PENANGANAN COVID-19 KOTA-KOTA INDONESIA
Thursday May 28, 2020

dokumen covid19

Dengan mempertimbangkan, dalam situasi pandemi Covid-19, roda perekonomian harus tetap berjalan dengan mengedepankan langkah-langkah pencegahan.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan (Menkes) Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Menkes, Terawan Agus Putranto, mengatakan dunia usaha dan masyakat pekerja memiliki kontribusi besar dalam memutus mata rantai penularan karena besarnya jumlah populasi pekerja dan besarnya mobilitas, serta interaksi penduduk umumnya disebabkan aktivitas bekerja.

”Tempat kerja sebagai lokus interaksi dan berkumpulnya orang merupakan faktor risiko yang perlu diantisipasi penularannya,” katanya di Jakarta, Sabtu (23/5).

Peraturan Pemerintah nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 telah menyatakan bahwa PSBB dilakukan salah satunya dengan meliburkan tempat kerja.
Namun dunia kerja tidak mungkin selamanya dilakukan pembatasan, roda perekonomian harus tetap berjalan.

”Untuk itu pasca pemberlakuan PSBB dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, perlu dilakukan upaya mitigasi dan kesiapan tempat kerja seoptimal mungkin sehingga dapat beradaptasi melalui perubahan pola hidup pada situasi Covid-19 atau New Normal,” ujarnya.

“Dengan menerapkan panduan ini diharapkan dapat meminimalisasi risiko dan dampak pandemi Covid-19 pada tempat kerja khususnya perkantoran dan industri, dimana terdapat potensi penularan akibat berkumpulnya banyak orang dalam satu lokasi,” kata Menkes Terawan. (Kemenkes/EN)

Dokumen Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja dapat diunduh/download di Library.

Sumber: setkab.go.id

webinar universitaspertamina

APEKSI berkolaborasi dengan Universitas Pertamina menyelenggarakan Webinar dengan tema, Penataan Infrastruktur Kota Pasca Corona pada tanggal 20 Mei 2020 di Live ZOOM Meeting.

Webinar bersama narasumber, antara lain: Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Walikota Pekanbaru dan Bappeda Pemerintah Kota Tangerang.

Materi webinar dapat diunduh/download di Library atau link.apeksi.id/pertaminawebinar.

 

jagaasa bogor

BOGOR–RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor resmi melaunching Program Keluarga Asuh. Sejumlah donatur mulai menyalurkan bantuan kepada masing-masing keluarga asuh, Jumat (15/5/2020).

Sedikitnya ada enam donatur yang berkecimpung di Kota Bogor mengawali program tersebut, yakni Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Arif Satria, PT Sejahtera Eka Graha (SEG), Sekolah Bogor Raya, Mal BTM, Vice President Agricon Grup, Harlan Bengardi, terakhir De Kost.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Persandian (Diskominfostandi) Kota Bogor, Rahmat Hidayat menjelaskan, penyerahan bantuan Program Keluarga Asuh merupakan simbolis, sebagai salah satu penanggulangan bagi warga terdampak pandemi Covid–19.

PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) akan diberlakulan sejak Sabtu, 16 Mei 2020 mulai pukul 00.01 Wita.

PSBB tetap kita laksanakan meskipun data penyebaran covid19 di Kota Banjarbaru mulai menurun.

Hal ini untuk mengantisipasi terus bertambahnya penyebaran covid19 di Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Batola dan daerah lain di Kalsel.

Dengan penerapan PSBB ini, kita berharap bisa menuntaskan penyebaran covid19 di Kota Banjarbaru sekaligus mencegah masuknya penyebaran baru dari daerah lain.

Ayo kita dukung penerapan PSBB di Kota Banjarbaru dengan mentaati aturan selama PSBB, demi satu tujuan dan kepentingan, yaitu menyelamatkan warga Banjarbaru.

Semoga wabah ini segera berakhir dan untuk itu diperlukan kedisiplinan kita semua. Aamiin.

Sumber: IG nadjmiadhani/Walikota Banjarbaru 

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo mengaku masalah virus corona (Covid-19) menekan pendapatan daerah. Terutama yang berkaitan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Menurunnya aktivitas masyarakat membuat pemerintah daerah tak lagi memungut retribusi.

"Ini yang dikeluhkan oleh daerah-daerah, ada yang menurun sampai separuh, ada yang menurun 30%," ujar Jokowi saat memberikan pernyataan resmi di Istana Merdeka, Jumat (15/5).

Aktivitas masyarakat menurun akibat kebijakan dalam mencegah penyebaran Covid-19. Antara lain adalah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). "Sekali lagi ini relevansi dari sebuah kebijakan, pasti konsekuensinya ada, yaitu income PAD turun," terang Jokowi.

Saat ini pemerintah masih menerapkan PSBB di sejumlah daerah. Namun, kajian untuk melakukan relaksasi tengah dilakukan oleh pemerintah.

Nantinya sejumlah sektor akan kembali diizinkan beroperasi secara bertahap dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Meski begitu Jokowi bilang hal tersebut masih akan melihat perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia.

Asla tahu saja hari ini, Jumat (15/5) masih terdapat penambahan pasien positif sebanyak 490 orang sehingga total terdapat 16.496 kasus positif Covid-19. Sementara itu angka kasus sembuh sebanyak 3.803 kasus dan kasus meninggal 1.076 kasus.

Sumber: kontan.co.id

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Pemerintah Kota Bogor akan meluncurkan Program Keluarga Asuh Kota Bogor.

Program ini lahir atas keprihatinan dan kekhawatiran kepada warga Kota Bogor yang belum masuk di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maupun Non-DTKS.

Melalui program Keluarga Asuh, Pemkot Bogor membuka ruang bagi warga untuk mengajukan bantuan melalui Sistem Kolaborasi dan Partisipasi Rakyat (Salur) yang bisa diakses di salur.kotabogor.go.id.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, Program Keluarga Asuh berfokus pada donasi dari warga ataupun perusahaan alias non APBD. Satu keluarga pemberi bantuan akan menopang satu keluarga penerima bantuan dengan jumlah dana Rp 1 juta untuk dua bulan.

"Pemberi bantuan bisa memilih sendiri keluarga mana yang akan diberi bantuan lewat Salur," ujar Bima, Rabu (12/5/2020).

Surabaya, MC – Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama tiga pemerintah daerah, yakni Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu sepakat untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kawasan Malang Raya. Kesepakatan itu diambil usai pertemuan Rapat Pembahasan Persiapan PSBB untuk kawasan Malang Raya yang digelar di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (9/5/2020) siang.

Dalam rapat tersebut hadir Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin rapat beserta Forkopimda Jatim dan juga kepala daerah Malang Raya. Yang masing-masing diwakili langsung oleh Bupati Malang Sanusi, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji, dan juga Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Forpimda tiga daerah Malang Raya juga turut hadir dalam rapat persiapan PSBB ini.

Setelah rapat yang cukup panjang dan tertutup, tiga kepala daerah tersebut sepakat untuk menerapkan PSBB di Malang Raya. Dan Gubernur Khofifah juga menyatakan siap untuk melanjutkan kesepakatan ini dengan mengajukan usulan penetapan PSBB di kawasan Malang Raya ke Kementerian Kesehatan maksimal besok pagi.

webminar katadada

Indonesia tengah menghadapi puncak pandemi Covid-19. Meski episentrum berada di Jakarta, penyebaran Covid-19 sudah terjadi ke seluruh provinsi di Indonesia. Salah satu problem utama yang dihadapi adalah kekurangan alat tes Covid-19 dan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebut petugas kesehatan di tingkat primer, seperti Puskesmas dan dokter praktik mandiri masih kekurangan pelindung diri. Di satu sisi, kebutuhan APD untuk rumah sakit rujukan pasien Covid-19 mungkin sudah terpenuhi. Namun, rumah sakit daerah, Puskesmas dan dokter praktik masih kekurangan.

reddoorz

Dalam rangka membantu Pemerintah Kota menghadapi Pandemi Covid-19, APEKSI dan RedDoorz berkolaborasi dalam memberikan dukungan akomodasi penginapan untuk tim medis, pengurus, keluarga pasien di seluruh Indonesia.

Dokumen terkait dapat diunduh/download di Library atau https://link.apeksi.id/reddoorz.

 

 

pedoman manajemen covid19

Buku Pedoman Manajemen Bagi Pemerintah Daerah dalam Penangan Covid-19 dan Dampaknya dapat diunduh/download di Library atau https://link.apeksi.id/manajemencovid19.

 

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berduka di tengah momen bulan suci Ramadan 1441 Hijriah. Wali Kota Tanjungpinang Syahrul, Selasa (29/4) wafat setelah dirawat instensif di RSUD Raja Ahmad Thabib Kepri di Tanjungpinang sejak 11 April 2020 kemarin.

Ayah Syahrul, begitu sapaan akrabnya, wafat akibat komplikasi Covid-19, berikut penyakit penyerta, seperti jantung, ginjal, dan gula darah. Jenazah Syahrul sudah dimakamkan di Taman Makan Pahlawan di Kilometer 5 Tanjungpinang, Selasa malam, sekitar pukul 21.00 WIB.

Prosesi pemakaman dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19 oleh tim medis berpakaian lengkap Alat Pelindung Diri (APD). Syahrul meninggalkan seorang istri Jauriyah dan tiga orang anak (seorang putra dan dua orang putri).

SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang memiliki langkah sendiri untuk mencegah persebaran virus corona atau covid-19. Bukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), melainkan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM), dan diberlakukan mulai hari ini, Senin (27/4/2020).

Pemberlakuan PKM ditegaskan dalam Peraturan Wali Kota Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Semarang. Langkah ini untuk menekan laju angka persebaran covid-19 yang belum juga menunjukkan grafik penurunan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menegaskan aturan PKM dengan PSBB memiliki perbedaan. PKM masih memberi ruang bagi masyarakat untuk berkegiatan, namun dengan kontrol yang ketat dari aparat keamanan bersama pemerintah.

pedoman manajemen covid19

Buku Pedoman Manajemen Bagi Pemerintah Daerah dalam Penangan Covid-19 dan Dampaknya dapat diunduh/download di Library.

Buku Pedoman Umum Menghadapi PANDEMI COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah (Edisi Revisi) dari Kementerian Dalam Negeri dapat diunduh/download di Library.

black shapes

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil apeksi 2018

Profil dalam Bahasa Indonesia - Profile in English | Presentasi dalam Bahasa Indonesia - Presentation in English

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan - Setiabudi
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kantor tutup sementara dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, kami dapat dihubungi di email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | Our office temporarily closed in an effort to prevent the spread of Covid-19, we can reach on email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
 

  
 
apeksipeta

Proposal

Indonesia City Expo XVIII tanggal 30 Juni - 3 Juli 2020 di Lapangan BBF Bintaro, Tangerang Selatan  Launching Indonesia City Expo XVIII tanggal 19 Februari 2020 di Hotel Santika Premiere Bintaro, Tangerang Selatan

Dokumen ICE 2020 berupa proposal dapat diunduh/download di Library. Dokumen untuk Proposal Pemerintah Kota dan dokumen untuk Proposal Mitra, Swasta dan Bisnis.

INDONESIA GENUINE FESTIVAL (IGEF) akan dilaksanakan pada 31 Juli - 2 Agustus 2020 di Liverpool, Inggris. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui link IGEF.

Mitra | Partners

yipdbnnbpomposindonesiacimgizicleiicmamercycorps indonesiauclg-ascpaunescounisdrworldbanku pertaminatauiktiiantheusinmarkcommcitiasia

 

© 2000-2020 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities