BERANDA|HOME
Wednesday February 21, 2018
Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Menunjuk surat APEKSI No. 24/APEKSI/II/2018 tanggal 22 Februari 2018 perihal Undangan Rembuk Nasional, "Kolaborasi Pemerintah Kota dalam Membangun Budaya Integritas Kota dan Nasional" yang sedianya akan dilaksanakan:

Hari: Kamis, 22 Februari 2018

Dengan ini kami beritahukan, bahwa sehubungan satu dan lain hal kegiatan pelaksanaannya diundur menjadi:

Hari: Rabu, 28 Februari 2018

Tempat dan waktu pelaksanaan tetap: Hotel Bidakara, Jakarta dimulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB. 

 

DENPASAR. Hari ini hingga besok (13-14 Februari 2018) APEKSI menyelenggarakan Best Practice Transfer Program (BPTP) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas inovasi, kapasitas pelayanan publik dan kerjasama antar daerah.

bptp 2018

BPTP kali ini mengenai bidang administrasi kependudukan dan perizinan, rangkaian kegiatan mulai dari pendokumentasian, workshop transfer program, workshop inkubasi dan pendampingan inovasi.

 

TARAKAN. Launching Indonesia City Expo digelar hari ini di Hotel Tarakan Plaza.

Pelaksanaan Indonesia City Expo tahun 2018 merupakan pelaksanaan yang ke 16 dan menjadi satu rangkaian dari kegiatan Rapat Kerja Nasional Tahun 2018 yang akan diselenggarakan pada bulan Juli.

l ice 2018 4

Kegiatan diawali dengan tarian tradisional Kalimantan, sambutan Walikota Tarakan selaku tuan rumah dan sambutan Ketua Dewan Pengurus yang disampaikan Walikota Sukabumi selaku Wakil Ketua Dewan Pengurus sekaligus peresmian Launching Indonesia City Expo 2018.

l ice 2018 3

Acara dilanjutkan dengan paparan dan tanya jawab seputar persiapan Rakernas dan ICE 2018 disampaikan Direktur Eksekutif APEKSI, Walikota Tarakan dan PT Antheus selaku event organizer serta paparan dari Sekolah Tinggi Transportasi Darat dan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia.

 

 

 

PEKANBARU. Muskomwil I APEKSI Tahun 2018 digelar di Kota Pekanbaru, kegiatan dibuka oleh Walikota Medan selaku Wakil Ketua Dewan Pengurus Bidang Pemerintahan - Kamis, 1 Februari 2018.

Muskomwil I #1

Kegiatan Rapat - Jumat, 2 Februari 2018 akan dihadiri Ketua Dewan Pengurus APEKSI. Muskomwil I akan memilih Pengurus Komwil I yang baru dan Program Kerja Komwil I serta Rekomendasi yang akan dibawa pada Rapat Kerja Nasional XIII Tahun 2018 di Kota Tarakan.

Muskomwil I #2

Pawai budaya dan City Expo dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Februari 2018 guna memeriahkan kegiatan Muskomwil I APEKSI.

JAKARTA. Dewan Pengurus dan Pengawas APEKSI yang dipimpin Ketua Dewan Pengurus, Airin Rachmi Diany - Walikota Tangerang Selatan melakukan audiensi dengan Kepolisian Republik Indonesia dan diterima oleh Komjen Syafruddin, Wakil Kepala Kepolisian (WAKAPOLRI) Republik Indonesia dalam rangka memperkenalkan kepengurusan APEKSI serta mensosialisasikan organisasi APEKSI kepada kepolisian.

waka polri 2017

Anggota Delegasi APEKSI meliputi Ketua Dewan Pengawas: Walikota Manado, Anggota Dewan Pengawas: Walikota Binjai, Walikota Parepare, Sekda Kota Malang mewakili Walikota Malang, Asisten Pemerintahan Kota Bogor mewakili Wallikota Bogor dan Ketua Komwil I: Sekda Kota Padang mewakili Walikota Padang serta Bendahara: Asisten Administrasi Umum Kota Bontang mewakili Walikota Bontang dan jajaran Direktorat APEKSI.

Dalam pertemuan Ketua Dewan Pengurus menyampaikan kasus-kasus yang terjadi di daerah, terutama tentang penindakan OTT di daerah dan untuk dapat segara menindaklanjuti SKB tiga lembaga (Kemendagri-Kepolisian-Kejaksaan) mengenai penguatan APIP di daerah sebagai upaya atau bentuk pencegahan dan perlindungan hukum terhadap praktik tindak pidana korupsi.

Dalam diskusi, WAKAPOLRI menyampaikan bahwa pihak Kepolisian dan Kejaksaan sepakat untuk tidak atau menolak melakukan penindakan selama proses PILKADA berlangsung, tetapi program OTT adalah penindakan yang dilakukan oleh Institusi KPK, tidak ada lembaga lain yang dapat melakukan intervensi. Sehingga WAKAPOLRI menyampaikan untuk kiranya para kepala daerah atau pejabat daerah tetap berhati-hati atau waspada terutama terhadap hal-hal yang bersentuhan dengan para pelaku usaha karena potensial terkena penindakan OTT yang tetap dilakukan oleh KPK walaupun masih dalam proses PILKADA. WAKAPOLRI juga menyampaikan apresiasi kepada para kepala daerah yang turut mendukung proses keamanan di daerah termasuk dalam dukungan operasional dalam bentuk hibah, walaupun itu semua tidak wajib mengingat POLRI juga mempunyai dana cukup untuk operasional di daerah. Yang terpenting adalah mewujudkan koordinasi dan solidaritas yang baik antar pimpinan Lembaga di daerah dalam forum komunikasi daerah (forkuminda) yang menjadi kunci untuk tujuan terwujudnya keamanan dan stabilitas di daerah.

JAKARTA. 24 Januari 2018 Pengurus APEKSI mendatangi kantor Kejaksaan Agung untuk beraudiensi. 

H.M. Prasetyo, Jaksa Agung menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan para pengurus APEKSi, organisasi yang mewakili 98 walikota di Indonesia dan menyampaikan berawal dari pertemuan rapat terbatas daerah dengan Presiden di Istana Bogor, yang menyampaikan keluhan kepala daerah yang merasa ketakutan berhadapan dengan hukum, sehingga serapan anggaran rendah, banyak uang parkir di bank daerah, pembangunan menjadi lambat bahkan cenderung stagnan.

Yang disampaikan oleh Presiden menjadi konsern Kejaksaan dan melatarbelakangi pembentukan Tim TP4/D yang dibuat dengan tujuan merespon dan sebagai solusi apa yang disampaikan oleh Presiden. Pembentukan TP4/D bukan hanya di lakukan di pusat, tetapi juga di daerah. Titik berat TP4 adalah melakukan langkah-langkah hukum untuk pencegahan dengan cara melakukan pendampingan sejak awal terutama terhadap proyek-proyek strategis pembangunan baik di pusat dan daerah.

Pengurus APEKSI menyampaikan masukkan dan aspirasi dan mendapatkan tanggapan langsung dari pihak Kejaksaan Agung.

Akhir pertemuan Jaksa Agung menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

  • APIP harus meningkatkan kapasitas, kualitas dan integritas. Adanya APIP justeru membantu APH terutama terhadap penyelesaian kasus-kasus yang bersifat administratif, tetapi jika sudah masuk dalam koridor hukum maka hendaknya harus dipindahkan ke APH.
  • TP4 hanya menunggu dan tidak ada biaya atau tambahan untuk itu, begitu juga dengan JPN baik dipusat maupun daerah. Silahkan laporkan jika ada penyimpangan.
  • Salam untuk segenap anggota APEKSI semoga kita dapat bekerja dengan baik demi mewujudkan dedikasi kepada rakyat, yakin bahwa kejaksaan melaksanakan tugas tidak lain untuk mendukung program-program agar dapat berjalan dengan baik.

jaksa agung 2017

Dari Kejaksaan Agung: H.M. Prasetyo (Jaksa Agung), Jan S. Marinka (Jaksa Agung Muda Intelijen), Bambang Waluyo (Jaksa Agung Muda Pembinaan), Loeke Larasati (Jaksa Agung Muda Perdata & TUN), Noor Rochmad (Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum), Adi Toegarisman (Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus) dan M. Yusni (Jaksa Agung Muda Pengawasan).

Dan APEKSI: Airin Rachmi Diany (Walikota Tangerang Selatan/Ketua DP (Dewan Pengurus) APEKSI/Pimpinan Delegasi), Syarif Fasha (Walikota Jambi/Wakil Ketua DP APEKSI), M. Taufan Pawe (Walikota Pare-Pare/Anggota Pengawas APEKSI), Neni Moernaeni (Walikota Bontang/Bendahara APEKSI), Wasto (Sekda Kota Malang), Hanafi (Asisten Kota Bogor), Sri Indah Wibi Nastiti (Plt. Direktur Eksekutif) dan staf APEKSI.

Berita & Artikel Kota Inklusif

Best Practice

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Newsletter - Masukkan email anda|Enter your email:

Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik

Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik

black shapes

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Mitra | Partners

cim  giz  iclei  icma  mercycorps indonesia  uclg-ascpa  unesco yipd  citiasia  tau  u pertamina  posindonesia

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Komplek Rasuna Epicentrum
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: info@apeksi.id | info@apeksi.or.id

 

© 2000-2017 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia

 

We have 51 guests visit APEKSI.ID