BERANDA|HOME
Thursday November 23, 2017
Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

peluncuran bp xii fotobersama

JAKARTA. Hari ini APEKSI menyelenggarakan Peluncuran Buku Dokumentasi Best Practice Jilid XII dan Best Practice Transfer Program di Hotel Jayakarta.

Kegiatan diawali dengan sambutan Sri Indah Wibinastiti, Direktur Eksekutif APEKSI sekaligus membuka. Diskusi Panel I yang dimoderatori Sukarno, Manajer Kerjasama APEKSI dengan narasumber: Dirjen Dukcapil Kemernterian Dalam Negeri dan Asisten Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN RB serta Kota Kediri.

Diskusi Panel II dengan narasumber dari Kota Surakarta, Kota Palembang dan Kota Denpasar yang dimoderatori, Budi Chairuddin.

Coaching Clinic, Best Practice Transfer Program akan mengakhiri rangkaian kegiatan Peluncuran Buku Dokumentasi Best Practice Jilid XII dan Best Practice Transfer Program.


Dokumen terkait kegiatan ini dapat diunduh/download di E-Library.

Balikpapan - Kota Balikpapan menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Ke-3 Komisariat Wilayah V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional Kalimantan Tahun 2017. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Novotel Balikpapan pada 20-22 November 2017 ini di hadiri 200 peserta yang terdiri dari Wali Kota/Wakil Wali Kota se-Kalimantan dan anggota Komisariat Wilayah V APEKSI Regional Kalimantan.

Asisten Tata Pemerintahan Setdakot Balikpapan Saiful Bachri mengatakan rapat ini merupakan wadah bagi para anggota Komisariat Wilayah V APEKSI Regional Kalimantan untuk membahas isu aktual dalam rangka mencapai kesejahteraan sosial yang lebih baik. Adapun tema yang dibahas yaitu Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah dan Retribusi Daerah.

“Topik ini dibahas oleh 2 narasumber, yaitu Kasubdit Pengembangan Potensi PAD Kemenkeu Aditya Nuryuslam dan Kasubdit Pinjaman Daerah dan Obligasi Daerah, Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Simon Saimima,” papar Saiful, saat pembukaan Raker, Selasa (21/11/2017).

Sementara itu Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam sambutannya mengatakan pentingnya pertemuan ini bagi para anggota APEKSI guna mencari jalan keluar alternatif terhadap permasalahan keuangan yang dialami oleh Pemerintah Daerah beberapa tahun terakhir.

“Sejak 2015 lalu, sejumlah Pemerintah Daerah di Indonesia mengalami permasalahan keuangan akibat berkurangnya dana bagi hasil yang bersumber dari pemerintah pusat,” papar Wali Kota.

Oleh karena itu melalui raker ini akan dibahas beberapa alternatif untuk menambah pendapatan daerah seperti melalui pinjaman dengan skema obligasi maupun intensifikasi potensi retribusi daerah. 

Sumber: balikpapan.go.id

 

APEKSI akan menyelenggarakan Peluncuran Buku Dokumentasi Best Practice Jilid XII dan Best Practice Transfer Program pada hari Kamis, 23 November 2019 di Hotel Jayakarta Jakarta. 

Tema yang diangkat adalah Inovasi Pemerintah Kota dalam Bidang Pelayanan Publik & Aministrasi dan Kependudukan.

Acara akan diawali dengan Diskusi Panel dengan narasumber dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, selanjutnya paparan Inovasi Pemerintah Kota dan diakhiri dengan Coaching Transfer Best Practice.

 

JAKARTA. Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan dan Kelengkapan Perjanjian Kerjasama Antar Daerah, Dalam dan Luar Negeri Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dilaksanakan hari Rabu, 15 November 2017 di Oria Hotel Jakarta.

Acara diawali dengan sambutan Direktur Eksekutif APEKSI dan dilanjutkan dengan Diskusi Panel dengan narasumber:

  1. Nelson Simanjuntak, Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Sekjen Kemendagri: Arah Kebijakan dan Mekanisme Kerjasama Dalam dan Luar Negeri Berdasarkan UU 23 Tahun 2014;
  2. Novie Andriani, Direktorat Kerjasama Pemerintah Swasta dan Rancang Bangun - Bappenas: Arah Pembangunan Kota Berkelanjutan Melalui Kerjasama Pemerintah dengan badan Usaha.
  3. Dodit Ardian Pancapana, Kepala Bagian Kerjasama Pemerintah Kota Bandung dengan tema Implementasi Pelaksanaan Kerjasama Daerah Dalam dan Luar Negeri.

Dokumen terkait kegiatan ini dapat diunduh/download di E-Library.

Kerjasama antar pemerintah daerah merupakan suatu isu yang perlu diperhatikan pemerintah saat ini mengingat perannya dalam menentukan ketahanan negara, dan melihat begitu banyak masalah dan kebutuhan masyarakat di daerah yang harus diatasi atau dipenuhi dengan melewati batas-batas wilayah administratif.

Sehubungan dengan hal tersebut, APEKSI akan menyelenggarakan Workshop Kerjasama Antar Daerah berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, yang diselenggarakan pada:

Hari: Rabu
Tanggal: 15 Nopember 2017
Pukul: 09.00 WIB - Selesai
Tempat: Hotel Oria, Jl. KH Wahid Hasyim No. 85 Jakarta Pusat 10350, Telp. (021) 3101088 Fax. (021) 3101091
Tema: Bimbingan Teknis Penyusunan dan Kelengkapan Perjanjian Kerjasama Antar Daerah, Dalam dan Luar Negeri berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Biaya kegiatan Lokakarya sebesar Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) selama satu hari, sedangkan biaya transportasi dan penginapan (mencari sendiri) ditanggung masing-masing kota.

Konfirmasi kehadiran paling lambat tanggal 10 Nopember 2017. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat APEKSI Nomor telpon 021-29475423 atau Sdr. Mudhofar di nomor Hp. 085224517194 atau Fax. 021-83704733.

JAKARTA. Rapat Kelompok Kerja (Pokja) Menuju Kota Inklusif berlangsung hari ini di Le Meridien Jakarta.

Heroe Poerwadi, Wakil Walikota Jogjakarta selaku Ketua Pokja memimpin rapat dengan agenda membahas isu-isu penting, antara lain:

  1. Program Pokja Menuju Kota Inklusif Tahun 2018
  2. Masukan pelaksanaan Program Menuju Kota Inklusif termasuk peluang kerjasama dengan lembaga-lembaga lain

rapat pokja kota inklusif 01112017

Kegiatan ini dihadiri seluruh anggota Pokja lainnya dari Kota Padang, Kota Metro, Kota Denpasar, Kota Banjarmasin, Kota Banda Aceh, Kota Ambon dan Kota Mojokerto dan perwakilan dari ILO, Tendy Gunawan.

 

 

Berita & Artikel Kota Inklusif

Best Practice

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

INFO APEKSI NEWSLETTER

Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik

Delapan Langkah Transfer Inovasi Pelayanan Publik

black shapes

Mitra | Partners

cim  giz  iclei  icma  mercycorps indonesia  uclg-ascpa  unesco yipd  citiasia  tau  u pertamina

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Komplek Rasuna Epicentrum
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan
Setiabudi, Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: info@apeksi.id | info@apeksi.or.id

 

© 2000-2017 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia

 

We have 61 guests visit APEKSI.ID