanakan 5-7 Mei 2015 di Ambon.

KBRN, Malang : Menjadi tuan rumah pekan Asosiasiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke XI Komisariat Wilayah IV Kota Malang benar-benar sangat serius dalam menyiapkan diri.

Untuk menyemarakan kegiatan pertemua wali kota dan bupati se Indonesia, Kota Malang siap menampilkan
seni budaya andalan Kota Malang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Ida Made AYu Wahyuni membenarkan Kota Malang saat ini sangat serius menjadi tuan rumah APEKSI. Termasuk ketika APEKSI dimajukan dari rencana semula dilangsungkan tanggal 28-29 April 2015 menjadi 26-27 April 2015.

“Dimajukannya jadwal APEKSI sedikit banyak pasti ada pengaruh, tetapi sebagai tuan rumah kami sudah siap dengan berbagai antisipasi,” jelas Ida, Rabu (22/4/2015).

Ida mengatakan untuk kesenian Kota Malang nanti akan membawakan berbagai seni yang ada di Kota ini, mulai dari kesenian kuda lumping, tari topeng sampai dengan sendra tari krido retno. Dimana tari krido retno nanti rencananya akan dilakukan secara kolosal oleh sanggar-sanggar tari yang ada di Kota Malang.

Dalam APEKSI nanti juga akan dipamerkan berbagai macam produk unggulan 13 daerah yang menjadi peserta APEKSI di Kota Malang. (Fajar R/AA).

munasvi2021 colorful

APEKSI DIGITAL LIBRARY


apeksiwebinar





BUKU DELAPAN LANGKAH TRANSFER INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Buku Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik dapat diunduh/download di Library.

black shapes

Mitra | Partners

yipdkppodbnnbpomposindonesiacimgizicleiicmamercycorps indonesiauclg-ascpaunescounisdrworldbanku pertaminatauiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxkatadataiap2idcartenz groupsystemiqkinarya

black shapes

apeksi with members small

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kantor buka 2 hari dalam seminggu dalam rangka penerapan PSBB DKI Jakarta dan kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | The office open 2 day a week due the implementation of Jakarta Province's large-scale social restrictions and we can be contacted by email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
75ri personil
 

 
apeksipeta

Flag Counter




PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil apeksi

Profil dalam Bahasa Indonesia | Profile in English 

Proposal

igef2021

INDONESIA GENUINE FESTIVAL (IGEF) akan dilaksanakan pada 3 - 5 September 2021 di Kota Manchester, Inggris. 

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui IGEF 2021 atau klik pada poster. 

 

© 2000-2020 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities