BERANDA|HOME
Saturday September 26, 2020
Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

INFO APEKSI

flyer 4pilar

Empat Pilar Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan Negara yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat. Melalui nilai-nilai Empat Pilar, maka diharapkan dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme generasi penerus bangsa untuk semakin mencintai dan berkehendak untuk membangun negeri. Empat Pilar ini akan dapat menjadi panduan yang efektif dan nyata, apabila semua pihak, segenap elemen bangsa, para penyelenggara Negara dan masyarakat konsisten mengamalkannya dalam arti yang seluas-luasnya.

Sehubungan dengan hal tersebut MPR-RI bekerjasama dengan Apeksi menyelenggarakan Sosialisasi Empat Pilar Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia secara daring pada:

  • Hari/tanggal: Senin, 14 September 2020
  • Waktu: 11.00 - 13.00 WIB
  • Tempat: ZOOM Cloud Meeting

Untuk informasi lebih lanjut dan registrasi dapat menghubungi Sekretariat APEKSI dengan Sdri. Tri Utari di nomor +62 812-8244-0339.

qluetalk 0909

Pandemi memang telah mempengaruhi berbagai sektor kehidupan di Indonesia tak terkecuali roda pembangunan dan ekonomi. Pemerintah dan masyarakat dihadapkan pada era baru yang menuntut adanya adaptasi pendekatan pada pembangunan. Adaptasi Kebiasaan Baru yang diusung diperlukan untuk Daerah dapat menata kembali daerahnya dan merubah dampak negatif sebagai sebuah pembaharuan.

Qlue berkolaborasi dengan APEKSI menyelenggarakan "QlueTalk - Menyusun Strategi dan Inovasi Pembangunan Kota Pasca Pandemi" Sebuah Webinar yang akan mengupas bagaimana Pemerintah Kota Kupang dan Kota Tarakan mengadaptasi kebijakannya di era Post Pandemi. Serta bagaimana peran penting teknologi sebagai jembatan perubahan yang akan dilaksanakan.

Webinar dilaksanakan pada:
Hari/tanggal: Rabu, 9 Septenber 2020
Waktu: 14.00-16.00 WITA atau 13.00-15.00 WIB
Tempat: Zoom Cloud Meetng
Registrasi: http://bit.ly/registrasiQlueTalk

Bersama Walikota Kupang, Walikota Tarakan dan Founder & CEO Qlue 

itb webinar 03092020

Seri Webinar Transformasi Digital : " Akselerasi Transformasi Digital untuk Pemulihan Ekonomi Indonesia " pada:

Keynote Speaker :

  • Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartanto M.B.A., M.M.T (Menko Perekonomian)
  • Johnny G. Plate S.E (Menkominfo)

Narasumber :

  • Hendrar Prihadi S.E., M.M (Walikota Semarang)
  • Ibnu Sina, S.Pi, M.Si (Walikota Banjarmasin)
  • Prof. Suhono H. Supangkat (Guru Besar ITB)
  • Indra Utoyo (Direktur Teknologi Informasi BRI)

Sambutan :
Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D (Rektor ITB)

Moderator:
Dr. Arry Akhmad Arman (Direktur STI ITB)

tpb3

United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) bersama APEKSI dan melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, sebagai bagian dari kegiatan LOCALISE SDGs mengundang Pemerintah Pusat, Daerah, CSO, Organisasi Internasional, Akademisi dan pihak lainnya yang berperan aktif dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di Indonesia untuk berpartisipasi dalam Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #3 “Mendorong Pemerintah Daerah Memanfaatkan Teknologi Telemedicine dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan di Masa Pandemi COVID-19” pada:

Hari/tanggal: Rabu, 2 September 2020
Waktu: 13.00 - 15.00 WIB
Tempat: Zoom Cloud Meeting
Registrasi: https://bit.ly/DiskusiDaringTPB3

Bersama Kementerian Kesehatan, Gubernur Maluku, Wakil Walikota Jambi, Ikatan Dokter Indonesia, Aliansi Telemedika Indonesia, Alodokter.com dan ADKASI

localisesdgs tpb1

APEKSI dan UCLG ASPAC melibatkan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD, sebagai bagian dari kegiatan LOCALISE SDGs yang didukung oleh bantuan hibah dari Uni Eropa menyelenggarakan Diskusi Daring TPB dan COVID-19 #1 “Strategi dan Upaya Pemerintah Daerah dalam Pemulihan Industri Pariwisata Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru selama Masa Pandemi COVID-19” pada:

  • Hari/tanggal: Kamis, 6 Agustus 2020
  • Waktu: 13.00 - 15.00 WIB
  • Tempat: Live Zoom Cloud Meeting
  • Registrasi: bit.ly/DiskusiDaringTPB1

Narasumber:

  • Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  • Gubernur Nusa Tenggara Barat
  • Walikota Sawahlunto
  • Gabungan Industri Pariwisata Indonesia
  • Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia
  • UCLG ASPAC

Moderator: Direktur Eksekutif APEKSI

itb webseries6

Seri Webinar Perkotaan Masa Depan: Pemantauan & Penginderaan Kota Cerdas kolaborasi dengan PIKKC ITB pada hari Kamis, 30 Juli 2020 pukul 14.00 - 16.00 WIB, Registrasi: http://sidas.id/e/WebinarSeries6.

JAKARTA – Pemerintah Daerah mengalami tantangan berat pada masa pandemi COVID-19 terutama dalam mengatasi keterbatasan anggaran yang muncul akibat kelesuan perekonomian. Terbatasnya anggaran untuk pembiayaan pembangunan berdampak pada pelaksanaan pencapaian Tujuan pembangunan Berkelanjutan (TPB). Meski demikian, Pemerintah Daerah masih memiliki ruang untuk mendapatkan pembiayaan alternatif agar dapat melakukan inovasi dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di tengah pandemi ini. Sumber pembiayaan alternatif dapat berasal dari pinjaman ataupun kerjasama dengan badan usaha yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2018 tentang Pinjaman Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerjasama Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2015 tentang kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha. Pemerintah Pusat melalui Kementrian Dalam Negeri telah mengindentifikasi target-target TPB yang harus dilaksanakan dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Sebanyak 52 target jangka pendek harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah pada Rencana Kerja Pemerintah daerah (RKPD) tahun 2021 sesuai Permendagri Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan RKPD 2021. Untuk mendukung pelaksanaan dan percepatan target-target dalam RKPD 2021, Pemerintah Daerah dituntut memiliki inovasi dalam mencari sumber pembiayaan baru yang tidak tergantung pada dana transfer dari Pemerintah Pusat, seperti zakat, CSR, filantropi maupun sumber pendanaan dari lembaga pembiayaan milik negara.

Hal ini terungkap dalam sesi diskusi daring (webshare) ke-15 berjudul “Skema Penganggaran dan Peluang Pembiayaan Alternatif dalam Pencapaian TPB pada Masa Pandemi COVID-19” (seri 2) yang diselenggarakan oleh Program LOCALISE SDGs yang dilaksanakan oleh UCLG ASPAC danAPEKSI dengan dukungan finansial dari Uni Eropa, Kamis(23/7). Diskusi yang dimoderatori Dr. Megandaru W. Kawuryan selaku Direktur Eksekutif Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini, menghadirkan empat pembicara, yaitu Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta Dr. Ir. Nasruddin Djoko Surjono, Sekretaris Jenderal Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI)/Ketua DPRD Kota Mataram - Didi Sumardi, S.H, Team Leader Fiscal Capacity and Project Appraisal Divisi Pembiayaan Publik, PT SMI - Nanang Arifin, dan Direktur Eksekutif Filantropi Indonesia, Hamid Abidin. Diskusi online ini berlangsung selama 2 jam dengan lebih dari 500 orang peserta terdaftar.

pertamina fppm

Universitas Pertamina bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menyelenggarakan kegiatan Festival Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) dengan tema “Teknologi Tepat Guna untuk masa Depan Berkelanjutan” pada:

  • Hari/tanggal: Senin-Selasa, 27-28 Juli 2020
  • Waktu: 09.00-16.00 WIB
  • Tempat: Live Zoom Cloud Meeting
  • Registrasi: link.apeksi.id/fppm

Tujuan kegiatan ini untuk berdiskusi, mendapatkan feedback dan sebagainya yang diharapkan dapat meningkatkan inovasi dan kesejahteraan masyarakat, serta dapat mencapai keunggulan daya saing (competitive advantage) yang kuat.

Hari-1 - Senin, 27 Juli 2020

  • Sesi I - Teknologi Tepat Guna untuk Pengembangan Kota Berkelanjutan - 09.00-11.00 WIB - Link Zoom Meeting: tinyurl.com/PPMSESI1
    Bersama Walikota Gorontalo, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Vice President CSR & SMEPP PT Pertamina
  • Sesi II – Teknologi Tepat Guna untuk Mitigasi Bencana - 14.00-16.00 WIB - Link Zoom Meeting: tinyurl.com/PPMSESI2
    Bersama Walikota Padang, Deputi Bina Tenaga dan Potensi Basarnas

Hari-2 - Selasa, 28 Juli 2020

  • Sesi III - Teknologi Tepat Guna untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat - 09.00-11.00 WIB - Link Zoom Meeting: tinyurl.com/PPMSESI3
    Bersama Wali Kota Batu, Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UMKM, Vice President CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero)
  • Sesi IV – Teknologi Tepat Guna untuk Akselerasi Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan - 14.00-16.00 WIB - Link Zoom Meeting: tinyurl.com/PPMSESI1
    Bersama Walikota Balikpapan, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Universitas Pertamina dengan Sdri. Naomi di 081287852513.

webshare15
 
LOCALISE SDGs merupakan program yang dilaksanakan UCLG ASPAC dan APEKSI dan melibatkan APPSI (Asosiasi Provinsi), ADEKSI (Asosiasi Dewan Kota) serta asosiasi pemerintah daerah di Indonesia dengan bantuan finansial dari Uni Eropa mengundang Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, CSO, Organisasi Internasional, akademisi dan pihak lainnya yang berperan aktif dalam pencapaian TPB/SDGs di Indonesia untuk berpartisipasi dalam diskusi online: Web-share #15 ‘’Skema Penganggaran dan Peluang Pembiayaan Alternatif di Daerah dalam Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Masa Pandemi COVID-19” (seri 2) pada:
 
Narasumber:
  • Gubernur Provinsi DKI Jakarta - Anies Baswedan, Ph.D (*dalam konfirmasi)
  • Plt Direktur Utama Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) - Dr. Djoko Hendratto, MBA (*dalam konfirmasi)
  • Team Leader Fiscal Capacity and Project Appraisal, Divisi Pembiayaan Publik, PT Sarana Multi Infrastruktur - Nanang Arifin
  • Direktur Eksekutif Filantropi Indonesia - Hamid Abidin
  • Sekretaris Jenderal ADEKSI/Ketua DPRD Kota Mataram - Didi Sumardi, S.H
  • Sekjen UCLG ASPAC - Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi

Moderator: Dr. Megandaru W. Kawuryan (Direktur Eksekutif APPSI)

 
 

Rata-rata waste collection rate di Indonesia {sampah yang dihasilkan oleh Rumah Tangga (RT) itu terkumpul di TPA/Tempat Pemrosesan Akhir} hanya 36.39 % berdasarkan data Direktorat Perkotaan, Perumahan dan Permukiman, Bappenas, 2018. Selain itu laporan NPAP (National Plastic Action Partnership) menyebutkan bahwa rata-rata nasional hanya 39% sampah plastik yang terkumpul.

Konsekuensi dari dua figure ini adalah masih banyaknya sampah yang tercecer di daratan, sungai, dibakar dan bahkan ada yang sampai ke lautan (90 % sampah lautan itu dari daratan). Belum lagi bicara tentang 3R (Reduce atau tindakan mengurangi sampah seperti membawa kantong sendiri, Reuse atau tindakan menggunakan kembali bekas produk seperti gelas piring plastik, and Recycle atau tindakan mendaur ulang organik dan non organik/plastik untuk dijadikan bahan baku atau handycraft) yang angkanya masih di bawah 5 % rata-rata nasional (RPJM 2020 – 2024).)

 TPA Manggar Balikpapan Muchlis Jr Biro Pers Sekretariat Presiden

[Tampak Presiden Joko Widodo sedang meninjau TPA Manggar Balikpapan. Foto: Muchlis Jr – Biro Pers Sekretariat Presiden]

Berita Duka Cita

beritaduka banjarbaru

Infografis Pedoman Manajemen Penanganan Covid-19 dan Dampaknya Bagi Pemerintah Daerah

manajemen covid19

covid19goid

pedoman manajemen covid19

Buku Pedoman Manajemen Bagi Pemerintah Daerah dalam Penangan Covid-19 dan Dampaknya dapat diunduh/download di Library.

Buku Pedoman Umum Menghadapi PANDEMI COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah (Edisi Revisi) dari Kementerian Dalam Negeri dapat diunduh/download di Library.

black shapes

Mitra | Partners

yipdkppodbnnbpomposindonesiacimgizicleiicmamercycorps indonesiauclg-ascpaunescounisdrworldbanku pertaminatauiktiiantheusinmarkcommcitiasiaqluenodefluxkatadata

black shapes

75ri apeksi putihmerah

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil apeksi

Profil dalam Bahasa Indonesia | Profile in English 

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan - Setiabudi
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


Kantor tutup sesuai penerapan PSBB DKI Jakarta, kami dapat dihubungi di email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. | The office is closed due to the implementation of Jakarta Province's large-scale social restrictions, we can be contacted via email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
75ri personil
 

  
 
apeksipeta

Flag Counter




Proposal

Indonesia City Expo XVIII tanggal 30 Juni - 3 Juli 2020 di Lapangan BBF Bintaro, Tangerang Selatan  Launching Indonesia City Expo XVIII tanggal 19 Februari 2020 di Hotel Santika Premiere Bintaro, Tangerang Selatan

Dokumen ICE 2020 berupa proposal dapat diunduh/download di Library. Dokumen untuk Proposal Pemerintah Kota dan dokumen untuk Proposal Mitra, Swasta dan Bisnis.

INDONESIA GENUINE FESTIVAL (IGEF) akan dilaksanakan pada 31 Juli - 2 Agustus 2020 di Liverpool, Inggris. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui link IGEF.

 

© 2000-2020 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities