BERANDA|HOME
Saturday November 28, 2020
Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

INFO APEKSI

webinar cartenz

Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik, standar pelayanan haruslah meliputi: prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan serta sarana dan prasarana. Payung hukum terkait pelayanan publik bagi pemerintah sebagai penyelenggara maupun masyarakat dijamin dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Untuk itu, masyarakat berhak menerima pelayanan publik terkait kebutuhannya baik untuk hal yang bersifat administratif maupun kebutuhan lain.

Hal ini kemudian ditindaklanjuti oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang menginstruksikan untuk adanya sebuah portal pelayanan digital terpusat yang memudahkan masyarakat umum berinvestasi lewat Online Single Submission (OSS).

Untuk itu, dianggap perlu adanya sebuah kegiatan untuk men-sosialisasikan pentingnya Digitalisasi Layanan Publik guna meningkatkan kepuasan masyarakat kepada pemerintah khususnya pemerintah daerah. Sehingga tercapai Service Level Agreement (SLA) yang prima dalam hal Pelayanan Publik.

Mendukung hal tersebut, APEKSI dan Cartenz Group bekerjasama menyelenggarakan webinar dengan topik pembahasan “Standarisasi SLA Pelayanan Publik Pasca Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja” yang akan dilaksanakan pada:

Bersama pada narasumber: Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Kedeputian Badan Koordinasi Penanaman Modal, Walikota Manado dan Walikota Pekanbaru.

*Peserta yang mengikuti webinar ini akan mendapatkan e-sertifikat

isna 2020

Citiasia Center for Smart Nation (CCSN) mengadakan gelaran Indonesia Smart City Investment Forum (ISCIF) Talkshow yang dibarengi dengan Penganugerahan Daerah-Daerah Pemenang 4th Indonesia Smart Nation Award (ISNA), yang diselenggarakan secara daring pada tanggal 5 Oktober 2020, dengan tema Smart City 2020: Driving Innovation and Productivity during the Global Pandemic.”

Penghargaan Kategori Smart Governance
1. Kota Balikpapan dengan inovasi Teknologi Smart Card
Penghargaan Kategori Smart Branding
1. Kota Pare-pare dengan inovasi Penerapan New Normal Pada Wisata Salo Karajae
2. Kota Pekalongan dengan inovasi Penetapan Technopark dan Kuliner Siaga Candi
Penghargaan Kategori Smart Economy
1. Kota Batam dengan inovasi Aplikasi Bakulan (Belanja Online Sayuran, Buah, Bumbu Dapur)
2. Kota Gorontalo dengan inovasi Aplikasi Patali Shoping Point (PSP)
Penghargaan kategori Smart Living
1. Kota Semarang dengan inovasi Aplikasi Trans Semarang
2. Kota Tarakan dengan inovasi Utilisasi Tes Cepat Molekuler (TCM) COVID-19 yang Optimal 
Penghargaan Kategori Smart Society
1. Kota Denpasar dengan inovasi Sistem Jaga Baya
2. Kota Probolinggo dengan inovasi Perkuat Kampung Tangguh
3. Kota Tegal dengan inovasi Program Pembelajaran Local Loop
Penghargaan Kategori Smart Environment
1. Kota Padang Panjang dengan inovasi Pemanfaatan Serai Wangi
Penghargaan Kategori Special Mention
1. Kota Tangerang dengan inovasi Pelayanan Kesehatan COVID-19 yang Terpenuhi
2. Kota Tangerang Selatan dengan Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi

Selamat atas Kota-Kota yang menerima Penghargaan ISNA 2020. 

AI Computer Webinar

Teknologi Computer Vision berbasis Al memungkinkan Pemerintah melakukan pengawasan secara lebih optimal untuk menghadapi Covid-19. Pendekatan solusi Public Mobility Monitoring melalui teknologi Kecerdasan Artifisial ini sangat berpotensi membantu Penerapan Protokol Kesehatan di masa New Normal. Penerapan solusi tersebut dapat mengotomasi proses pemantauan yang dapat menghasilkan output deteksi wajah memakai masker atau yang tidak memakai masker yang dilengkapi dengan sistem peringatan.

Dalam rangka sosialisasi pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan guna mendukung pembangunan daerah (Smart City) di masa PSBB transisi, APEKSI bekerjasama dengan PT Nodeflux Teknologi Indonesia, PT Huawei Tech Investment dan PT Virtus Technology Indonesia menggelar seminar daring (webinar) via Zoom guna memberikan wawasan teknologi bagi Pemerintah Daerah yang dapat diimplementasikan pada konteks smart city dan COVID-19.

Webinar: Pemanfaatan Teknologi AI Computer Vision Guna Menunjang Implementasi Protokol Kesehatan COVID-19 Di Daerah diselenggarakan pada:

Pembicara webinar ini antara lain: Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Bappedalitbang Pemerinta Kota Manado, Huawei Indonesia dan Nodeflux. 

qluetalk 0909

Pandemi memang telah mempengaruhi berbagai sektor kehidupan di Indonesia tak terkecuali roda pembangunan dan ekonomi. Pemerintah dan masyarakat dihadapkan pada era baru yang menuntut adanya adaptasi pendekatan pada pembangunan. Adaptasi Kebiasaan Baru yang diusung diperlukan untuk Daerah dapat menata kembali daerahnya dan merubah dampak negatif sebagai sebuah pembaharuan.

Qlue berkolaborasi dengan APEKSI menyelenggarakan "QlueTalk - Menyusun Strategi dan Inovasi Pembangunan Kota Pasca Pandemi" Sebuah Webinar yang akan mengupas bagaimana Pemerintah Kota Kupang dan Kota Tarakan mengadaptasi kebijakannya di era Post Pandemi. Serta bagaimana peran penting teknologi sebagai jembatan perubahan yang akan dilaksanakan.

Webinar dilaksanakan pada:
Hari/tanggal: Rabu, 9 Septenber 2020
Waktu: 14.00-16.00 WITA atau 13.00-15.00 WIB
Tempat: Zoom Cloud Meetng
Registrasi: http://bit.ly/registrasiQlueTalk

Bersama Walikota Kupang, Walikota Tarakan dan Founder & CEO Qlue 

itb webinar 03092020

Seri Webinar Transformasi Digital : " Akselerasi Transformasi Digital untuk Pemulihan Ekonomi Indonesia " pada:

Keynote Speaker :

  • Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartanto M.B.A., M.M.T (Menko Perekonomian)
  • Johnny G. Plate S.E (Menkominfo)

Narasumber :

  • Hendrar Prihadi S.E., M.M (Walikota Semarang)
  • Ibnu Sina, S.Pi, M.Si (Walikota Banjarmasin)
  • Prof. Suhono H. Supangkat (Guru Besar ITB)
  • Indra Utoyo (Direktur Teknologi Informasi BRI)

Sambutan :
Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D (Rektor ITB)

Moderator:
Dr. Arry Akhmad Arman (Direktur STI ITB)

APEKSI INDOSAT Webinar Smart City full

APEKSI dan Indosat Ooredoo Business menyelenggarakan Webinar dengan tema: Siap Hadapi Era New Normal dengan Smart City Berinfrastruktur Teknologi Cerdas dan Aman pada:

  • Hari/tanggal: Kamis, 16 Juli 2020
  • Waktu: 13.00-15.00 WIB
  • Tempat: Live Zoom Cloud Meeting
  • Registrasi: http://go.apeksi.id/connex

Narasumber:

  • Dirjen Aptika Kemenkominfo
  • Ketua Dewan Pengurus APEKSI/Walikota Tangerang Selatan
  • Wakil Ketua Dewan Pengurus Bidang Ekonomi dan Keuangan/Walikota Balikpapan
  • Walikota Tangerang
  • Indosat Ooredoo Bunisess
  • Founder & CEO Qlue Performa Indonesia
  • Alibaba Cloud Indonesia

*Peserta yang mengikuti webinar ini akan mendapatkan e-Sertifikat. 

 

BANDUNG. Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas - Institut Teknologi Bandung yang didukung APEKSI menyelenggarakan Goesmart 2019 Smart Cities Week - Transformation Toward Smart X tanggal 18-20 November 2019 di Kampus ITB.

Rangkaian kegiatan ini, antara lain: Rating Kota Cerdas Indonesia ke-3, Seminar Nasional dan Internasional serta Smart ASEAN Forum yang membahas perkembangan kota cerdas, permasalahan yang muncul dan upaya-upaya serta inovasi yang dikembangkan untuk membangun kota yang lebih baik dan beberapa diskusi.

Kegiatan pembukaan diawali laporan ketua penyelenggara, Prof Suhono Supangkat dilanjutkan dengan sambutan Walikota Bandung yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Anton Sunarwibowo, sambutan Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Airin Rachmi Diany dan sambutan Rektor ITB yang diwakili oleh Wakil Rektor, Bambang Riyanto Trilaksono sekaligus membuka secara resmi dengan pemukulan gong, dilanjutkan dengan 4 keynote speaker, antara lain: Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, Kementerian Ristek dan Teknologi dan Kementerian Dalam Negeri.

JAKARTA. APEKSI dan Tarsus Indonesia menyelenggarakan Konferensi Intertraffic - Strategi Pembiayaan Infrastruktur di Daerah untuk Mendukung Pengembangan Smart City di Indonesia pada tanggal 7 November 2019 di Hall A JIE Kemayoran.

Narasumber konferensi ini, antara lain:

  • Bambang Dwi Anggono - Kementerian Komunikasi dan Informatika;
  • Putri Intan Suri - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat;
  • Yudistira Nugraha - Jakarta Smart City.

Setelah paparan, dilanjutkan dengan diskusi panel bersama ke-3 narasumber dipimpin oleh Sri Indah Wibi Nastiti, Direktur Eksekutif APEKSI.

Materi konferensi ini dapat diunduh/download di Library.

JAKARTA. Kementerian Komunikasi dan Informatika yang didukung Kompas Gramedia menyelenggarakan Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 pada tanggal 4-6 November 2019 di Balai Sudirman, Tebet.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kompas Gramedia dan Menteri Komunikasi dan Informatika sekaligus membuka secara resmi Gerakan Menuju 100 Smart City 2019, dilanjutkan dengan kunjungan ke pameran dari 75 kota/kabupaten peserta Gerakan Menuju 100 Smart City dari tahun 2017 hingga 2018 yang menampilkan rencana induk serta implementasi program smart city yang telah dilaksananakan.

Direktur Eksekutif APEKSI menjadi narasumber sesi Talkshow bersama Bakti Kominfo dan Nodeflux dengan tema Gesit Melayani dengan Teknologi.

Kota Barcelona dan Fira Barcelona mengundang APEKSI untuk menghadiri Smart City Expo World Congress ke-9 yang akan berlangsung tanggal 19-21 November 2019 di Kota Barcelona, Spanyol.

Kota adalah pendorong inovasi, pertumbuhan ekonomi, kemakmuran dan kesejahteraan sosial. Tantangan dunia global sangat besar. Dalam menghadapinya, dibutuhkan pendekatan holistik dan trans-disipliner yang memungkinkan untuk memahami peran kepemimpinan kota dan banyaknya sistem yang saling berinteraksi, baik teknis, finansial atau sosial.

Smart City Expo World Congress dimulai pada tahun 2011 dengan visi mengkatalisasi inisiatif cerdas menjadi kota yang berkelanjutan dan berkembang. Delapan tahun kemudian, kegiatan ini disambut sebagai acara terkemuka di dunia untuk kota-kota. Pada setiap bulan November acara ini menyambut para pemangku kepentingan perkotaan tingkat tertinggi: pemerintah, organisasi internasional, perusahaan, wirausahawan, pemula, peneliti dan inisiatif warga.

Infografis Pedoman Manajemen Penanganan Covid-19 dan Dampaknya Bagi Pemerintah Daerah

manajemen covid19

covid19goid

pedoman manajemen covid19

Buku Pedoman Manajemen Bagi Pemerintah Daerah dalam Penangan Covid-19 dan Dampaknya dapat diunduh/download di Library.

Buku Pedoman Umum Menghadapi PANDEMI COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah (Edisi Revisi) dari Kementerian Dalam Negeri dapat diunduh/download di Library.

black shapes

Mitra | Partners

yipdkppodbnnbpomposindonesiacimgizicleiicmamercycorps indonesiauclg-ascpaunescounisdrworldbanku pertaminatauiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxkatadataiap2id

black shapes

75ri apeksi putihmerah

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil apeksi

Profil dalam Bahasa Indonesia | Profile in English 

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan - Setiabudi
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kantor tutup sesuai penerapan PSBB DKI Jakarta, kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | The office is closed due to the implementation of Jakarta Province's large-scale social restrictions, we can be contacted via email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
75ri personil
 

  
 
apeksipeta

Flag Counter




Proposal

Indonesia City Expo XVIII tanggal 30 Juni - 3 Juli 2020 di Lapangan BBF Bintaro, Tangerang Selatan  Launching Indonesia City Expo XVIII tanggal 19 Februari 2020 di Hotel Santika Premiere Bintaro, Tangerang Selatan

Dokumen ICE 2020 berupa proposal dapat diunduh/download di Library. Dokumen untuk Proposal Pemerintah Kota dan dokumen untuk Proposal Mitra, Swasta dan Bisnis.

INDONESIA GENUINE FESTIVAL (IGEF) akan dilaksanakan pada 31 Juli - 2 Agustus 2020 di Liverpool, Inggris. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui link IGEF.

 

© 2000-2020 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities