PENANGANAN COVID-19 KOTA-KOTA INDONESIA
Thursday May 13, 2021

dokumen covid19

Pandemi Covid-19 belum akan berakhir dalam waktu singkat, inovasi untuk beradaptasi dengan tatanan kehidupan baru atau new normal life adalah pilihan untuk tetap bertahan dalam hidup. Sektor ekonomi, sosial, kesehatan dan lain lain harus mulai sedikit demi sedikit bergerak untuk menopang roda dinamika yang telah tersendat beberapa waktu lalu sejak pandemi dinyatakan serius mewabah Indonesia.

Berbagai strategi pemerintah dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, tidak ketinggalan berbagai terobosan pemerintah daerah untuk melindungi warganya tetap produktif dan aman Covid-19. Memasuki tahapan kehidupan baru adalah titik kebangkitan semua pihak untuk saling bersinergi bersama membangun upaya serta inovasi agar roda ekonomi dan protokol kesehatan berjalan baik.

Pemerintah Kota Bogor berinovasi pada berbagai sektor tananan kehidupan baru, diharapkan ini adalah langkah awal untuk menggerakan sektor lain turut serta menularkan semangat baru dalam beradaptasi kehidupan baru ditengah pandemi ini, Inovasi di berbagai sektor tersebut adalah:

Tetap produktif “Adaptasi Kebiasaan Baru” (AKB) Restoran Kota Bogor;

bogor 1

Seperti kita ketahui bahwa restoran adalah tempat yang menjadi tujuan warga setelah lama berdiam diri dirumah, baik untuk sekedar kangen untuk bertemu rekan, saudara atau lainya bahkan untuk sekedar ‘ngopi’ di café atau restauran. Pandemi Covid-19 seakan memaksa bahwa kita tidak dapat melakukan hal itu semua tanpa memperhatikan protokol kesehatan baik oleh pihak restoran maupun kesadaran kita pribadi sebagai warga negara yang baik. Realisasi agar semua berjalan dan memulai lembaran baru adalah inovasi dari restoran untuk menjalankan secara ketat protol kesehatan terhadap pengunjung diantaranya:

  • Pengunjung dan karyawan restoran harus menggunakan makser dan pelindung wajah
  • Pengecekan suhu tubuh oleh karyawan terhadap pengunjung yang datang
  • Aturan ketat dari restoran hanya menerima 50% kapasitas pengunjung yang diterima untuk ‘dine in” selebihnya bisa “take away food” dengan pemesanan kursi system booking agar pembatasan pengunjung dapat terukur.
  • Agar memberi warna bagi pengunjung yang datang, pihak restoran memasang manekin (manekin foto artis atau public pigur lainya) yang juga berfungsi sebagai jarak dan pembatas satu meja dengan lainnya
  • Pihak restoran wajib menyediakan tempat cuci tangan, sabun dan hand sanitizer
  • Pemilihan menu melalui e-menu (elektronik menu) dan pembayaran non tunai sebagai bentuk mengurangi kontak langsung pengunjung dengan karyawan restoran.

Kontak Person:
Café Rumah 30: Maria 08129023811
Restoran Bumi Aki: Deassy 081809393098
Dinas terkait Bappeda: Lusi 0818720014/This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

tpb ekspos2

UCLG ASPAC dan APEKSI dengan Program LOCALISE SDGs menyelenggarakan Diskusi Daring #11 Ekspos Hasil Penelitian Localise SDGs dengan tema “Penguatan Pemerintah Daerah dalam Menangani Dampak Sosial pada Masa Pandemi COVID-19 melalui Sinkronisasi Data” pada:

Hari/tanggal: Rabu, 23 Desember 2020
Waktu: 13.00-15.00 WIB
Tempat: Zoom Cloud Meeting dan Youtube
Registrasi:bit.ly/DiskusiDaringTPBke-11

tpb 9

UCLG ASPAC dan APEKSI dengan Program LOCALISE SDGs menyelenggarakan Diskusi Daring #9 dengan tema “Penyesuaian Strategi dan Kebijakan Pelaksanaan Pencapaian TPB/SDGs Dalam Upaya Akselerasi Pencapaian TPB/SDGs di Daerah Pada Masa Pandemi COVID-19” pada:

Hari/tanggal: Kamis, 26 November 2020
Waktu: 09.30-12.00 WIB
Tempat: Live on Zoom Cloud Meeting & Youtube
Registrasi: bit.ly/DiskusiDaringTPBke9

tpb8

Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #8: “Upaya Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan Berbasis Gender yang Efektif di Masa Pandemi COVID-19”

Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #8 diselenggarakan pada:

  • Hari/Tanggal: Kamis, 12 November 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB 14.00-16.00 WITA 15.00-17.00 WIT
  • Tempat: via zoom cloud meeting
  • Registrasi: https://bit.ly/DiskusiDaringTPB8

tpb7

UCLG ASPAC bersama APEKSI dan melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, sebagai bagian dari kegiatan LOCALISE SDGs menyelenggarakan Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #7: “Mendorong Pengelolaan Limbah Medis dari Penanganan COVID-19 yang Efektif di Masa Pandemi COVID-19”. 

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

  • Hari/tanggal: Selasa, 27 Oktober 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB | 14.00-16.00 WITA | 15.00-17.00 WIT
  • Tempat: via zoom cloud meeting
  • Registrasi: http://bit.ly/DiskusiDaringTPB-7

localise sdgs tpb6

UCLG ASPAC bersama APEKSI dan melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, sebagai bagian dari kegiatan LOCALISE SDGs menyelenggarakan Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #6 : "Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #6:“Peningkatan Kualitas dan Sinkronisasi Data yang Efektif untuk Mewujudkan JaringPengaman Sosial yang Tepat Sasaran serta Berkeadilan”. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

  • Hari/tanggal: Kamis, 15 Oktober 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB | 14.00-16.00 WITA | 15.00-17.00 WIT
  • Tempat: Zoom meeting
  • Registrasi:https://bit.ly/DiskusiDaringTPB6

Info lebih lanjut dapat menghubungi Sdr. Teguh Ardhiwiratno di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., atau Sdri. Vidya di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

isna 2020

Citiasia Center for Smart Nation (CCSN) mengadakan gelaran Indonesia Smart City Investment Forum (ISCIF) Talkshow yang dibarengi dengan Penganugerahan Daerah-Daerah Pemenang 4th Indonesia Smart Nation Award (ISNA), yang diselenggarakan secara daring pada tanggal 5 Oktober 2020, dengan tema Smart City 2020: Driving Innovation and Productivity during the Global Pandemic.”

Penghargaan Kategori Smart Governance
1. Kota Balikpapan dengan inovasi Teknologi Smart Card
Penghargaan Kategori Smart Branding
1. Kota Pare-pare dengan inovasi Penerapan New Normal Pada Wisata Salo Karajae
2. Kota Pekalongan dengan inovasi Penetapan Technopark dan Kuliner Siaga Candi
Penghargaan Kategori Smart Economy
1. Kota Batam dengan inovasi Aplikasi Bakulan (Belanja Online Sayuran, Buah, Bumbu Dapur)
2. Kota Gorontalo dengan inovasi Aplikasi Patali Shoping Point (PSP)
Penghargaan kategori Smart Living
1. Kota Semarang dengan inovasi Aplikasi Trans Semarang
2. Kota Tarakan dengan inovasi Utilisasi Tes Cepat Molekuler (TCM) COVID-19 yang Optimal 
Penghargaan Kategori Smart Society
1. Kota Denpasar dengan inovasi Sistem Jaga Baya
2. Kota Probolinggo dengan inovasi Perkuat Kampung Tangguh
3. Kota Tegal dengan inovasi Program Pembelajaran Local Loop
Penghargaan Kategori Smart Environment
1. Kota Padang Panjang dengan inovasi Pemanfaatan Serai Wangi
Penghargaan Kategori Special Mention
1. Kota Tangerang dengan inovasi Pelayanan Kesehatan COVID-19 yang Terpenuhi
2. Kota Tangerang Selatan dengan Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi

Selamat atas Kota-Kota yang menerima Penghargaan ISNA 2020. 

AI Computer Webinar

Teknologi Computer Vision berbasis Al memungkinkan Pemerintah melakukan pengawasan secara lebih optimal untuk menghadapi Covid-19. Pendekatan solusi Public Mobility Monitoring melalui teknologi Kecerdasan Artifisial ini sangat berpotensi membantu Penerapan Protokol Kesehatan di masa New Normal. Penerapan solusi tersebut dapat mengotomasi proses pemantauan yang dapat menghasilkan output deteksi wajah memakai masker atau yang tidak memakai masker yang dilengkapi dengan sistem peringatan.

Dalam rangka sosialisasi pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan guna mendukung pembangunan daerah (Smart City) di masa PSBB transisi, APEKSI bekerjasama dengan PT Nodeflux Teknologi Indonesia, PT Huawei Tech Investment dan PT Virtus Technology Indonesia menggelar seminar daring (webinar) via Zoom guna memberikan wawasan teknologi bagi Pemerintah Daerah yang dapat diimplementasikan pada konteks smart city dan COVID-19.

Webinar: Pemanfaatan Teknologi AI Computer Vision Guna Menunjang Implementasi Protokol Kesehatan COVID-19 Di Daerah diselenggarakan pada:

Pembicara webinar ini antara lain: Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Bappedalitbang Pemerinta Kota Manado, Huawei Indonesia dan Nodeflux. 

localise sdgs 5

UCLG ASPAC bersama APEKSI dan melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, sebagai bagian dari kegiatan LOCALISE SDGs menyelenggarakan Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #5 "Aksi Menuju Pembangunan Berkelanjutan Dalam Masa Pandemi Menjaga Ketahanan Pangan di Masa Pandemi COVID-19".

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

  • Hari/tanggal: Kamis, 1 Oktober 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB 14.00-16.00 WITA 15.00-17.00 WIT
  • Tempat: Zoom cloud meeting
  • Registrasi: http://bit.ly/DiskusiDaringTPB5
unesco apeksi webinar
 
Pandemi COVID-19 sudah menunjukan dampak signifikan di berbagai aspek kehidupan, termasuk semua kelompok orang tanpa kecuali para penyandang disabilitas sebagai salah satu kelompok yang dipandang cukup rentan. Berbagai dampak dan masalah yang terjadi menginisiasi berbagai pihak untuk memberikan perhatian terhadap kelompok disabilitas bahwa layanan terhadap mereka selayaknya terpenuhi sesuai dengan kebutuhannya.

Mereka terkena dampak secara ekonomi, sosial dan kesehatan, keterbatasan menambah tantangan bagi kelompok disabilitas di tengah pandemi COVID-19. Mempertimbangkan pentingnya berbagai masalah yang berkaitan dengan kelompok rentan selama pandemi COVID-19, perlu ada forum untuk mensosialisasikan dan mendiskusikan kebijakan pemerintah di Indonesia terkait dengan penyandang disabilitas termasuk dari program pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam menangani penyandang disabilitas dan mendiskusikan tantangan serta masukan untuk perbaikan di masa depan.

APEKSI bekerja sama dengan UNESCO mengadakan seminar daring dengan tema "Melindungi Hak-Hak Penyandang Disabilitas di Masa Pandemi COVID-19” yang akan dilaksanakan pada:
 

Narasumber

  • Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial
  • Deputi Perlindungan Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  • Walikota Surakarta
  • Walikota Banjarmasin

Pembahas:
  • Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia
  • Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia.

Moderator: Sentra Advokasi Perempuan Difabel dan Anak
 

*Peserta akan mendapatkan e-sertifikat dengan mengisi formulir yang linknya akan disampaikan saat webinar berlangsung

localisesdgs tpb1

APEKSI dan UCLG ASPAC melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, sebagai bagian dari kegiatan LOCALISE SDGs yang didukung oleh bantuan hibah dari Uni Eropa menyelenggarakan Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #1 “Strategi dan Upaya Pemerintah Daerah dalam Pemulihan Industri Pariwisata Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru selama Masa Pandemi COVID-19” pada:

  • Hari/tanggal: Kamis, 6 Agustus 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB
  • Tempat: Live Zoom Cloud Meeting
  • Registrasi: bit.ly/DiskusiDaringTPB1

Narasumber:

  • Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  • Gubernur Nusa Tenggara Barat
  • Walikota Sawahlunto
  • Gabungan Industri Pariwisata Indonesia
  • Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia
  • UCLG ASPAC

Moderator: Direktur Eksekutif APEKSI

itb webseries6

Seri Webinar Perkotaan Masa Depan: Pemantauan & Penginderaan Kota Cerdas kolaborasi dengan PIKKC ITB pada hari Kamis, 30 Juli 2020 pukul 14.00 - 16.00 WIB, Registrasi: http://sidas.id/e/WebinarSeries6.

black shapes

Mitra | Partners

kppodbnnbpomposindonesiagizicleiicmaueuclg-ascpagcomiucunescounisdrworldbankicldu pertaminaiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxtafpusad paramadinaliputan6katadataiap2idcartenz groupcaasystemiqkinaryahukumonlinedotcomjustika

black shapes

apeksi logo anggota

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kantor buka 4 hari dalam seminggu Senin - Kamis dengan berganti personil dalam rangka penerapan PSBB/PPKM DKI Jakarta dan kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | The office open 4 days a week Monday - Thursday with personnel shift due the implementation of Jakarta Province's large-scale social restrictions and we can be contacted by email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
personil apeksi
 

 
apeksipeta

Flag Counter




PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil apeksi 2021

Profil dalam Bahasa Indonesia | Profile in English 

Proposal

igef2021

INDONESIA GENUINE FESTIVAL (IGEF) akan dilaksanakan pada 3 - 5 September 2021 di Kota Manchester, Inggris. 

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui IGEF 2021 atau klik pada poster. 

 

© 2000-2021 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities