Komwil | Region II
Sunday October 24, 2021

komwil 2 

Komisariat Wilayah II terdiri dari 10 Pemerintah Kota | Regional Commissariat II consists of 10 Municipal Governments

sek komwil 1

JAKARTA. Rapat Koordinasi (Rakor) Direktorat Eksekutif dan Sekretariat Komwil I-IV diselenggarakan pada Kamis, 22 April 2021 dengan melaksanakan Protokol Kesehatan.

sek komwil 2

Pada rakor ini, Walikota Tidore Kepulauan selaku Ketua Komwil VI yang terpilih pada Muskomwil VI APEKSI 2021 di Gorontalo memperkenalkan diri dan menyampaikan rekomendasi serta masukan, agenda lainnya adalah penyampaian Program dan Kegiatan Direktorat Eksekutif dan Komwil untuk diselaraskan.

sek komwil 3

Hadir dalam rakor para Sekretariat Komwil, antara lain: Pekanbaru - Komwil I, Lubuklinggau - Komwil II, Tegal - Komwil III, Tarakan - Komwil V dan Sekretariat Komwil VI. 

METRO. Pelaksanaan Rapat Koordinasi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komisariat Wilayah II, Catur Wulan II pada 24 - 25 Mei 2016 di Kota Metro dihadiri 10 kepala daerah/wakil kepala daerah di Sumatera Bagian Selatan (Sumbangsel), yaitu Lampung, Jambi, Palembang, Pangkal Pinang, Pagaralam, Prabumulih, Lubuk Linggau, Sungai Penuh, Bengkulu, termasuk Kota Metro. 
Kegiatan dibuka oleh Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo dalam acara Welcome Dinner.
Tema rapat koordinasi ini, “Kesiapan Pemerintah Daerah dalam Vertikalisasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Penyerahan Personil, Prasarana/Sarana, Pendanaan dan Dokumen (P3D) pasca Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Hasil rapat koordinasi ini akan menjadi kesepakan bersama sebagai dasar rekomendasi bagi pemerintah pusat dalam menjalankan program pembangunan bagi daerah.

rakor komwil ii metro

PAGARALAM – Pelaksanaan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Sumbagsel, Catur Wulan I pada 25 - 27 Maret 2015 di Kota Pagaralam akan dihadiri 10 kepala daerah/wakil kepala daerah di Sumatera Bagian Sumsel (Sumbagsel).
“Kegiatan Komwil II Apeksi Sumbagsel Catur Wulan I, diikuti 10 kota di wilayah Provinsi Sumsel, yaitu Lampung, Jambi, Palembang, Pangkal Pinang, Metro, Prabumulih, Lubuk Linggau, Sungai Penuh, Bengkulu, termasuk Kota Pagaralam. Semua peserta akan hadir dengan jumlah berbeda,” ujar Walikota Pagaralam dr. Hj. Ida Fitrati MKes, kemarin.
Kegiatan ini kata Ida, dijadwalkan akan dibuka oleh Gubernur Sumsel Ir. H. Alex Noerdin, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Mukti Sulaiman. “Insya Allah, Bapak Sekda Provinsi Sumsel akan membuka Apeksi di Kota Pagaralam sebagai tuan rumah,” sambungnya.
Ditambahkannya, kegiatan ini mengusung beberapa agenda utama, antara lain membahas prosedur pembebasan lahan dan sertifikasi guru, dengan narasumber dari Kementerian Pendidikan Nasional dan Badan Pertanahan Nasional (BPN). “Nantinya akan ada diskusi panel. Hasil diskusi secara regional Sumbagsel ini akan dibawa ke pertemuan Apeksi Nasional,” sebut Ida.
Mengenai efek dari kegiatan ini, jelas Ida, secara tidak langsung bagi masyarakat akan meningkatkan ekonomi masyarakat dari berbagai sarana yang dimanfaatkan. Peserta acara ini juga akan menikmati keindahan alam, budaya, kuliner, termasuk potensi batu cincin yang dimiliki Kota Pagaralam. “Konsepnya Kota Pariwisata. Diharapkan masyarakat bisa ikut memanfaatkan momen ini untuk menjadi tuan rumah yang ramah, memberikan layanan yang baik dan menyediakan kebutuhan para tamu dan wisatawan, agar lebih berkesan dan kembali lagi bersama rombongan yang lain dan seterusnya,” pungkasnya.
Sementara, ditambahkan Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum, Fakhrozi Nurhafi SSTP MSi, di kegiatan Apeksi ada sejumlah agenda sosial lainnya, diantaranya Apeksi Peduli, dengan menyambangi pasien kelas tiga di Rumah Sakit Besemah, juga Apeksi Religius, memberikan bantuan ke sejumlah panti asuhan di wilayah Kota Pagaralam. “Apeksi Peduli dan Apeksi Religius merupakan rangkaian kegiatan puncak Apeksi Sumbagsel Wilayah II di Kota Pagaralam,” katanya.
Lanjut Fakhrozi, selain itu pokok utama dalam rapat kerja Apeksi Sumbagsel Wilayah II nantinya membahas mengenai sertifikasi guru daerah termasuk pengadaan tanah untuk program pembangunan daerah mengambil tema “pemanfaatan status hokum tanah Negara bagi pemerintah daerah”. “Hasil rapat kerja Apeksi ini akan menjadi kesepakan bersama sebagai dasar rekmendasi bagi pemerintah pusat dalam menjalankan program pembangunan bagi daerah,” ucapnya.

 

Sumber: Pagaralam Post

PAGARALAM– Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dijadwalkan bakal menghadiri sekaligus membuka Apeksi Sumbagsel Wilayah II yang akan dihelat di Kota Pagaralam sebagai tuan rumah pelaksanaan Pertemuan Catur Wulan I dilaksanakan mulai 25-27 Maret 2015 mendatang.
Dikatakan Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Fakhrozi Nurhafi SSTP MSi, Insya Allah jika tidak berhalangan Apeksi dijadwalkan dibuka pada 25 Maret 2015 bakal langsung dibuka Gubernur Sumsel, sedangkan untuk sarana dan prasaran seperti hotel maupun transportasi yang dibutuhkan selama berlangsungnya acara sudah dipersiapkan. “Untuk penginapan Pemerintah Kota Pagaralam telah menyiapkan sejumlah hotel maupun vill seperti Hotel/Villa gunung gare, Villa Dempo Flower maupun Villa Kabupaten Lahat termasuk menyiapkan transportasi berupa empat unit BUS Pemkot Pagaralam,” katanya.
Selain itu sambungnya, mengenai konfirmasi siapa saja yang akan menghadiri Apeksi di Kota Pagaralam, pihak panitia telah menerima kepastian kedatang sejumlah pimpinan kepala daerah yang masuk dalam keanggotaan Apeksi Sumbagsel Wilayah II. “Informasi sementara kepala daerah yang akan hadir diantaranya, kepala daerah Lubuk Linggau, Palembang, Bengkulu dan peserta lainnya,” katanya.
Dibeber Fakhrozi, musyawarah ini nantinya tidak hanya melaksnakan rapat kerja ada sejumlah agenda penting lainnya yakni kegiatan sosial dintaranya Apeksi Peduli dengan menyambangi pasien kelas tiga di Rumah Sakit Besemah juga Apeksi Religius kunjungan sekaligus memberikan bantuan ke sejumlah panti asuhan di wilayah Kota Pagaralam. “Apeksi Peduli dan Apeksi Religius merupakan rangkaian kegitan puncak Apeksi Sumbagsel Wilayah II di Kota Pagaralam,” katanya.

 

Sumber: Pagaralam Post

kota toleran

APEKSI DIGITAL LIBRARY


apeksiwebinar





BUKU DELAPAN LANGKAH TRANSFER INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Buku Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik dapat diunduh/download di Library.


MENGAWAL TOLERANSI KOTA SELURUH INDONESIA

Indonesia memiliki keanekaragaman masyarakat dengan berbagai latar budaya serta agama. Toleransi menjadi faktor penting guna menjaga kehidupan masyarakat tetap harmonis.

Tentang Tata Kelola Kota Toleran

Toleransi dan kebersamaan di kota kita harus terjaga. Kerukunan dan segala kemajuan kota dapat hancur seketika, jika kita tidak ada konsistensi dan keseriusan mengawalnya. Inilah tugas besar generasi masa kini: mewariskan toleransi dan saling menghormati dalam keharmonisan kehidupan seluruh kota di Indonesia.

Didukung oleh: 

logo taf

menjaga kerukunan dan memperkuat toleransi kota tn

Menjaga Kerukunan Dan Memperkuat Toleransi Kota

Ada sejumlah kunci atau cara-cara yang bisa diterapkan dalam menjaga toleransi di Indonesia dan kota khususnya, baik dalam hal perbaikan kebijakan, tata kelola toleransi.

belajar toleransi di kota kota indonesia tn

Belajar Toleransi di Kota-Kota Indonesia

Indonesia memiliki banyak kota yang bisa menjadi percontohan kehidupan bertoleransi yang baik.

potret keberagaman dan toleransi di indonesia tn

Potret Keberagaman dan Toleransi di Indonesia

Toleransi menjadi modal penting dalam mewujudkan pertumbuhan pembangunan dalam negeri.

 21APEKSInergi

25 MEI 2000 - 25 MEI 2021

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kami bekerja di rumah/work from home dalam rangka penerapan PPKM Jawa - Bali dan kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | We are work from home due the implementation of Java - Bali large-scale social restrictions and we can be contacted by email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

#StayHome #StaySafe 


 
personil apeksi juli 2021
 

 
apeksipeta

Flag Counter




profil 2021

Buku Profil APEKSI dapat diunduh/download melalui APEKSI Digital Library.

apeksikegiatan

Indo Smart City - 13-15 Oktober 2021

indosmartcity2021

 

Smart City Expo World Congress - 16-18 November 2021 

SCEWC21

tomorrowcity

 

 

ABOUT TOMORROW.CITY

A PLATFORM TO ACCELERATE SUSTAINABLE AND INCLUSIVE CITIES

Tomorrow.City is a digital content platform that combines knowledge, business and awareness to accelerate sustainable and inclusive cities for all.

A global hub to help advance the smart city industry by connecting cities with companies, driving talent development and building momentum for sustainable and inclusive urban projects all around the world.

Mitra | Partners

kppodbnnbpomposindonesiagizicleiicmaueuclg-ascpagcomiucunescounisdrworldbankicldu pertaminaiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxtafpusad paramadinaliputan6katadataiap2idcartenz groupcaasystemiqkinaryahukumonlinedotcomjustikagmt garindo

blue shapes

 

© 2000-2021 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities