Festival HAM 2021
Tuesday January 18, 2022

Banner Festival HAM 2021

Dialog Nasional: Pemenuhan Hak dan Perlindungan Kelompok Minoritas di Tingkat Kota diselenggarakan atas kolaborasi APEKSI bersama Kedutaan Besar Kerajaan Belanda Untuk Indonesia dan The Asia Foundation pada 17 November 2021 dalam rangkaian Festival HAM 2021 di Semarang.

Materi dan dokumentasi APEKSI dalam Festival HAM 2021 dapat diakses melalui APEKSI Digital Library atau go.apeksi.id/festivalham2021.

tata kelola kota toleran

dialog nasional ham

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda dan The Asia Foundation menyelenggarakan Dialog Nasional, "Pemenuhan Hak dan Perlindungan Kelompok Minoritas di Tingkat Kota" pada Rabu, 17 November 2021 pukul 15.00-17.00 WIB.

Dialog Nasional dilaksanakan dalam rangkaian Festival HAM 2021 dengan tuan rumah Pemerintah Kota Semarang pada 16-19 November 2021 di Kota Semarang.

apeksi corner ham

APEKSI Corner dengan tema, "Mewujudkan Kota Ramah HAM dan Disabilitas" menampilkan infografik dan video terkait HAM: Toleransi dan Disabilitas, Pendaftaran Kelas HAM kerjasama dengan Komnas HAM dan informasi APEKSI pada 17-18 November 2021 di Lobby/Hall Ballroom PO Hotel Lantai 7, Jl. Pemuda No. 118, Semarang.

Transkip Pidato Ketua APEKSI Bima Arya Sugiarto (Walikota Bogor)

Special Event 1 - Festival HAM Semarang 16-18 November 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat sore salam sejahtera, untuk kita semua.

Mas Hendi, sahabat saya, Walikota Semarang, selamat atas penyelenggaraan acara yang mungkin lebih penting dari yang kita bayangkan ini.

Ini pertama kali APEKSI berkolaborasi bersama-sama Komnas HAM dan KSP, untuk mengambil bagian di acara Festival HAM ini.

Terima kasih kepada rekan-rekan Walikota, kepada yang sudah hadir, untuk berbagi pada hari ini. Acara ini penting dan bahkan mungkin jauh lebih penting dari yang kita bayangkan Bapak Ibu sekalian.

Sejarah dunia, ini memberikan kita banyak sekali pelajaran. Banyak peradaban kota, yang maju, yang hebat, yang dibangun cukup lama dengan teknologi cangih, dengan keterampilan yang jauh melebihi rata-rata, tetapi kemudian hancur dalam waktu yang tidak terlalu lama, karena konflik sosial, karena konflik agama, karena konflik politik.

Teknologi yang canggih, infrastruktur yang dahsyat, hancur sekejap karena konflik.
Ini mengajarkan kepada kita, Bapak Ibu sekalian dan rekan-rekan semua, bahwa membangun kota bukan hanya membangun lembaganya, bukan hanya organisasinya, bukan hanya perangkat politiknya, dan ternyata juga bukan hanya infrastrukturnya.

Tetapi saja: membangun kota, membangun peradaban kota, adalah membangun manusianya. State Building, perangkat-perangkat kekuasaan harus ditata: Yes. Physical Building, infrastruktur fisik harus dibangun: Yes. Tetapi kita jangan lupa bahwa Nation Building, membangun karakter, membangun manusia, juga harus mengiringi state building dan physical building tadi.

Membangun kota harus diiringi dengan ikhtiar untuk membangun manusia yang menghormati sesama manusia.

apeksi corner festival ham 2021

APEKSI Corner persembahan APEKSI dengan Kolaborasi bersama Kedutaan Besar Kerajaan Belanda dan The Asia Foundation dalam Festival HAM 2021 pada 17-18 November 2021 di Semarang.

Mewujudkan Kota Ramah HAM dan Disabilitas merupakan tema APEKSI Corner dengan menampilkan infografik, video, buku, flyer dan dokumentasi terkait HAM: Toleransi dan Disabilitas.

Dialog Nasional Festival HAM

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda dan The Asia Foundation menyelenggarakan Dialog Nasional, "Pemenuhan Hak dan Perlindungan Kelompok Minoritas di Tingkat Kota" pada Rabu, 17 November 2021 pukul 15.00-17.00 WIB di PO Hotel Ballroom Lantai 7, Jl. Pemuda No. 118, Semarang dan dapat diikuti melaluii daring di platform Zoom dan Youtube APEKSI Official.

Dialog Nasional dilaksanakan dalam rangkaian Festival HAM 2021 dengan tuan rumah Pemerintah Kota Semarang pada 16-19 November 2021 di Kota Semarang.

Kunjungi APEKSI Corner yang menampilkan infografik dan video terkait HAM: Toleransi dan Disabilitas, Pendaftaran Kelas HAM kerjasama dengan Komnas HAM dan informasi APEKSI di Lobby/Hall Ballroom tempat penyelenggaraan Dialog Nasional.

APEKSI DIGITAL LIBRARY


apeksiwebinar


best practice




BUKU DELAPAN LANGKAH TRANSFER INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Buku Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik dapat diunduh/download di Library.


MENGAWAL TOLERANSI KOTA SELURUH INDONESIA

Indonesia memiliki keanekaragaman masyarakat dengan berbagai latar budaya serta agama. Toleransi menjadi faktor penting guna menjaga kehidupan masyarakat tetap harmonis.

Tentang Tata Kelola Kota Toleran

Toleransi dan kebersamaan di kota kita harus terjaga. Kerukunan dan segala kemajuan kota dapat hancur seketika, jika kita tidak ada konsistensi dan keseriusan mengawalnya. Inilah tugas besar generasi masa kini: mewariskan toleransi dan saling menghormati dalam keharmonisan kehidupan seluruh kota di Indonesia.

Didukung oleh: 

logo taf

menjaga kerukunan dan memperkuat toleransi kota tn

Menjaga Kerukunan Dan Memperkuat Toleransi Kota

Ada sejumlah kunci atau cara-cara yang bisa diterapkan dalam menjaga toleransi di Indonesia dan kota khususnya, baik dalam hal perbaikan kebijakan, tata kelola toleransi.

belajar toleransi di kota kota indonesia tn

Belajar Toleransi di Kota-Kota Indonesia

Indonesia memiliki banyak kota yang bisa menjadi percontohan kehidupan bertoleransi yang baik.

potret keberagaman dan toleransi di indonesia tn

Potret Keberagaman dan Toleransi di Indonesia

Toleransi menjadi modal penting dalam mewujudkan pertumbuhan pembangunan dalam negeri.

 21APEKSInergi

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat | Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
 
personil apeksi juli 2021
 

 
apeksipeta

Flag Counter




profil 2021

Buku Profil APEKSI dapat diunduh/download melalui APEKSI Digital Library.

apeksikegiatan


kalender outlook

 

Mitra | Partners

kppodbnnbpomposindonesiagizicleiicmaueuclg-ascpagcomiucunescounisdrworldbankicldu pertaminaiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxtafpusad paramadinaliputan6katadataiap2idcartenz groupcaasystemiqkinaryahukumonlinedotcomjustikagmt garindonapindokreenid

blue shapes

 

© 2000-2021 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities