PENANGANAN COVID-19 KOTA-KOTA INDONESIA
Tuesday August 04, 2020

dokumen covid19

JAKARTA – Pemerintah Daerah mengalami tantangan berat pada masa pandemi COVID-19 terutama dalam mengatasi keterbatasan anggaran yang muncul akibat kelesuan perekonomian. Terbatasnya anggaran untuk pembiayaan pembangunan berdampak pada pelaksanaan pencapaian Tujuan pembangunan Berkelanjutan (TPB). Meski demikian, Pemerintah Daerah masih memiliki ruang untuk mendapatkan pembiayaan alternatif agar dapat melakukan inovasi dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di tengah pandemi ini. Sumber pembiayaan alternatif dapat berasal dari pinjaman ataupun kerjasama dengan badan usaha yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2018 tentang Pinjaman Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerjasama Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2015 tentang kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha. Pemerintah Pusat melalui Kementrian Dalam Negeri telah mengindentifikasi target-target TPB yang harus dilaksanakan dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Sebanyak 52 target jangka pendek harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah pada Rencana Kerja Pemerintah daerah (RKPD) tahun 2021 sesuai Permendagri Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan RKPD 2021. Untuk mendukung pelaksanaan dan percepatan target-target dalam RKPD 2021, Pemerintah Daerah dituntut memiliki inovasi dalam mencari sumber pembiayaan baru yang tidak tergantung pada dana transfer dari Pemerintah Pusat, seperti zakat, CSR, filantropi maupun sumber pendanaan dari lembaga pembiayaan milik negara.

Hal ini terungkap dalam sesi diskusi daring (webshare) ke-15 berjudul “Skema Penganggaran dan Peluang Pembiayaan Alternatif dalam Pencapaian TPB pada Masa Pandemi COVID-19” (seri 2) yang diselenggarakan oleh Program LOCALISE SDGs yang dilaksanakan oleh UCLG ASPAC danAPEKSI dengan dukungan finansial dari Uni Eropa, Kamis(23/7). Diskusi yang dimoderatori Dr. Megandaru W. Kawuryan selaku Direktur Eksekutif Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini, menghadirkan empat pembicara, yaitu Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta Dr. Ir. Nasruddin Djoko Surjono, Sekretaris Jenderal Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI)/Ketua DPRD Kota Mataram - Didi Sumardi, S.H, Team Leader Fiscal Capacity and Project Appraisal Divisi Pembiayaan Publik, PT SMI - Nanang Arifin, dan Direktur Eksekutif Filantropi Indonesia, Hamid Abidin. Diskusi online ini berlangsung selama 2 jam dengan lebih dari 500 orang peserta terdaftar.

APEKSI INDOSAT Webinar Smart City full

Connex Webinar: Siap Hadapi Era New Normal dengan Smart City Berinfrastruktur Teknologi Cerdas dan Aman, merupakan kerjasama Indosat Ooredoo dan APEKSI yang diselenggarakan pada Kamis, 16 Juli 2020 pukul 13.00-15.00 WIB.

Webinar menghadirkan Dirjen Aptika Kemenkominfo, Ketua Dewan Pengurus, Walikota Balikpapan/Wakil Ketua Dewan Pengurus, Walikota Tangerang, Indosat Ooredoo Business, Qlue Smart City dan Alibaba Cloud.

Materi webinar dapat diunduh/download di go.apeksi.id/connexdocs

Komisariat Wilayah IV menyelenggarakan kegiatan Lokakarya dan Pra Muskomwil VI pada 14 Juli 2020 secara daring.

Tema lokakarya: Strategi Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Covid-19, kegiatan diawali dengan laporan Manajer Sekretariat Komwil VI terkait penyelenggaraan lokakarya dan rapat kerja Pra Muskomwil, sambutan: Walikota Ambon selaku Ketua Komwil VI dan Ketua Dewan Pengurus sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini.

lokakarya pra muskomwil

Lokakarya ini menghadirkan narasumber, antara lain:

  • Plh. Dirjen Bangda Kemendagri
  • Wakil Walikota Magelang

Setelah istirahat acara dilanjutkan dengan rapat kerja Pra Muskomwil IV.

apeksi iap

Dalam rangka memberikan kontribusi terhadap upaya pemerintah melakukan penanganan dan pemulihan dampak Covid-19, Ikatan Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota (IAP) bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menyelenggarakan webinar dengan tema, “Perencanaan Pembangunan Daerah Pasca Covid-19: Mendorong Peningkatan kreatifitas dan Inovasi Perencana”.

Webinar ini direncanakan akan membahas bagaimana profesi perencana dapat berkontribusi dalam menguatkan perencanaan pembangunan pasca Covid-19, khususnya dalam rangka pemulihan ekonomi yang akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal: Rabu, 15 Juli 2020
Waktu: 08.30 - 12.30 WIB
Tempat: Live Zoom Cloud Meeting
Materi: https://link.apeksi.id/iapdocs

Keynote:

  • Plt. Sekjen Kemedagri & Dewan Penasehat IAP, Dr. Muhammad Hudori

Narasumber:

  • Walikota Semarang, Hendrar Prihadi
  • Perencana Senior & CEO Kota Baru Bandar Kahyangan Lombok, Dr. Son Diamar
  • Senior Advisor EY Indonesia & Ketua MKE IAP Indonesia, Bernardus Djonoputro
  • Bappeda Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Suyanto Waspo Tondo W
  • Future Cities LAb & NUS Singapore, Tunas Sari Devi
  • Ketua Perkumpulan Perencana Pemerintah Indonesia (PPPI), Suprayoga Hadi

Materi webinar: https://link.apeksi.id/iapdocs

webshare14

APEKSI dan UCLG ASPAC dengan melibatkan Asosiasi pemerintah daerah dan DPRD melalui LOCALISE SDGs, mengundang Pemerintah Daerah, CSO, Organisasi Internasional, akademisi dan pihak lainnya yang berperan aktif dalam pencapaian TPB di Indonesia untuk berpartisipasi dalam diskusi online WebShare #14 "Skema Penganggaran dan Peluang Pembiayaan Alternatif di Daerah dalam Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Masa Pandemi COVID-19” (seri 1) pada:

  • Hari/tanggal: Jumat, 10 Juli 2020
  • Waktu: 14.00 - 16.00 WIB
  • Tempat: Zoom Cloud Meeting
  • Materi: APEKSI Digital Library

Narasumber:

  • Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan, BAZNAS: Dr. Irfan Syauqi Beik
  • Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah: Bahri, S.STP, M.Si
  • Kepala Sekretariat Nasional ADKASI: Syamsu Rizal, SE, M.Si
  • Walikota Batam : H. Muhammad Rudi, S.E., M.M.
  • Sekjen UCLG ASPAC: Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi APEKSI dengan Sdr. Teguh Ardhiwiratno dengan nomor 0818 131 433 atau UCLG ASPAC dengan Sdri. Vidya di nomor 0857 1434 9677.

APEKSI INDOSAT Webinar Smart City full

APEKSI dan Indosat Ooredoo Business menyelenggarakan Webinar dengan tema: Siap Hadapi Era New Normal dengan Smart City Berinfrastruktur Teknologi Cerdas dan Aman pada:

  • Hari/tanggal: Kamis, 16 Juli 2020
  • Waktu: 13.00-15.00 WIB
  • Tempat: Live Zoom Cloud Meeting
  • Registrasi: http://go.apeksi.id/connex

Narasumber:

  • Dirjen Aptika Kemenkominfo
  • Ketua Dewan Pengurus APEKSI/Walikota Tangerang Selatan
  • Wakil Ketua Dewan Pengurus Bidang Ekonomi dan Keuangan/Walikota Balikpapan
  • Walikota Tangerang
  • Indosat Ooredoo Bunisess
  • Founder & CEO Qlue Performa Indonesia
  • Alibaba Cloud Indonesia

*Peserta yang mengikuti webinar ini akan mendapatkan e-Sertifikat. 

 

itb webinarseries4

Seri Webinar Perkotaan Masa Depan: Pandemi & Kesehatan Kota bersama Walikota Bogor kolaborasi dengan PIKKC ITB pada hari Kamis, 2 Juli 2020 pukul 14.00 - 16.00 WIB, Registrasi: http://sidas.id/e/WebinarSeries4.


webshare11

APEKSI bersama UCLG ASPAC dengan melibatkan Asosiasi Pemerintah Daerah dan DPRD melalui Program LOCALISE SDGs menyelenggarakan diskusi online dengan tema "Strategi dan Tantangan Pemerintah Daerah Dalam Pencapaian Sasaran Jangka Pendek dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/TPB di Masa Pandemi COVID-19", pada:

  • Hari/tanggal: Kamis, 25 Juni 2020
  • Waktu: 14.00 - 16.00 WIB
  • Tempat: Live Zoom Cloud Meeting
  • Materi: APEKSI Digital Library

Narasumber:

  • Direktur Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah, Ditjen Bangda-Kemendagri: Budiono Subambang, ST, MPM.
  • Walikota Pariaman: Dr. H. Genius Umar, S.Sos., M.Si.
  • Walikota Pangkalpinang: H. Maulan Aklil, S.Ip., M.Si.
  • Bupati Wakatobi: H. Arhawi (*tbc)
  • Sekjen UCLG ASPAC: Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi
  • Sekjen TPO: Dr. Kim Soo-Il

Moderator:

  • Direktur Eksekutif APPSI: Dr. Megandaru W. Kawuryan

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi APEKSI dengan Sdr. Teguh Ardhiwiratno dengan nomor 0818 131 433 atau UCLG ASPAC dengan Sdri. Vidya di nomor 0857 1434 9677.

Pemenang Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru, Produktif dan Aman Covid-19 oleh Kementerian Dalam Negeri pada 20 Juni 2020:

Sektor Pasar Tradisional
Juara 1: Bogor
Juara 2: Semarang
Juara 3: Palembang

Sektor Pasar Modern
Juara 1: Bogor
Juara 2: Sukabumi
Juara 3: Semarang

Sektor Hotel
Juara 1: Pekanbaru
Juara 2: Surabaya
Juara 3: Semarang

Sektor Restoran
Juara 1: Bogor
Juara 2: Tangerang
Juara 3: Jambi

Sektor Tempat Wisata
Juara 1: Semarang
Juara 2: Bogor
Juara 3: Pare-Pare

Sektor Transportasi Umum
Juara 1: Bengkulu
Juara 2: Banda Aceh
Juara 3: Semarang

Sektor Tempat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)
Juara 1: Bekasi
Juara 2: Bandung
Juara 3: Surabaya

Juara favorit diberikan kepada Kota Batam, Kota Salatiga, dan Kota Bekasi

Selamat kepada Kota-Kota Pemenang Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru, Produktif dan Aman Covid-19.

 

Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengumumkan Pemenang Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru, Produktif dan Aman Covid-19. Pengumuman dilakukan di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kemendagri, Jakarta, Senin (22/06/2020) dengan protokol kesehatan yang ketat, serta dapat disaksikan secara virtual melalui zoom maupun akun Youtube Badan Litbang Kemendagri RI. 

Dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian mengatakan, berbagai ahli kesehatan baik nasional maupun internasional menyampakian bahwa pandemi Covid-19 ini tidak berakhir dengan segera. Oleh karena itu, dunia beradaptasi dengan pandemi ini dengan melakukan inovasi baru dengan tatanan baru atau new norma life, karena tidak mungkin melakukan pembatasan terus-menerus secara ketat apalagi lockdown, demikian pula dengan Indonesia. Upaya adaptasi ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, dengan istilah tatanan kehidupan baru yang produktif, aman Covid-19. 

“Sebagai sesuatu yang baru, tatanan ini memerlukan pengenalan atau pra kondisi agar seluruh masyarakat siap dan mampu beradaptasi. Prakondisi ini dilakukan dengan protokol kesehatan dalam berbagai sektor kesehatan dengan simulasi-simulasi,” kata Mendagri.

Ditambahkannya, upaya prakondisi tersebut diinisiasi terutama oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian/Lembaga, juga oleh Pemda di semua tingkatan. Tujuannya, agar terjadi gerakan Nasional kebersamaan menuju tatanan baru tersebut.

“Peran Pemda menjadi sangat penting, karena 548 Pemda tingkat I provinsi, dan tingat II kabupaten/kota bersentuhan langsung dengan masyarakat masing-masing. Oleh karena itu, Kemendagri bersama dengan Kemenkeu, Kemenkes, Gugus Tugas Covid-19, KemenPAN-RB, Kemenparekraf, Kemendag, dan BNPP berinisiatif membuat lomba antar daerah untuk membuat protokol kesehatan Covid-19 dengan simulasinya di 7 sektor kehidupan yaitu pasar tradisional, pasar modern, hotel, restoran, tempat wisata, transportasi umum, tempat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP),” tuturnya.

Adapun para pemenang tersebut adalah sebagai berikut:

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia, PUSAD Paramadina dan The Asia Foundation menyelenggarakan Webinar: Memperkuat Kerukunan dan Solidaritas di Tengah Covid-19 pada:

  • Hari/tanggal: Senin, 15 Juni 2020
  • Waktu: 10.00-12.00 WIB
  • Tempat: Zoom Cloud Meeting
  • Materi: APEKSI Digital Library

Narasumber:

  • Menteri Agama
  • Staf Ahli Menteri Dalam Negeri

Sesi Berbagi: Tantangan dan Hambatan:

  • Walikota Bogor
  • Walikota Singkawang
  • Wakil Walikota Banda Aceh
  • Ketua FKUB Kota Kupang
  • Ketua FKUB Kota Depok

Webinar Inklusif Internasional: Inklusif di masa Covid-19, merupakan kolaborasi dengan UNESCO Jakarta diselenggarakan pada:

Pembicara dari Indonesia, Ketua Pokja Menuju Kota Inklusif APEKSI, Heroe Poerwadi - Wakil Walikota Yogyakarta.

Link Youtube: https://link.apeksi.id/inclusion

 

covid19goid

pedoman manajemen covid19

Buku Pedoman Manajemen Bagi Pemerintah Daerah dalam Penangan Covid-19 dan Dampaknya dapat diunduh/download di Library.

Buku Pedoman Umum Menghadapi PANDEMI COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah (Edisi Revisi) dari Kementerian Dalam Negeri dapat diunduh/download di Library.

black shapes

Mitra | Partners

yipdbnnbpomposindonesiacimgizicleiicmamercycorps indonesiauclg-ascpaunescounisdrworldbanku pertaminatauiktiiantheusinmarkcommcitiasiakatadata

black shapes

75ri apeksi putihmerah

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil apeksi

Profil dalam Bahasa Indonesia | Profile in English 

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan - Setiabudi
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kami hadir di kantor setiap Senin dan Jumat atau dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | We are at the office every Monday and Friday or can be contacted at email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
75ri personil
 

  
 
apeksipeta

Flag Counter




Proposal

Indonesia City Expo XVIII tanggal 30 Juni - 3 Juli 2020 di Lapangan BBF Bintaro, Tangerang Selatan  Launching Indonesia City Expo XVIII tanggal 19 Februari 2020 di Hotel Santika Premiere Bintaro, Tangerang Selatan

Dokumen ICE 2020 berupa proposal dapat diunduh/download di Library. Dokumen untuk Proposal Pemerintah Kota dan dokumen untuk Proposal Mitra, Swasta dan Bisnis.

INDONESIA GENUINE FESTIVAL (IGEF) akan dilaksanakan pada 31 Juli - 2 Agustus 2020 di Liverpool, Inggris. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui link IGEF.

 

© 2000-2020 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities