Komwil V
Thursday December 14, 2017

Balikpapan - Kota Balikpapan menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Ke-3 Komisariat Wilayah V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional Kalimantan Tahun 2017. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Novotel Balikpapan pada 20-22 November 2017 ini di hadiri 200 peserta yang terdiri dari Wali Kota/Wakil Wali Kota se-Kalimantan dan anggota Komisariat Wilayah V APEKSI Regional Kalimantan.

Asisten Tata Pemerintahan Setdakot Balikpapan Saiful Bachri mengatakan rapat ini merupakan wadah bagi para anggota Komisariat Wilayah V APEKSI Regional Kalimantan untuk membahas isu aktual dalam rangka mencapai kesejahteraan sosial yang lebih baik. Adapun tema yang dibahas yaitu Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah dan Retribusi Daerah.

“Topik ini dibahas oleh 2 narasumber, yaitu Kasubdit Pengembangan Potensi PAD Kemenkeu Aditya Nuryuslam dan Kasubdit Pinjaman Daerah dan Obligasi Daerah, Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Simon Saimima,” papar Saiful, saat pembukaan Raker, Selasa (21/11/2017).

Sementara itu Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam sambutannya mengatakan pentingnya pertemuan ini bagi para anggota APEKSI guna mencari jalan keluar alternatif terhadap permasalahan keuangan yang dialami oleh Pemerintah Daerah beberapa tahun terakhir.

“Sejak 2015 lalu, sejumlah Pemerintah Daerah di Indonesia mengalami permasalahan keuangan akibat berkurangnya dana bagi hasil yang bersumber dari pemerintah pusat,” papar Wali Kota.

Oleh karena itu melalui raker ini akan dibahas beberapa alternatif untuk menambah pendapatan daerah seperti melalui pinjaman dengan skema obligasi maupun intensifikasi potensi retribusi daerah. 

Sumber: balikpapan.go.id

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, Kamis (13/4) lalu bertandang ke Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Kehadiran Airin ke kota tersebut dalam kapasistasnya sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) untuk memimpin Rapat Kerja ke-1 Apeksi Komwil V Regional Kalimantan Tahun 2017 di Gedung Serba Guna Kantor Walikota Tarakan, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie, Ketua Komwil V Apeksi Regional Kalimantan yang sekaligus Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, serta beberapa Wali Kota lainnya di Kalimantan.

Rapat Kerja (Raker) ke-1 Apeksi Komwil V Regional Kalimatan ini mengusung tema “Inovasi Pelayanan Perizinan untuk Peningkatan Pendapataan Asli Daerah (PAD) melalui Implementasi Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah”.

Mengawali rapat tersebut, Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie berkesempatan memyampaikan beberapa pandangannya tentang permasalahan dan tantangan perkotaan ke depan yang kian rumit dan kompleks. “Karenya, seorang Wali Kota harus memiliki kreasi dan inovasi, serta memperkuat networking, kata Irianto.

Lanjutnya, “Agar kotanya cepat maju, ada beberapa hal yang dilakukan terutama membuat kotanya nyaman dan tertib. Pertama, tertib lalulintasnya, Kedua kelola manajemen sampah yang baik. Kebersihan adalah salah satu kunci indikator keberhasilan kota itu.” Terang Irianto.

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua Apeksi Airin Rachmi Diany dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Raker ke-1 Apeksi Komwil V Regional Kalimantan Tahun 2017 di Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Harap Airin kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, dan dapat menghasilkan program kerja dan gagasan yang baik dan inovatif untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Airin juga berharap apapun hasil rapat kerja tersebut, apa yang telah disepakati dapat meningkatkan pelayanan publik untuk menghantarkan Indonesia semakin maju dan semakin lebih baik.

Untuk diketahui, selain memimpin Raker, Airin Rachmi Diany juga berkesempatan memberikan materi – materi yang berhubungan dengan problematika yang ada di Pemerintahan.

Sumber: suaratangsel.com

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kota Banjarmasin sedang mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) regional Kalimantan, pada Mei 2016.
Kabag Humas Pemkot Banjarmasin Kurnadiansyah di Balaikota, Kamis, menyatakan, persiapan untuk menjadi tuan rumah Rakernas ini terus dimatangkan, demikian pula materi-materi yang akan dibahas.
"Baru tadi (Kamis) kita lakukan rapat bersama persiapan menjadi tuan rumah Apeksi ini," ujarnya.
Menurut dia, segala isu-isu terkini terkait kondisi daerah, baik perekonomian maupun sosial pastinya akan menjadi perhatian.
"Apalagi menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini, pastinya akan menjadi pembahasan serius juga nantinya," ucapnya.
Menurut dia, anggota Apeksi regional Kalimantan ini sebanyak 9 kota dari lima provinsi di pulau berneo ini.
"Banjarmasin akan berupaya menyukseskan acara ini, hingga tercapai kesuksesan yang membawa perjuangan pembangunan daerah ini," bebernya.
Dari itu, Wali Kota mengharapkan, seluruh panitia Rakernas Apeksi harus mampu menjalankan tugas pokok dan fungsi dengan baik, baik menyusun proposal atau rencana kerja yang dilengkapi dengan rencana kerja dan biaya.
"Pastinya juga persiapan keananan, trasportasi bagi peserta demikian pula penginapannya, dan lain sebagainya akan menjadi intensif persiapan kita saat ini," pungkasnya.

Berita & Artikel Kota Inklusif

aplf pg 2017

Best Practice

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

INFO APEKSI NEWSLETTER

Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik

Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik

black shapes

Mitra | Partners

cim  giz  iclei  icma  mercycorps indonesia  uclg-ascpa  unesco yipd  citiasia  tau  u pertamina

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Komplek Rasuna Epicentrum
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan
Setiabudi, Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 8370 4703 | 2947 5423
Fax: +62-21 8370 4733
Email: info@apeksi.id | info@apeksi.or.id

 

© 2000-2017 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia

 

We have 50 guests visit APEKSI.ID