APEKSI Webinar
Saturday November 28, 2020

webinar cartenz

Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik, standar pelayanan haruslah meliputi: prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan serta sarana dan prasarana. Payung hukum terkait pelayanan publik bagi pemerintah sebagai penyelenggara maupun masyarakat dijamin dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Untuk itu, masyarakat berhak menerima pelayanan publik terkait kebutuhannya baik untuk hal yang bersifat administratif maupun kebutuhan lain.

Hal ini kemudian ditindaklanjuti oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang menginstruksikan untuk adanya sebuah portal pelayanan digital terpusat yang memudahkan masyarakat umum berinvestasi lewat Online Single Submission (OSS).

Untuk itu, dianggap perlu adanya sebuah kegiatan untuk men-sosialisasikan pentingnya Digitalisasi Layanan Publik guna meningkatkan kepuasan masyarakat kepada pemerintah khususnya pemerintah daerah. Sehingga tercapai Service Level Agreement (SLA) yang prima dalam hal Pelayanan Publik.

Mendukung hal tersebut, APEKSI dan Cartenz Group bekerjasama menyelenggarakan webinar dengan topik pembahasan “Standarisasi SLA Pelayanan Publik Pasca Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja” yang akan dilaksanakan pada:

Bersama pada narasumber: Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Kedeputian Badan Koordinasi Penanaman Modal, Walikota Manado dan Walikota Pekanbaru.

*Peserta yang mengikuti webinar ini akan mendapatkan e-sertifikat

kmf2020web

APEKSI kembali menyelenggarakan Knowledge management Forum (KMF) 2020 dengan tema Menuju Pemerintah Kota yang Berketahanan Iklim dan Rendah Karbon secara daring pada Senin - Kamis, 23 - 26 November 2020 diikuti oleh anggota Pokja Perubahan Iklim APEKSI serta pemerintah kota yang belum menjadi anggota Pokja, namun terlibat dalam proyek-proyek perubahan iklim dampingan mitra APEKSI, seperti ICLEI, IUC dan UCLG ASPAC untuk proyek CRIC.

Setiap pemerintah kota akan menyampaikan program/aksi mitigasi atau adaptasi perubahan iklim yang telah dilakukan. KMF juga akan menghadirkan narasumber dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Dalam Negeri, Bappenas, kelompok sipil masyarakat, swasta dan media.

Pemerintah Kota Anggota Kelompok Kerja Perubahan Iklim APEKSI yang diundang untuk berpartisipasi secara aktif di dalam Knowledge Management Forum (KMF) Tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual ini, adalah: Balikpapan, Cirebon, Pekalongan, Sukabumi, Palembang, Bandar Lampung, Bekasi, Probolinggo, Semarang, Bogor, Madiun, Salatiga, Tarakan, Cimahi, Surabaya, Makassar, Denpasar, Blitar, Banjarmasin, Mataram.

Di samping Kota Anggota Pokja Perubahan Iklim APEKSI, beberapa kota dampingan mitra juga diundang untuk dapat memberikan sharing pengalaman dan pengetahuan terkait dengan aksi-aksi adaptasi dan mitigasi yang telah dilakukan di kotanya masing-masing. Kota-kota dampingan mitra tersebut, antara lain: Tangerang Selatan, Tangerang, Depok, Malang, Bontang dan Tanjungpinang.

iap2idwebinar

APEKSI dan IAP2 Indonesia menyelenggarakan Webinar, dengan tema: Kolaborasi Semua Pihak Dalam Proses Perencanaan Pembangunan yang Berketahanan Pandemi, pada:

Pembuka:

  • Airin Rachmi Diany, S.H., M.H. (Ketua Dewan Pengurus APEKSI)

Pembicara:

  • Dr. Fadli Zon, S.S., M.Sc. (Ketua BKSAP DPR-RI)
  • Drs. Heroe Poerwadi, MA (Wakil Walikota Yogyakarta)
  • Dr. Ir. Wisnu Utomo (Direktur KPI dan Polugri, Kementerian PPN/BAPPENAS)
  • Ony Jamhari (CEO of School of Government and Public Policy Indonesia)
  • Juliaty Ansye Sopacua, PhD. (UNDP SDGs Advisor/Direktur SDG Academy Indonesia)
  • Ah Maftuchan (Direktur Ekskutif The PRAKARSA

Moderator:

  • Sri Indah Wibi Nastiti (Direktur Eksekutif APEKSI)

Penutup:

  • Aldi Muhammad Alizar (Chair IAP2 Indonesia)

tpb7

UCLG ASPAC bersama APEKSI dan melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, sebagai bagian dari kegiatan LOCALISE SDGs menyelenggarakan Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #7: “Mendorong Pengelolaan Limbah Medis dari Penanganan COVID-19 yang Efektif di Masa Pandemi COVID-19”. 

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

  • Hari/tanggal: Selasa, 27 Oktober 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB | 14.00-16.00 WITA | 15.00-17.00 WIT
  • Tempat: via zoom cloud meeting
  • Registrasi: http://bit.ly/DiskusiDaringTPB-7

dialog khusus uu cipta kerja medsos

APEKSI mendukung penuh upaya Pemerintah untuk melakukan penguatan perekonomian nasional melalui Rancangan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Kami mengapresiasi upaya Pemerintah berupaya menghadirkan terobosan baru dalam hal menyelesaikan permasalahan disharmonisasi regulasi, memberikan kemudahan investasi, peningkatan perlindungan dan kesejahteraan pekerja, pemberdayaan dan menguatkan UMKM dan peningkatan investasi pemerintah serta percepatan proyek strategis nasional untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang tengah menyusun aturan turunan UU Cipta Kerja bidang agraria/pertanahan dengan target, membuat peraturan turunan sebanyak 4 (empat) Peraturan Pemerintah (PP) yaitu tentang penataan ruang, pengadaan tanah untuk kepentingan umum, hak-hak tanah dan pembentukan bank tanah.

Dan memandang terdapat beberapa catatan penting yang perlu didialogkan terkait kejelasan kewenangan daerah dalam perizinan berusaha dan tata ruang serta pertanahan. Hal ini penting agar terbangun kesamaan pemahaman di antara para kepala daerah pemerintah kota dalam penerapan UU Cipta Kerja ini nantinya.

APEKSI menyelenggarakan Dialog Khusus Undang-Undang Cipta Kerja dengan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada:

 

 

 

localise sdgs tpb6

UCLG ASPAC bersama APEKSI dan melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, sebagai bagian dari kegiatan LOCALISE SDGs menyelenggarakan Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #6 : "Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #6:“Peningkatan Kualitas dan Sinkronisasi Data yang Efektif untuk Mewujudkan JaringPengaman Sosial yang Tepat Sasaran serta Berkeadilan”. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

  • Hari/tanggal: Kamis, 15 Oktober 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB | 14.00-16.00 WITA | 15.00-17.00 WIT
  • Tempat: Zoom meeting
  • Registrasi:https://bit.ly/DiskusiDaringTPB6

Info lebih lanjut dapat menghubungi Sdr. Teguh Ardhiwiratno di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., atau Sdri. Vidya di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

rakor sek komwil

Rapat Koordinasi Sekretariat Komisariat Wilayah (Komwil) diselenggarakan pada Senin, 12 Oktober 2020 melalui daring, rakor dipimpin Direktur Eksekutif APEKSI dan dihadiri seluruh Sekretariat (Komwil) I - VI.

Agenda membahas kesiapan Komwil, seperti Program, Rekomendasi dan usulan calon Ketua APEKSI dalam rangka penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) VI APEKSI yang rencananya akan dilaksanakan pada minggu ke-3 di bulan Januari 2021.

Pada kesempatan ini Sekretariat APEKSI menawarkan kegiatan Virtual Expo yang dapat diakses melalui http://go.apeksi.id/virtu-ex dan materi kegiatan di APEKSI Digital Library.

APEKSI DIGITAL LIBRARY


apeksiwebinar





BUKU DELAPAN LANGKAH TRANSFER INOVASI PELAYANAN PUBLIK

Buku Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik dapat diunduh/download di Library.

black shapes

Mitra | Partners

yipdkppodbnnbpomposindonesiacimgizicleiicmamercycorps indonesiauclg-ascpaunescounisdrworldbanku pertaminatauiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxkatadataiap2id

black shapes

75ri apeksi putihmerah

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil apeksi

Profil dalam Bahasa Indonesia | Profile in English 

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan - Setiabudi
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kantor tutup sesuai penerapan PSBB DKI Jakarta, kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | The office is closed due to the implementation of Jakarta Province's large-scale social restrictions, we can be contacted via email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
75ri personil
 

  
 
apeksipeta

Flag Counter




Proposal

Indonesia City Expo XVIII tanggal 30 Juni - 3 Juli 2020 di Lapangan BBF Bintaro, Tangerang Selatan  Launching Indonesia City Expo XVIII tanggal 19 Februari 2020 di Hotel Santika Premiere Bintaro, Tangerang Selatan

Dokumen ICE 2020 berupa proposal dapat diunduh/download di Library. Dokumen untuk Proposal Pemerintah Kota dan dokumen untuk Proposal Mitra, Swasta dan Bisnis.

INDONESIA GENUINE FESTIVAL (IGEF) akan dilaksanakan pada 31 Juli - 2 Agustus 2020 di Liverpool, Inggris. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui link IGEF.

 

© 2000-2020 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities