BERANDA|HOME
Friday June 18, 2021
Vinaora Nivo Slider 3.x

INFO APEKSI

rakor apeksi apkasi

Rapat koordinasi perdana digelar Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Jakarta, Senin (31/5/2021). Dalam pertemuan tersebut disepakati sejumlah langkah dan masukan-masukan dalam menyikapi sejumlah agenda pemerintah pusat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Dewan Pengurus APEKSI yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya beserta jajaran dan Ketua Umum APKASI yang juga Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan beserta jajaran.

Sejumlah isu strategis di daerah terkait tata kelola pemerintahan dibahas. Mulai dari implementasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), Online Single Submission (OSS), Undang Undang Cipta Kerja hingga penyederhanaan birokrasi.

“Kami APEKSI dan APKASI menyepakati untuk menyelaraskan langkah-langkah bersama, menyikapi beberapa agenda besar pemerintahan yang memerlukan dukungan, tidak saja sosialisasi tapi juga implementasinya. Seperti terkait SIPD, OSS, UU Ciptaker, dan penyederhanaan birokrasi,” ungkap Bima Arya, usai rakor tersebut.

APEKSI dan APKASI, lanjutnya, sepakat untuk membangun komunikasi yang intens, saling berkomunikasi untuk menjadi jembatan kepada pemerintah pusat dan memastikan bahwa implementasi tidak bermasalah.

“Langkah Taktis kita menyusun poin-poin untuk kemudian kita surati dan kemudian kita sampaikan kepada pemerintah pusat. Ada sekretariat bersama APEKSI dan APKASI menyusun list terkait dengan isu-isu tadi. Setelah itu kita akan membangun langkah substantif, dan langkah strategis lainnya,” jelas Bima.

Bima Arya berharap, dengan sinerginya APEKSI dan APKASI akan menghasilkan masukan dan gagasan yang matang sehingga pada implementasinya nanti tidak menimbulkan persoalan.

“Kalau kita bersama, tidak ada yang tidak mungkin. APEKSI saja mereprentasikan sekitar 70 juta populasi penduduk Indonesia dan sekitar 200 triliun APBD. Ditambah, APKASI sekitar 200 juta penduduk Indonesia dan lebih banyak lagi APBD,” katanya.

“Mari kita yakini, kita ingin didengar bukan sebatas kepentingan kita sebagai personal. Tetapi ada konstituen kita, ada kebaikan, ada kemaslahatan disitu. Selama ini seolah-olah kita hanya menjadi target sosialisasi saja. Pemerintah pusat sudah punya rumusan, tiba-tiba minta tolong difasilitasi untuk menyampaikan ini dan itu. Padahal begitu kita lihat bermasalah dalam aspek konsep, jadi belum matang. Kita pasang badan, kita yang ngomong, kita yang dibully. Ini problem,” tambahnya.

Meski demikian, kata Bima, bukan berarti pemerintah daerah selalu menolak kebijakan pemerintah. “Bukan menolak kebijakan pusat, tidak. Kita ini bagian dari pemerintah pusat. Tapi alangkah lebih baik kita sempurnakan bersama-sama,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan, dalam momen hari jadi APKASI dan APEKSI ke-21 ini menjadi suatu hal yang positif di mana asosiasi pemerintah daerah bisa saling sinergi.

“Pertemuan ini selain silaturahmi, juga urun rembug terhadap isu strategis dan aktual tata kelola pemerintahan daerah yang sedang kita hadapi bersama. Dengan pertemuan awal ini diharapkan terjalin sinergi yang semakin kuat,” kata Riska.

Catatan-catatan dalam pertemuan ini, lanjut Riska, akan diteruskan melalui kementerian terkait, bahkan Presiden Joko Widodo. “Permasalahan yang kita hadapi cukup banyak, apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Kemudian tentang penyederhanaan birokrasi di lingkungan Pemda yang akan berdampak terhadap kondisi jabatan fungsional yang belum merata dan timbul demotivasi pegawai,” jelasnya.

“Kemudian Implementasi SIPD belum berjalan secara maksimal akibatnya pencairan DPA tahun 2021 mengalami keterlambatan dan tidak bisa diproses. Mungkin di beberapa daerah ada yang maksimal SIPD ini, tapi ada juga yang terkendala SDM, terkendala jaringan di daerah-daerah terluar,” pungkasnya.

Hari Jadi APEKSI ke-21 #APEKSInergi - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Memberi Ucapan Selamat Ulang Tahun APEKSI ke-21, the Highlight dan Datakota

blue shapes

sm ig  sm twitter  sm fb  sm in  sm youtube

blue shapes

Padang Tuan Rumah Rakernas 2022

Infografis Pedoman Manajemen Penanganan Covid-19 dan Dampaknya Bagi Pemerintah Daerah

manajemen covid19

pusdatin sipd

Manual Book SIPD | PUSDATIN - Petunjuk Input Usulan Nasyarakat dan Desa-Kelurahan serta Panduan lainnya dapat diakses melalui APEKSI Library atau go.apeksi.id/manualsipd.

APEKSI x BINA KEUDA KEMENDAGRI FAQ SIPD

Buku Frequesntly Asked Questions (FAQ) Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dapat diunduh/download di Library.

Buku Pedoman Umum Menghadapi PANDEMI COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah (Edisi Revisi) dari Kementerian Dalam Negeri dapat diunduh/download di Library.

pedoman manajemen covid19

Buku Pedoman Manajemen Bagi Pemerintah Daerah dalam Penangan Covid-19 dan Dampaknya dapat diunduh/download di Library.

blue shapes

Mitra | Partners

kppodbnnbpomposindonesiagizicleiicmaueuclg-ascpagcomiucunescounisdrworldbankicldu pertaminaiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqlueindosatooredoonodefluxtafpusad paramadinaliputan6katadataiap2idcartenz groupcaasystemiqkinaryahukumonlinedotcomjustika

blue shapes

21APEKSInergi

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan Area
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kantor buka 4 hari dalam seminggu Senin - Kamis dengan berganti personil dalam rangka penerapan PSBB/PPKM DKI Jakarta dan kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | The office open 4 days a week Monday - Thursday with personnel shift due the implementation of Jakarta Province's large-scale social restrictions and we can be contacted by email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
personil apeksi
 

 
apeksipeta

Flag Counter




PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil 2021

Buku Profil APEKSI dapat diunduh/download melalui APEKSI Digital Library.

Proposal


igef2021

INDONESIA GENUINE FESTIVAL (IGEF) akan dilaksanakan pada 3 - 5 September 2021 di Kota Manchester, Inggris. 

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui IGEF 2021.

blue shapes

 

© 2000-2021 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities