BERANDA|HOME
Monday January 22, 2018
Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x
ggg
Kota Malang merupakan salah satu kota yang masuk dalam 15 besar Guangzhou International Award (GIA) for Urban Innovation 2016 dengan inovasi “Water Banking Movement: Transforming Glintung Go Green from Flood Risk Area”.
Inovasi Glintung Go Green (3G) dimulai dengan kegiatan sederhana, yaitu penghijauan lingkungan yang diluncurkan pada bulan Februari 2012 di RW 23, Kel. Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang. Gerakan ini sekaligus mendukung program Pemerintah Kota Malang dalam melakukan gerakan penghijauan Malang Ijo Royo-royo. Dalam pelaksanaannya disepakati setiap rumah wajib memberi satu tanaman hijau atau pipa saluran air sebagai syarat untuk memperoleh layanan administrasi kependudukan. Bagi mereka yang tidak mampu membeli tanaman, maka pihak RW menyediakan tanaman dan yang bersangkutan berkewajiban merawatnya.
Tanaman yang dikembangkan bukan hanya asal hijau, dan indah, tetapi merambah ke tanaman yang dapat dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari. Secara swadaya, masyarakat mulai belajar bercocok tanam tanaman sayuran dan tanaman pangan. Di bawah bimbingan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur, teknologi yang diterapkan pun bervariasi, mulai dari cara konvensional di lahan dan di pot/polibag, sampai dengan sistem hidroponik. Hal tersebut dikenalkan, sekaligus agar masyarakat bisa memilih teknologi yang paling sesuai dengan kondisinya masing-masing.
Tidak hanya pada tanaman hijau, 3G juga melakukan gerakan penyimpanan air  dengan melakukan design ulang drainase untuk meningkatkan kapasitas resapan air di setiap rumah dan jalan. Gerakan tersebut telah berhasil mengatasi banjir tahunan di kampung tersebut dan menambah cadangan air tanah.
Guangzhou International Award (GIA) adalah suatu platform yang bertujuan untuk berbagi dan bertukar pengalaman dan pengetahuan dari praktik-praktik inovasi. Platform tersebut disponsori oleh The United Cities and Local Governments (UCLG), The World Association of the Major Metropolises (Metropolis) dan Pemerintah Kota Guangzhou.
Pada tahun 2016 ini, terdapat 301 aplikasi inovasi yang berasal dari 171 kota di 59 negara mengikuti ajang bergengsi tersebut. Panitia yang berasal dari berbagai organisasi internasional dan lembaga penelitian ilmiah telah melakukan rapat pada tanggal 11-14 oktober 2016 di Bogota, Colombia. Panitia menetapkan 15 kota yang terpilih untuk maju di tahap selanjutnya yaitu presentasi inovasi di Festival Inovasi Internasional Guangzhou pada awal Desember 2016.
Aplikasi Kota Malang untuk “Water Banking Movement: Transforming Glintung Go Green from Flood Risk Area”.
Sumber: yipd.or.id

Berita & Artikel Kota Inklusif

Best Practice

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Newsletter - Masukkan email anda|Enter your email:

Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik

Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik

black shapes

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Mitra | Partners

cim  giz  iclei  icma  mercycorps indonesia  uclg-ascpa  unesco yipd  citiasia  tau  u pertamina  posindonesia

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Komplek Rasuna Epicentrum
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: info@apeksi.id | info@apeksi.or.id

 

© 2000-2017 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia

 

We have 56 guests visit APEKSI.ID