PROFESSIONAL FELLOWS
Wednesday December 13, 2017

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Banjarmasin menyelenggarakan Workshop Penyusunan Roadmap Kota Inklusi Menuju Kota Banjarmasin Ramah Difabel di Aula Bappeda Kota Banjarmasin, Rabu (3/8).

Workshop tersebut merupakan kerjasama Pemerintah Kota Banjarmasin dengan Sentra Advokasi Perempuan, Difabel dan Anak (SAPDA) Yogyakarta. Dan di inisiatif Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia.

Penyusunan Roadmap Kota Inklusi Menuju Kota Banjarmasin Ramah Difabel sehubungan sudah mempunyai komitmen sebagai kota inklusi, dan Banjarmasin sudah mendeklarasikan sebagai kota inklusi sejak 2013, mewujudkan kota inklusi sebuah proses dengan tahapan-tahapan yang harus dilalui dan dijalankan bersama.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, untuk mewujudkan memang membutuhkan dukungan dari multi pihak yaitu pimpinan daerah, SKPD, masyarakat penyandang Disabilitas. Adapun tujuan menjadikan Banjarmasin kota inklusi menjamin kelompok minoritas, penyandang disabilitas dan masyarakat miskin merasakan kenyamanan, tidak disingkirkan, mendapat faslitas dan layanan yang setara dan mendapatkan keberadaan mereka mendapatkan perlindungan secara utuh. Dan kota yang bisa memberikan layanan, kemudahan bagi semua orang untuk bermobilitas dan berinteraksi sosial.

Kepala Bappeda Kota Banjarmasin Ir H Nurul Fajar Desira CES mengatakan, pengertian Difabel lebih positif daripada selama ini digunakan pada umumnya Disabilitas. Kata Disabilitas (Dis-Ability) mengandung pengertian negatif, diskriminatif dan ketidakmampuan.

Sedangkan Difabel (Different-Ability) yang berarti berbeda tapi mampu.
Dikatanya, kota inklusi harus memiliki tiga aspek utama yang saling berkaitan signifikan yang meliputi inklusi berpihak kelompok rentan yang marginal termasuk penyandang difabel, layanan publik yang inklusi ramah terhadap kelompok rentan misalkan lansia, anak, perempuan hamil dan penyandang difabel disetiap tingkatan dan sektor.

Kemudian masyarakatnya juga harus inklusi yang mampu menerima berbagai bentuk keberagaman dan perbedaan, dan mengakomodasikan dalam berbagai tananan dan infrastuktur yang ada. Bahkan, kedepannya indikator-indikator kota inklusi bisa dimasukan ke dalam RPJMD yang sedang dalam pembahasan untuk lima tahun ke depan.

Khusus pembukaan Workshop Penyusunan Roadmap Kota Inklusi Menuju Kota Banjarmasin Ramah Difabel diakhiri dengan diskusi.
Program Peduli terhadap Layanan bagi Difabel melalui Kebijakan Inklusif di Ruang Berintegrasi Pemko Banjarmasin. Jadi program ini merupakan kerjasama antara Pemko Banjarmasin dengan Pemerintah Australia.

Kegiatan ini dihadiri Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Perwakilan The Asia Foundation Sujana Royat (Senior Advisor PNPM Peduli), Angie Bexley, Marina Mory, Australian Embassy DFAT, Natalie Cohen, Elena Rese, Andini Mulyawati, Direktur SAPDA Yogyakarta Nurul Sa’adah dan jajarannya, Kepala Bappeda Kota Banjarmasin (Ketua Forum SKPD Peduli Disabilitas Kota Banjarmasin) Ir Nurul Fajar Desira CES, Kepala Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin Ir Gt Ridwan Syofyani MM, Kepala Dinas Sosial dan

Tenaga Kerja Kota Banjarmasin Drs Agus Surono MSi, Kepala Dinas Cipta Karya dan Perumahan Kota Banjarmasin Ir Ahmad Fanani Saifuddin MT, Perwakilan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

Sumber: kalimantanpost.com

Berita & Artikel Kota Inklusif

aplf pg 2017

Best Practice

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

INFO APEKSI NEWSLETTER

Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik

Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik

black shapes

Mitra | Partners

cim  giz  iclei  icma  mercycorps indonesia  uclg-ascpa  unesco yipd  citiasia  tau  u pertamina

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Komplek Rasuna Epicentrum
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan
Setiabudi, Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 8370 4703 | 2947 5423
Fax: +62-21 8370 4733
Email: info@apeksi.id | info@apeksi.or.id

 

© 2000-2017 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia

 

We have 55 guests visit APEKSI.ID