BERANDA|HOME
Monday January 22, 2018
Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Humas KLHK - Kamis (26/01/2017), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, dan Ketua Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (PIM) Din Syamsudin, dan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diany meresmikan Desa Cerdas pertama di Indonesia yang berada di Kelurahan Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Menurut Din Syamsudin, “Desa Cerdas merupakan hasil nyata Pergerakan Indonesia Maju (PIM) yang dibentuk sebagai wadah kebersamaan segenap eleman bangsa untuk merealisasikan cita-cita kemerdekaan”. Dewan Nasional PIM ini diketuai oleh M. Din Syamsudin, dengan Wakil Ketua R. Siti Zuhro dan Philip Kuntjoro Wijaya dan Sekretaris Ali Masykur Musa.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, saat mengunjungi dan meresmikan “Desa Cerdas” di Kelurahan Pondok Ranji tersebut (26/01/2016), menyatakan bahwa “Desa Cerdas dalam istilah lingkungan identik dengan ‘ekosistem ideal’, dicirikan dengan infratruktur yang baik, ada akses untuk kesejahteraan material, akses pekerjaan, kohesi sosial, kolaborasi dan ruang interaksi masyarakat”.

Secara umum, sebuah desa cerdas dan berkelanjutan adalah desa inovatif yang menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan cara-cara lainnya untuk mencapai kebahagiaan hidup, meningkatkan kualitas hidup, efisiensi, dan daya saing, sambil memastikan pemenuhan kebutuhan generasi masa kini dan masa depan dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Selain itu, desa cerdas juga menarik bagi warga, pengusaha, dan pekerja, serta menyediakan ruang yang lebih aman dengan layanan yang lebih baik dan lingkungan inovatif yang mendorong solusi kreatif, sehingga menciptakan lapangan kerja dan mengurangi ketidaksetaraan.
Din Syamsudin menyampaikan bahwa Pergerakan Indonesia Maju yang dipimpinnya merupakan perkumpulan legal berbadan hukum yang memiliki 3 program utama: 1) Pembangunan Desa Cerdas sebanyak 30 unit di seluruh Indonesia; 2) Pembangunan Desa Maju Mandiri Energi direncanakan di Garut; dan 3) Rumah Aladin (atap, lantai, dinding) bagi rakyat yang belum memiliki rumah layak huni.

Pada kesempatan tersebut, Siti Zuhro juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri LHK atas dukungannya bahwa program-program Kementerian LHK dapat diimplementasikan di Desa Cerdas yang merupakan masyarakat yang mengedepankan hak dan kewajibannya sebagai warga negara dan peduli terhadap lingkungan hidup.

“Kementerian LHK akan mendukung dan meneliti di beberapa tempat yang layak untuk pengembangan desa pintar berikutnya” ucap Menteri Siti menutup sambutannya, dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran yang mengimplementasikan 4 (empat) pilar Desa Cerdas yaitu ‘Smart People, Smart Environment/Living, Smart Economy, dan Smart Governance’.

Berita & Artikel Kota Inklusif

Best Practice

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Newsletter - Masukkan email anda|Enter your email:

Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik

Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik

black shapes

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Mitra | Partners

cim  giz  iclei  icma  mercycorps indonesia  uclg-ascpa  unesco yipd  citiasia  tau  u pertamina  posindonesia

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Komplek Rasuna Epicentrum
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: info@apeksi.id | info@apeksi.or.id

 

© 2000-2017 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia

 

We have 64 guests visit APEKSI.ID