Komwil | Region III
Friday January 22, 2021
komwil 3
 
Komisariat Wilayah III terdiri dari 25 Pemerintah Kota | Regiona; Commissariat III consists of 25 Municipal Governments

TANGERANG. Pemerintah Kota Tangerang selaku tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah III APEKSI 2019 tanggal 4-6 Desember 2019 dengan tema: Menuju Pemerintahan Kolaboratif menghadapi Ekonomi Industri 4.0.

Kegiatan diawali dengan Welcome Dinner. Walikota Tangerang memberikan sambutan selamat datang untuk para peserta dan hiburan dengan penampilan Fathin Shidqiya sebagai puncak acara pada tanggal 4 Desember 2019. 

City tour mengawali kegiatan hari ke-2 (5/12), tujuan pertama: Taman Potret & Kunci, melintasi: Taman Gajah Tunggal, Kampung Bekelir, Cisadane Walk, singah di Kampung Markisa, Jembatan Berendeng, melintasi: Masjid Raya Al Azhom dan singgah: Tangerang Live Room dan Tangerang City Gallery.

SEMARANG. Rapat Kerja Komisariat Wilayah III diselenggarakan tanggal 29 Maret 2019 dan Pemerintah Kota Semarang menjadi tuan rumah.

Walikota Tangerang Selatan selaku Ketua Dewan Pengurus membuka raker dan Walikota Semarang menyampaikan dengan adanya dana kelurahan maka pembangunan tidak hanya infrastruktur dan untuk pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan rapat yang dipimpin oleh Walikota Tegal yang menyampaikan bahwa raker ini untuk mendorong adanya progam inovatif yang melibatkan usaha online dan utamanya dalam pengelolaan pemerintah daerah di berbagai sektor.

Empat rekomendasi raker disampaikan Walikota Bogor:

  • Usulan revisi UU ASN terkait dengan anggaran untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) yang dibebankan ke APBD;
  • Implementasi Online Single Submission (OSS);
  • Dana bagi hasil pajak tentang peninjauan terhadap UU retribusi dan pajak daerah terutama pada proporsi bagi hasil PKB;
  • Mekanisme rujukan BPJS, dimana pasien harus dirujuk ke RS tipe C dahulu, tidak bisa langsung dirujuk ke RS Tipe B.

TASIKMALAYA – Sebanyak 25 delegasi dari seluruh Anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah III (komwil III), melaksanakan Rapat Koordinasi yang digelar di Hotel Grand Metro Tasikmalaya, Minggu (14/10/2018).

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, secara resmi membuka, sekaligus memberi arahan, pada kegiatan yang berlangsung 13-15 Oktober 2018 tersebut.

Wagub Uu mengungkapkan, bahwa Apeksi, sebagai forum silaturahim pemerintah kota, ia harapkan dapat melahirkan kebijakan yang inovatif dalam menunjang pelayanan publik yang prima.

Ajang Rakor ini, juga dituntut untuk dapat meningkatkan hubungan kerjasama antar kota yang dapat menompang pertumbuhan ekonomi serta pemberdayaan masyarakat.

“Rakor tersebut membahas berbagai permasalahan yang dihadapi setiap kota anggota Apeksi Komwil III,” kata Wagub Uu.

Untuk itu, Wakil Gubernur mengajak setiap kota anggota Apeksi, untuk berbagi berbagai pengalaman dan program yang sukses diaplikasikan, agar jadi ‘role model,’ atau contoh bagi kota lainnya.

Bicara mengenai ekonomi, Wagub Uu menyebut, sektor yang sedang dan akan terus menggeliat perkembangannya adalah pariwisata. Dimana modalnya, adalah identitas dan karakteristik setiap kota itu sendiri.

“Setiap kota, memiliki khasanah keunikan, potensi khas masing- masing. Maka upaya ‘branding’ menjadi kebutuhan dasar supaya ciri kota tersebut menjadi karakter,” kata Uu.

Adapun kelestarian alam, lanjut Uu, masih bisa menjadi modal, atau potensi yang punya daya jual. Maka setelah branding, yang dibutuhkan adalah meningkatkan pilar keberlanjutan lingkungan (environmental sustainability Development). Disamping mengenalkan potensi wisata secara digital, sesuai tuntutan jaman milenial masa kini.

Selanjutnya, Uu berharap pertemuan Asosiasi ini, menjadi ajang berbagi dan diskusi menghadirkan solusi demi kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan daya saing.

Sumber: jabarnews.com

YOGYAKARTA. Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai tuan rumah penyelenggara Rapat Kerja Komisariat Wilayah (Raker Komwil) III APEKSI tanggal 19-20 April 2018.

Raker dibuka resmi oleh Gubernur Yogyakarta dan tujuan raker antara lain: Untuk menyuarakan aspirasi dari daerah dan dapat saling belajar untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.


Informasi terkait kegiatan raker dapat diakses di situs Pemerintah Kota Yogyakarta

muskomwil iii 2017

BOGOR. Komwil III melaksanakan Muskomwil pada tanggal 26-28 April 2017 di Kota Bogor dengan tema “Implikasi Penerapan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah”. 

Muskomwil selain menghasilkan Program Kerja Komwil III tahun 2017-2020, juga menetapkan Struktur Pengurus Komwil III periode 2017-2020 yaitu: 

  • Ketua: Walikota Yogyakarta
  • Wakil Ketua I: Walikota Jakarta Utara
  • Wakil Ketua II: Walikota Tegal
  • Sekretaris: Asisten Pemerintahan Kota Yogyakarta

“Indonesia bisa menjadi negara hebat dengan dua cara, pertama jika mempunyai super presiden atau dengan cara kedua jika punya walikota walikota yang bersatu yang luar biasa kompak, dengan semangat Komwil III Apeksi ini mari kita kurangi kata kompetisi perbanyak kolaborasi karena kita NKRI,” ujar Ridwan
Hal tersebut dikatakan Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil selaku Ketua Komisariat Wilayah (Komwil) III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) sebelum menandatangani Kesepakatan Bersama Hibah Aplikasi Smart City antara Pemerintah Kota Bandung dengan anggota Komwil III APEKSI
Surat kesepakatan tersebut ditandatangani bersama Wali Kota Salatiga Achmad Rofai dan Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Syarip Hidayat mewakili Wali Kota Bogor Bima Arya sesaat sebelum dilaksanakan sidang pleno Musyawarah Komwil III APEKSI di Hotel Onih Bogor Jl. Paledang Blok Sukalaya No. 52 Kota Bogor, Kamis (27/04/2017)
Dalam surat kesepakatan tersebut, tidak hanya dihibahkan aplikasi smart city dan e-Goverment saja, namun juga pengembangan kebudayaan dan pariwisata, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), perencanaan daerah, promosi dan pengembangan industri, perdagangan dan investasi, juga disepakati kerjasama dalam pengembangan ekonomi kreatif, koperasi, usaha kecil dan menengah.
Ridwan mengatakan dalam sambutannya para pemimpin daerah harus mempunyai semangat terbuka untuk berkolaborasi dan mengurangi keinginan untuk berkompetisi, “Hal hal positif harus kita bagi bagi karena jabatan sebagai pimpinan itu hanya sementara, jangan hanya gara-gara ego kita melupakan mimpi besar Indonesia,”
Dengan semangat berbagi berkolaborasi Ridwan berharap sesama anggota komwil III APEKSI untuk saling belajar antar kota satu dengan kota lainnya, agar terjadi perubahan melalui reformasi kedalam peningkatan etos kerja aparatur sipil negara dan inovasi melayani masyarakat dengan cara-cara baru menjadi semangat APEKSI
“Yang baik kita tiru saling menginspirasi, tidak ada kota yang sempurna kita semua memiliki kekurangan, karena itu inovasi akan menjadi sebuah ukuran di masa depan maka kota yang jauh dari inovasi maka akan tertinggal dan yang bagi banyak berinovasi maka roda pembangunannya akan jauh melompat,” ujar Ridwan
Hal senada juga dikatakan Direktur Eksekutif APEKSI, Sarimun Hadisaputra dalam sambutannya, “Kekompakan ini dicontohkan para anggota Komwil III APEKSI, kita harus berkolaborasi kita sekarang bukan era nya lagi berkompetisi, karena kompetisi ini bisa saja berdampak pada kompetisi yang kurang sehat, tetapi dengan kolaborasi kita bisa maju bersama-sama dan kita jangan malu-malu untuk saling menunjang antar kota satu dengan lainnya,”
Lebih lanjut dikatakan Sarimun, kinerja anggota Komwil III dibawah pimpinan Wali Kota Bandung mempunyai prestasi yang sangat luar biasa karena kerjasama dilakukan tidak hanya dilakukan antar anggota saja tapi merambah dengan kota-kota diluar keanggotaan Komwil III, “Ini menjadi suatu prestasi tersendiri dari APEKSI,”
Muskomwil III APEKSI tersebut dihadiri 25 walikota se-Komwil III yang terdiri dari kepala daerah se-Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Banten, dan Daerah Khusus Ibukota Jakarta, diisi diskusi dengan tema “Implikasi penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah”
Selaku Ketua Komwil III Asosiasi APEKSI Ridwan Kamil menyampaikan laporan pertanggung jawaban pengurus Komwil III APEKSI periode 2014-2017 dan menyerahkan jabatan kepada Wali Kota Yogyakarta Sulistiyo sebagai Ketua Komwil III APEKSI periode 2017-2020.
Sehari sebelumya Ridwan bersama wali Kota anggota komwil III APEKSI lainnya menghadiri jamuan makan malam di Balaikota Bogor, mengunjungi kebun raya bogor dan melakukan penanaman pohon di Lapang Heulang.
Sumber: BAGIAN HUMAS SETDA KOTA BANDUNG

munasvi2021 colorful

APEKSI DIGITAL LIBRARY


apeksiwebinar





BUKU DELAPAN LANGKAH TRANSFER INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Buku Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik dapat diunduh/download di Library.

black shapes

Mitra | Partners

yipdkppodbnnbpomposindonesiacimgizicleiicmamercycorps indonesiauclg-ascpaunescounisdrworldbanku pertaminatauiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxkatadataiap2idcartenz groupsystemiqkinarya

black shapes

apeksi with members small

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kantor buka 2 hari dalam seminggu dalam rangka penerapan PSBB DKI Jakarta dan kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | The office open 2 day a week due the implementation of Jakarta Province's large-scale social restrictions and we can be contacted by email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
75ri personil
 

 
apeksipeta

Flag Counter




PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil apeksi

Profil dalam Bahasa Indonesia | Profile in English 

Proposal

igef2021

INDONESIA GENUINE FESTIVAL (IGEF) akan dilaksanakan pada 3 - 5 September 2021 di Kota Manchester, Inggris. 

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui IGEF 2021 atau klik pada poster. 

 

© 2000-2020 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities