Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas
Monday December 06, 2021

unesco apeksi project

Pandemi Covid-19 dan bencana memberikan dampak cukup berarti penyandang disabilitas. Situasi ini telah memperdalam ketidaksetaraan dan eksklusi yang sudah ada sebelumnya. Akses terhadap informasi, perlindungan sosial dan perawatan kesehatan masih dirasakan keterbatasannya. Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk mengarusutamakan inklusi disabilitas ke dalam tanggap pandemi dan bencana. Mereka harus memastikan bahwa hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas dilindungi. Pemerintah di tingkat nasional dan daerah, harus mengambil pendekatan terpadu untuk memastikan bahwa penyandang disabilitas tidak tertinggal dalam pandemi Covid-19 dan tanggap bencana serta pemulihan. Pemerintah daerah bertanggung jawab atas aspek-aspek penting dari penekanan kasus, perawatan kesehatan, layanan sosial, pembangunan ekonomi, investasi publik, dll. Pemerintah daerah sebagai garis depan manajemen dan pemulihan krisis memiliki peran kunci dalam memberikan tanggapan kebijakan sosial yang inklusif dan pemberian layanan.

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) sebagai wadah pemerintah kota di seluruh Indonesia saat ini beranggotakan 98 kota. APEKSI bekerja sama dengan UNESCO saat ini tengah melaksanakan serangkaian kegiatan untuk pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dalam konteks pandemi Covid-19 dan bencana di 10 kota yang Sebagian besar tergabung dalam Jaringan Walikota untuk Kota Inklusif. Program akan diawali dengan melakukan asesmen yang terdiri dari pengumpulan data, menjaring masukan melalui kuesioner serta melakukan focus group discussion (FGD). Hasil asesmen ini akan disusun menjadi policy paper dan policy brief.

Kegiatan meliputi:

  • Focus Group Discussion pada 6-7 Oktober 2021
  • Pelatihan I pada 27-28 Oktober 2021
  • Pelatihan II untuk 10 Kota dampingam pada bulan November 2021
  • Radio Talkshow pada 1 Desember 2021
  • Dialog Kebijakan pada 6 Desember 2021

Materi kegiatan APEKSI - UNESCO dapat diakses melalui APEKSI Digital Library.

dialog kebijakan disabilitas

Pandemi COVID-19 dan bencana memberikan dampak yang cukup berarti bagi penyandang disabilitas. Akses mereka atas informasi, perlindungan sosial dan perawatan kesehatan semakin terbatas. Pemerintah bertanggung jawab untuk mengarusutamakan inklusi disabilitas ke dalam tanggap pandemi dan bencana, dengan memastikan hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas terlindungi. Pemerintah baik nasional dan daerah, harus memiliki pendekatan terpadu untuk memastikan bahwa penyandang disabilitas tertangani dan mengalami pemulihan akibat pandemi atau bencana.

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) sebagai wadah pemerintah kota di seluruh Indonesia bekerja sama dengan UNESCO sejak bulan September telah mengembangkan program pemenuhan hak-hak disabilitas dalam konteks pandemi COVID-19 dan bencana khususnya pada Jaringan Walikota Kota Inklusif/Pokja Menuju Kota Inklusif, melalui serangkaian kegiatan yaitu asesmen cepat untuk penyusunan kertas kebijakan, pelatihan, pembuatan alat kampanye/edukasi, dan talkshow radio.

Sebagai kegiatan puncak serta untuk membangun proses dialog antar pemangku kebijakan serta komitmen pemerintah daerah khususnya pemerintah kota terkait pemenuhan hak-hak disabilitasi dalam konteks pandemi COVID-19 dan bencana, maka APEKSI dan UNESCO akan menyelenggarakan Dialog Kebijakan dengan tema “Respon Pandemi COVID-19 dan Bencana, Menuju Kota Inklusif Disabilitas” pada:

10 Kota-Kota Dampingan: Padang, Metro, Mojokerto, Singkawang, Tarakan, Palu, Bitung, Ternate, Ambon dan Jayapura.

 

disabilitas talkshow youtube

APEKSI dan UNESCO Jakarta menyelenggarakan Talkshow Radio: Respon Pandemi COVID-19 dan Bencana Menuju Kota Inklusif Disabilitas yang dilaksanakan pada:1 Desember 2021 bersama Walikota Tarakan, Ketua HWDI dan Manajer Umum APEKSI.

talkshow disabilitas

Rekaman dapat disimak kembali melalui Youtube APEKSI Official https://youtu.be/MlwPGIeOs_Y dan Radio Elshinta https://www.youtube.com/c/RadioElshinta

#APEKSInergi

pelatihan ii 4

APEKSI dan UNESCO Jakarta melaksanakan Pelatihan II: Pemenuhan Hak-Hak Disabilitas Dalam Konteks Pandemi COVID-19 dan Bencana untuk kota dampingan, Kota Ambon dan Kota Jayapura pada 29-30 November 2021.

Narasumber dari Dirjen Dukcapil, HWDI, BNPB dan Kompas serta diikuti Kota Bitung dan Kota Ternate dari berbagai dinas terkait seperti Bappeda, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Pekerjaan Umum, BPBD, Dinas Komunikasi dan Informasi bersama stakeholders terkait disabilitas kotanya masing-masing.

Kegiatan ditutup oleh Direktur Eksekutif sekaligus mengakhiri rangkaian Pelatihan II untuk 10 kota-kota dampingan. Rangkaian kegiatan berikutnya adalah Talkshow Radio pada 1 Desember 2021 dan Dialog Kebijakan pada 6 Desember 2021.

pelatihan ii 4

APEKSI dan UNESCO Jakarta melaksanakan Pelatihan II: Pemenuhan Hak-Hak Disabilitas Dalam Konteks Pandemi COVID-19 dan Bencana untuk kota dampingan, Kota Bitung dan Kota Ternate pada 24-25 November 2021.

Narasumber dari Dirjen Dukcapil, HWDI, BNPB dan Kompas serta diikuti Kota Bitung dan Kota Ternate dari berbagai dinas terkait seperti Bappeda, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Pekerjaan Umum, BPBD, Dinas Komunikasi dan Informasi bersama stakeholders terkait disabilitas kotanya masing-masing.

pelatihan ii 3

APEKSI dan UNESCO Jakarta melaksanakan Pelatihan II: Pemenuhan Hak-Hak Disabilitas Dalam Konteks Pandemi COVID-19 dan Bencana untuk kota dampingan, Kota Tarakan dan Kota Palu pada 10-11 November 2021.

Narasumber dari Dirjen Dukcapil, HWDI, BNPB dan Kompas serta diikuti Kota Tarakan dan Kota Palu dari berbagai dinas terkait seperti Bappeda, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Pekerjaan Umum, BPBD, Dinas Komunikasi dan Informasi bersama stakeholders terkait disabilitas kotanya masing-masing.

pelatihan ii 1 1

APEKSI dan UNESCO Jakarta melaksanakan Pelatihan II: Pemenuhan Hak-Hak Disabilitas Dalam Konteks Pandemi COVID-19 dan Bencana untuk kota dampingan, Kota Padang dan Kota Metro pada 3-4 November 2021.

Pelatihan dibuka oleh Direktur Eksekutif dan dipandu Manajer Umum dengan narasumber dari Dirjen Dukcapil dan HWDI pada hari pertama dan BNPB dan Kompas pada hari kedua.

Kota Padang dan Kota Metro dari berbagai dinas terkait seperti Bappeda, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Pekerjaan Umum, BPBD, Dinas Komunikasi dan Informasi bersama stakeholders terkait disabilitas kotanya masing-masing.

pelatihan ii 1 1

APEKSI dan UNESCO Jakarta akan melaksanakan Pelatihan II: Pemenuhan Hak-Hak Disabilitas Dalam Konteks Pandemi COVID-19 dan Bencana untuk aparat pemerintah 10 kota dampingan, masing-masing selama 2 (dua) hari tiap minggunya dimulai tanggal 3 November 2021 hingga 30 November 2021.

Pelatihan II akan diikuti oleh aparat pemerintah 10 kota dampingan dari berbagai dinas terkait seperti Bappeda, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Pekerjaan Umum, BPBD, Dinas Komunikasi dan Informasi bersama stakeholders terkait disabilitas kotanya masing-masing.

zoom pelatihan i 2

 Disabilitas APEKSI dan UNESCO Jakarta melaksanakan Pelatihan I Hari ke-2: Pemenuhan Hak-Hak Disabilitas Dalam Konteks Pandemi COVID-19 dan Bencana pada tanggal 28 Oktober 2021 pada pukul 09.00-14.00 WIB.

Pelatihan dipandu Manajer Umum APEKSI. Narasumber Pelatihan ini, antara lain: SAPDA dan AIDRAN.

Kegiatan masih diikuti oleh aparat pemerintah 10 kota dampingan dari berbagai dinas terkait seperti Bappeda, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Pekerjaan Umum, BPBD, Dinas Komunikasi dan Informasi.

Kota-kota dampingan: Padang, Metro, Mojokerto, Singkawang, Tarakan, Palu, Bitung, Ternate, Ambon dan Jayapura.

zoom pelatihan i

APEKSI dan UNESCO Jakarta melaksanakan Pelatihan I: Pemenuhan Hak-Hak Disabilitas Dalam Konteks Pandemi COVID-19 dan Bencana pada tanggal 27 Oktober 2021 pada pukul 09.00-14.00 WIB.

Pelatihan diawali dengan sambutan dan dibuka Direktur Eksekutif APEKSI. Narasumber Pemerintah, dari Kementerian PPN/Bappenas dan Kementerian Sosial.

Kegiatan diikuti oleh aparat pemerintah 10 kota dampingan dari berbagai dinas terkait seperti Bappeda, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Pekerjaan Umum, BPBD, Dinas Komunikasi dan Informasi.

usesco pelatihan i

APEKSI dan UNESCO Jakarta akan melaksanakan Pelatihan I: Pemenuhan Hak-Hak Disabilitas Dalam Konteks Pandemi COVID-19 dan Bencana pada tanggal 27-28 Oktober 2021.

fgd2

Focus Group Discussion-2, Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas dalam Konteks Pendemi Covid-19 dan Bencana kolaborasi APEKSI dan UNESCO Jakarta digelar pada 7 Oktober 2021.

Kegiatan dihadiri UNESCO, Kementerian terkait, 10 Pemerintah Kota dan narasumber dari AIDRAN-Jaringan OPD Respon Covid-19 Inklusif dan HWDI.

Materi dapat diunduh/download di APEKSI Digital Library atau https://go.apeksi.id/kotainklusif.

fgd1

Focus Group Discussion-1, Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas dalam Konteks Pendemi Covid-19 dan Bencana kolaborasi APEKSI dan UNESCO Jakarta digelar pada 6 Oktober 2021.

Kegiatan dihadiri UNESCO, Ketua Pokja Menuju Kota Inklusif APEKSI/Walikota Yogyakarta, HWDI, Sehati, Satunama, Humanity & Inclusion, AIDRAN-Jaringan OPD Respon Covid-19 Inklusif, Garamin NTT, CIQAL, IFRC, Yakkum, PSID Universitas Brawijaya, Persani, SIGAB, KOMPAK, Danareksa, KADIN, Kompas.

Materi dapat diunduh/download di APEKSI Digital Library atau https://go.apeksi.id/kotainklusif.

kota toleran

APEKSI DIGITAL LIBRARY


apeksiwebinar





BUKU DELAPAN LANGKAH TRANSFER INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Buku Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik dapat diunduh/download di Library.


MENGAWAL TOLERANSI KOTA SELURUH INDONESIA

Indonesia memiliki keanekaragaman masyarakat dengan berbagai latar budaya serta agama. Toleransi menjadi faktor penting guna menjaga kehidupan masyarakat tetap harmonis.

Tentang Tata Kelola Kota Toleran

Toleransi dan kebersamaan di kota kita harus terjaga. Kerukunan dan segala kemajuan kota dapat hancur seketika, jika kita tidak ada konsistensi dan keseriusan mengawalnya. Inilah tugas besar generasi masa kini: mewariskan toleransi dan saling menghormati dalam keharmonisan kehidupan seluruh kota di Indonesia.

Didukung oleh: 

logo taf

menjaga kerukunan dan memperkuat toleransi kota tn

Menjaga Kerukunan Dan Memperkuat Toleransi Kota

Ada sejumlah kunci atau cara-cara yang bisa diterapkan dalam menjaga toleransi di Indonesia dan kota khususnya, baik dalam hal perbaikan kebijakan, tata kelola toleransi.

belajar toleransi di kota kota indonesia tn

Belajar Toleransi di Kota-Kota Indonesia

Indonesia memiliki banyak kota yang bisa menjadi percontohan kehidupan bertoleransi yang baik.

potret keberagaman dan toleransi di indonesia tn

Potret Keberagaman dan Toleransi di Indonesia

Toleransi menjadi modal penting dalam mewujudkan pertumbuhan pembangunan dalam negeri.

 21APEKSInergi

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kami bekerja di rumah/work from home dalam rangka penerapan PPKM Jawa - Bali dan kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | We are work from home due the implementation of Java - Bali large-scale social restrictions and we can be contacted by email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

#StayHome #StaySafe 


 
personil apeksi juli 2021
 

 
apeksipeta

Flag Counter




profil 2021

Buku Profil APEKSI dapat diunduh/download melalui APEKSI Digital Library.

apeksikegiatan


kalender outlook

 

Mitra | Partners

kppodbnnbpomposindonesiagizicleiicmaueuclg-ascpagcomiucunescounisdrworldbankicldu pertaminaiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxtafpusad paramadinaliputan6katadataiap2idcartenz groupcaasystemiqkinaryahukumonlinedotcomjustikagmt garindonapindokreenid

blue shapes

 

© 2000-2021 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities